Minggu, April 28, 2024
spot_img
BerandaEvent Pendidikan5000 Siswa Ikuti Kompetisi Tryout Online UNBK Biologi SMA Menggunakan Pendidikan Tryout...

5000 Siswa Ikuti Kompetisi Tryout Online UNBK Biologi SMA Menggunakan Pendidikan Tryout Online (PTO)

ujian tryout online mandiri
Pelaksanaan Kompetisi Tryout Online Biologi SMA Jawa Timur – Madura 2018

Menjelang UNBK 2019, MGMP Biologi Jawa Timur bekerjasama dengan Pendidikan.id dan Penerbit Erlangga adakan kompetisi tryout online Biologi tingkat SMA Jatim-Madura. Tryout online ini dibagi menjadi 3 babak yang dimulai sejak 24 November 2018, yaitu babak latihan, penyisihan dan final. Peserta kompetisi berjumlah 5000 siswa, terdiri dari para siswa unggulan yang dipilih oleh masing-masing sekolah untuk mewakili sekolahnya.

Babak latihan dan penyisihan dilakukan secara online dari rumah masing-masing, dengan cara mengakses soal pada halaman website biologi.pendidikan.id. Waktu pengerjaannya pun cukup fleksibel, bisa dikerjakan kapan saja asal dalam rentang waktu pk. 08.00 hingga pk. 22.00 pada hari yang ditetapkan. Agar memudahkan para peserta, pihak teknisi Pendidikan.id turut siaga di balik layar untuk memantau kelancaran server.

Seratus siswa dengan nilai tertinggi pada babak penyisihan dipersilakan maju ke babak final, yang dilaksanakan secara satu atap pada Sabtu (09/12/2018) di Gedung Penerbit Erlangga Surabaya. Para finalis tersebut datang dari berbagai kota di Jawa Timur hingga Madura. Meski peserta berkumpul dalam satu tempat, namun ujian tetap dilakukan secara online melalui alamat website biologi.pendidikan.id. Juara pertama kompetisi ini diraih oleh Rahajeng Dzakiyya (SMAN 1 Sidoarjo), juara kedua oleh Bendix (SMAKr Petra 2 Surabaya) dan juara ketiga oleh Airlangga Revy Priono (SMAN 3 Surabaya).

Budi Santoso, Ketua MGMP Biologi Jawa Timur mengatakan kompetisi ini diadakan tidak hanya sekedar untuk berkompetisi, namun juga sebagai wadah berlatih para siswa menjelang UNBK 2019. Menurutnya pula, belum pernah ada tryout online yang diselenggarakan dalam skala besar seperti yang diselenggarakan MGMP Biologi Jawa Timur saat ini. “MGMP Biologi Jawa Timur telah mencetak sejarah, dengan menyelenggarakan tryout online jarak jauh dengan 5000 peserta. Kami bersyukur tryout online ini berjalan sangat lancar, bahkan sangat efisien karena tidak perlu persiapan rumit ataupun biaya yang besar. Semuanya bisa dipantau secara online menggunakan teknologi PTO dari Pendidikan.id,” jelasnya.

penyedia jasa server tryout online
Budi Santoso (paling kanan) bersama para pemenang kompetisi tryout online.

PTO (Pendidikan Tryout Online) merupakan layanan online yang memungkinkan setiap sekolah atau instansi untuk memiliki website tryout secara pribadi. Tujuannya, agar setiap sekolah atau instansi juga dapat menyelenggarakan ujian online mandiri. Sekolah dapat membuat soal ujian sendiri dan mengunggahnya ke halaman website untuk dikerjakan oleh seluruh siswa kapan dan di mana saja. PTO sangat bermanfaat untuk menggantikan peran kertas tugas atau ulangan, yang seringkali menghabiskan banyak waktu dan biaya dalam mempersiapkannya. PTO dapat diakses hingga ribuan peserta dalam satu waktu, meski tidak dalam satu tempat. Perhitungan nilai, akurasi dan keamanannya menjadi sangat baik.

“Dengan PTO, sekolah tidak lagi disibukkan dengan berbagai macam persiapan menjelang ujian, atau bahkan untuk tugas-tugas dan PR harian. Guru tinggal meng-input soal ke website, kemudian siswa akan mengerjakannya baik secara serentak di sekolah atau pun di rumah masing-masing. Guru langsung bisa memeriksa hasil jawabannya menggunakan sistem hitung otomatis PTO,” papar Sombo Duli, ketua koordinator tim Pendidikan.id pengembang program PTO. Beberapa sekolah telah memanfaatkan aplikasi PTO dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas, di antaranya yaitu SMAN 20 dan SMA Labschool Surabaya. PTO juga telah turut menyukseskan acara-acara ujian massal, di antaranya yaitu Kompetisi Tryout Online Se-Kota dan Se-Provinsi oleh MGMP Biologi Jawa Timur, Ujian OS2HT Nasional oleh Hang Tuah, serta Ujian Seleksi Guru Se-Kota oleh Dinas Pendidikan Surabaya.

Informasi lebih lanjut tentang PTO (Pendidikan Tryout Online), kunjungi tryoutonline.id

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments