Kamis, Februari 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanTanamkan Disiplin Dengan Lawan Prokrastinasi, Simak Lebih Lengkap dalam Komik Literasi

Tanamkan Disiplin Dengan Lawan Prokrastinasi, Simak Lebih Lengkap dalam Komik Literasi

Ilustrasi Kumpulan Pekerjaan dengan Batas Waktu Berdekatan (Sumber: Envato)

Prokrastinasi menjadi kata yang sering kita dengar yang erat kaitannya dengan penundaan pekerjaan. Prokrastinasi merupakan perilaku seseorang yang menunda pekerjaan dan/atau keputusan. Contoh prokrastinasi adalah menunda pekerjaan rumah atau tugas sekolah sampai dengan mendekati batas waktu pengumpulan, dimana seseorang mengetahui bahwa tugas tersebut dapat dikerjakan lebih awal. 

Ilustrasi seorang siswa laki-laki yang menunda aktivitas belajar dengan tidur siang (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang siswa laki-laki yang menunda aktivitas belajar dengan tidur siang (Sumber: Envato)

Istilah prokrastinasi memiliki asal bahasa, di antaranya bahasa Yunani kuno ‘akrasia’ yang berarti menentang melakukan suatu pekerjaan daripada yang lebih baik; dan bahasa latin ‘procrastinate‘ yang berarti mengesampingkan sesuatu sampai hari esok. Para ahli memberikan definisi mereka bahwa prokrastinasi adalah perilaku individu yang merugikan diri sendiri dengan menunda pekerjaan demi mendapat keuntungan jangka pendek. 

Karakteristik prokrastinasi pada diri seseorang dapat tergambar dalam beberapa hal seperti melakukan penundaan yang tidak perlu, suatu pekerjaan yang tertunda mengarah pada hasil akhir yang negatif, dan ketertundaan tersebut terkadang tidak disengaja meskipun dari diri seseorang memiliki maksud untuk mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu.

Seorang siswa sekolah sedang mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah (Sumber: Envato)
Seorang siswa sekolah sedang mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah (Sumber: Envato)

Sikap prokrastinasi dapat terjadi pada golongan anak-anak dan remaja yang berhubungan dengan kewajiban belajar dan mengerjakan tugas. Komik literasi Pendidikan.id menyuguhkan bacaan yang edukatif dan menarik. Ilmu pengetahuan dan pendidikan dikemas dalam ilustrasi dan cerita menarik. Dalam hal ini, komik literasi Pendidikan.id memberikan bagaimana seseorang, terutama siswa sekolah, mengenal dan belajar untuk tidak menunda pekerjaan. 

Komik literasi “Bisa Sekarang, Kenapa Nanti” menceritakan Rudi, seorang siswa sekolah, yang menunda-nunda Pekerjaan Rumah (PR) dan belajar ujian untuk mata pelajaran di sekolah. Mulai dari makan, menonton TV, tidur, bercengkrama dengan keluarga, menghabiskan waktu dari pagi hingga malam menjelang jam tidurnya. Pada malam hari tersebut, Rudi tergesa dalam mengerjakan PR, namun rasa kantuk yang kuat membuatnya terlelap sehingga Rudi tidak mampu mengumpulkan PR tersebut pada saat harus dikumpulkan.

Halaman depan komik literasi "Bisa Sekarang, Kenapa Nanti?"
Halaman depan komik literasi “Bisa Sekarang, Kenapa Nanti?”

Guru kelas Rudi memberikan pesan pada Rudi untuk tidak bermalas-malasan sehingga menunda tugas dan pekerjaan yang diberikan di sekolah. Godaan menggunakan waktu yang dimiliki untuk mengerjakan hal yang memberikan kenikmatan memang menyenangkan, namun tanpa sadar, setiap jam hingga menit yang terlewat, berarti mengesampingkan kewajiban yang harus dikerjakan. 

Setiap aktivitas dan pekerjaan yang dimiliki, hendaklah dibuat ke dalam skala prioritas. Apabila suatu pekerjaan merupakan kewajiban dengan tingkatan prioritas paling tinggi, maka tidak ada alasan untuk tidak dikerjakan sekarang. Sekali saja memulai untuk bersantai dan menunda pekerjaan, maka sedikit demi sedikit menjadi kebiasaan dan membuat ketagihan sehingga pekerjaan yang dimiliki tidak akan pernah selesai. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments