Jumat, September 20, 2024
spot_img
BerandaEvent PendidikanGebrakan Kemendikbud Ristek dan Kemenkumham Memanfaatkan Teknologi Modern sebagai Solusi  Pendidikan di...

Gebrakan Kemendikbud Ristek dan Kemenkumham Memanfaatkan Teknologi Modern sebagai Solusi  Pendidikan di LPKA Klas I Kupang NTT dengan E-Library tanpa Internet

Pemotongan Pita pada Launching E-Library di LPKA Klas I Kupang
Pemotongan Pita pada Launching E-Library di LPKA Klas I Kupang

Pendidikan untuk anak banyak disebutkan dan diatur dalam perundang-undangan di Indonesia. Seperti Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional; bahwa hak setiap warga negara untuk memperoleh Pendidikan. Juga Undang-undang nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan; bahwa anak binaaan berhak mendapat pendidikan. 

Pada pasal lain yaitu Undang-Undang nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak; bahwa Pendidikan anak tidak boleh berhenti selama menjalankan proses peradilan pidana serta LPKA wajib menyelenggarakan Pendidikan bagi anak.

Sosialisasi Pendidikan dan Pentingnya Literasi kepada Anak Binaan LPKA Klas I Kupang
Sosialisasi Pendidikan dan Pentingnya Literasi kepada Anak Binaan LPKA Klas I Kupang

Sudah jelas pendidikan merupakan hak setiap anak tidak terkecuali anak-anak yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).  Atas dasar tersebut, sebuah organisasi pendidikan Q-VICI bermimpi untuk dapat membagikan CINTA kepada Anak Binaan di LPKA di Indonesia. Mimpi Q-VICI ini terwujud saat Kepala Divisi Pemasyarakatan Wilayah NTT – Bapak Maliki, menginisiasi kolaborasi bersama untuk meningkatkan pendidikan anak-anak binaan di LPKA Kelas I Kupang, NTT. Ide kolaborasi ini disambut baik dan mendapatkan dukungan dari Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP, Kemdikbud Ristek, Bpk. Dr. Yogi Anggraena, M.Si.

Bpk. Yogi Anggraena memberikan arahan tentang pentingnya peningkatan LITERASI terlebih dahulu sebelum melakukan langkah selanjutnya, mengingat kemampuan literasi anak-anak binaan di LPKA Kupang sangat kurang. Bpk. Yogi pun menyarankan perlunya melatih anak-anak binaan untuk suka membaca. Cara termudah adalah dengan membuat perpustakaan yang nyaman. Bentuk perpustakaan yang beliau sarankan adalah membangun perpustakaan digital, mengingat harga yang terjangkau dan mudah untuk digunakan.

Q-Vici dan Pendidikan.id pada Launching Kipin E-Library di LPKA Klas I Kupang
Q-Vici dan Pendidikan.id pada Launching Kipin E-Library di LPKA Klas I Kupang

Atas dasar arahan itu lah, maka Q-VICI yang selama ini telah bekerjasama dengan Pendidikan.id bersinergi untuk mewujudkannya dengan menggunakan KIPIN E-Library. Berbagai nilai penting untuk para anak binaan kemudian disediakan lengkap dalam sebuah fasilitas pendidikan KIPIN E-Library tersebut yang juga dilengkapi dengan PTO (Paperless Test Offline) untuk memudahkan para pembina melakukan asesmen.

Dengan adanya KIPIN E-Library, memungkinkan anak belajar berbagai hal baik secara mandiri maupun dengan didampingi oleh para pembina dalam proses belajar. Terdiri dari  ribuan konten pendidikan dari berbagai jenis seperti buku, video, latihan soal mandiri, dan lain sebagainya. Materi yang terkandung diantaranya yaitu:

  1. Paket ABC
  2. Prakerja
  3. Komik literasi pendidikan
  4. Literasi Kemendikbud Ristek
  5. Literasi Dasar : Numerasi
  6. Literasi Dasar : Finansial
  7. Referensi Guru
  8. Dan lain sebagainya, untuk semua jenjang pendidikan
Anak Binaan LPKA di Ruang Perpustakaan Digital LPKA Klas I Kupang
Anak Binaan LPKA di Ruang Perpustakaan Digital LPKA Klas I Kupang

Sesuai dengan fungsi, kebutuhan dan kondisi yang ada, pengoperasian alat Kipin E-Library 100% tidak membutuhkan internet (offline) sehingga sangat aman dan dapat berjalan dengan lancar untuk LPKA.

Mimpi untuk membagikan CINTA ini akhirnya terwujud dalam acara yang diberi tema “Literacy Financial is not just learning, it’s a thrilling adventure” (Literasi Finansial, Bukan Sekadar Belajar, Tapi Petualangan yang Menantang) pada tanggal 14 September 2024 di LPKA Kelas I Kupang, NTT. Dalam acara tersebut sekaligus dilakukan peluncuran atau LAUNCHING E-LIBRARY. E-Library ini diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah NTT – Kemenkumham RI, Ibu Merciana Dominica Jone dan dihadiri langsung oleh Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP, Kemdikbud Ristek, Bpk. Dr. Yogi Anggraena, M.Si. 

Acara Launching E-Library di LPKA Klas I Kupang 
Acara Launching E-Library di LPKA Klas I Kupang 

Kesempatan anak binaan di LPKA masih sangat terbuka lebar, selama mengedepankan semangat literasi. Seperti halnya yang disampaikan oleh Bapak Dr. Yogi Anggraena, M.Si pada kesempatan hari itu.

“Literasi itu sangat penting. Kita harus rajin baca karena manfaatnya sangat banyak.” 
Perlu diketahui, bahwa LPKA Kelas I Kupang adalah LPKA pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas E-Library dan sistem asesmen PTO.

Kontak Kipin
Web : kipin.id
Email : [email protected]
WA Chat : wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments