Selasa, Mei 28, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanWaspada akan bahaya Flu Singapura pada Anak bersama Komik Kipin

Waspada akan bahaya Flu Singapura pada Anak bersama Komik Kipin

Seorang anak terkena flu singapura dengan gejala (photo by nutriclub)

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal penting bagi setiap orang. Beberapa saat ini terdapat salah satu penyakit yang banyak menyerang anak-anak kecil. Penyakit tersebut merupakan penyakit flu Singapura. Flu Singapura yang juga sering dikenal dengan singkatan HFMD, yaitu hand-foot-and-mouth disease. Pada umumnya penyakit flu Singapura disebabkan oleh strain coxsackievirus dan yang paling sering adalah jenis A16 yang sangat mudah menyebar melalui kontak penderita penyakit flu Singapura.

Penyakit flu Singapura ini memiliki gejala yang sangatlah beragam, seperti dengan diawali demam, tidak enak badan, sakit tenggorokan serta nafsu makan yang menurun, lalu diikuti dengan adanya bintik-bintik merah di lidah serta adanya luka pada mulut, tangan, kaki yang dapat menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan.

Halaman depan komik literasi ‘Flu Singapura’

Ketika anak terkena flu Singapura yang harus dilakukan adalah dengan memberikan minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi karena penyakit ini memberikan dampak luka pada mulut anak-anak yang terjangkit flu Singapura tersebut. Minuman yang dapat diberikan seperti minuman dingin seperti yogurt atau susu dingin. Sementara untuk luka di tangan maupun kaki yang terasa gatal dapat memandikan anak dengan air dingin dan setelah itu pelan-pelan menepuk menggunakan handuk.

Terdapat berbagai cara untuk melakukan pencegahan penyakit flu Singapura, yakni dengan mencuci tangan menggunakan sabun, jaga kebersihan, tidak menyentuh mulut sembarangan saat tangan dalam keadaan kotor, dan hindari kontak dekat dengan penderita penyakit flu Singapura karena penyakit tersebut sangat mudah menular karena adanya kontak.

Untuk memberikan pendidikan mengenai Flu Singapura, sebagai orang tua tidak perlu lagi merasa bingung atau kesulitan agar anak mudah memahaminya. Semua informasi seputar Flu Singapura bisa dibaca dengan cara menghibur dan menyenangkan yaitu melalui bacaan literasi pendidikan berupa komik.

Cuplikan isi komik literasi ‘Flu Singapura’

Kipin School 4.0 merupakan aplikasi yang menyediakan ribuan konten pembelajaran, termasuk didalamnya 500+ bacaan literasi pendidikan yang menarik untuk anak berupa komik. Salah satu diantaranya adalah Komik Literasi Pendidikan “Flu Singapura”. Di dalam komik Kipin “Flu singapura” menjelaskan dengan rinci tentang penyakit Flu Singapura mulai dari pengertian, penyebab, gejala, pengobatan, dan pencegahannya sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit Flu Singapura.

Adanya Komik Literasi Pendidikan Kipin membantu orangtua memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada anak tanpa pemaksaan. Penuh dengan gambar yang berwarna warni, anak tidak merasa tertekan sembari belajar ilmu ilmu pengetahuan yang baru. Keseluruhan komik didalam aplikasi Kipin membahas seputar ilmu pengetahuan alam, pengetahuan umum, moral, budaya, dan budi pekerti.

Aplikasi Kipin School 4.0 bisa diakses pada berbagai platform Windows, Android, iOS.

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website           : https://kipin.id/
Email              : [email protected]
WA chat only   : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments