Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

Antusiasme Siswa Belajar dengan KIPIN ATM Warnai Acara Hari Pahlawan di Labschool Surabaya

sekolah labschool surabaya

Pentas seni peringatan Hari Pahlawan di Sekolah Labschool Surabaya.

Sabtu (10/11/2018), KIPIN ATM turut memeriahkan acara jalan sehat bersama yang diadakan oleh Sekolah Labschool Surabaya dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. Seluruh siswa SD, SMP hingga SMA Labschool Surabaya mengikuti jalan sehat bersama dimulai tepat pada pk. 06.00 WIB. Setelah jalan sehat berakhir, para siswa kembali ke sekolah karena acara dilanjutkan dengan pentas seni.

KIPIN ATM, mesin biru yang berbentuk mirip mesin ATM diletakkan di tepi lapangan. Mesin ini sengaja disediakan untuk memfasilitasi para siswa yang tetap ingin bersantai sambil belajar di tengah kemeriahan acara pentas seni. Bukannya menjauh, para siswa justru berbondong-bondong mendekati KIPIN ATM. Mereka berdiri di depan KIPIN ATM, berjajar membentuk antrian panjang.

Satu per-satu siswa mengoperasikan KIPIN ATM. Ada yang sekadar membaca komik pendidikan, dan ada yang mengerjakan latihan-latihan soal. Linda, teknisi KIPIN ATM yang mendampingi para siswa mengatakan bahwa mereka terlihat sangat antusias untuk belajar. “Bahkan ada pula yang sepakat untuk berkompetisi dalam mengerjakan tryout. Mereka bersaing secara sehat, siapa yang mendapatkan nilai lebih tinggi setelah mengerjakan tryout secara bergantian,” jelasnya.

media pembelajaran berbasis digital

Siswa-siswi Labschool Surabaya mengantre dengan tertib, menunggu giliran untuk belajar dengan KIPIN.

Antusiasme siswa-siswi Labschool tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya masih ada cara untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tidak harus dengan cara konvensional, namun bisa dengan cara baru yang lebih menarik bagi anak-anak. Sombo Duli, koordinator tim Pendidikan.id pengembang KIPIN ATM mengatakan, “anak-anak generasi milenial lebih akrab dengan teknologi digital. Maka kita manfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan minat anak-anak dalam belajar, seperti KIPIN ATM ini.”

Selain untuk menarik minat belajar siswa generasi milenial, KIPIN ATM juga bermanfaat untuk mempermudah mereka dalam kesediaan materi pembelajaran. Hal ini karena dalam satu mesin KIPIN ATM, sudah tersedia ribuan konten pembelajaran yang lengkap. Konten-konten tersebut yaitu buku pelajaran sekolah versi resmi Kemendikbud, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi.

Semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses secara cepat dan gratis, karena tidak bergantung pada pulsa atau pun jalur internet. Bahkan, semua siswa dan guru juga dapat mengunduh konten-konten tersebut ke smartphone masing-masing untuk diakses kapan saja, semuanya tanpa pulsa atau pun kuota internet. “Karena dalam tubuh KIPIN ATM sudah dilengkapi dengan wifi internal, sehingga semua kegiatan tidak lagi membutuhkan internet. Sayang sekali para siswa di sini sedang tidak diperbolehkan membawa smartphone, sehingga mereka tidak mencoba mengunduh data. Namun sebagian siswa SD yang didampingi orang tuanya, mereka sudah mengunduh banyak komik pendidikan untuk dibaca di rumah,” ungkap Linda.

aplikasi belajar online, media pembelajaran berbasis digital

Siswi Labschool Surabaya berfoto bersama KIPIN ATM.

Tidak hanya bagi siswa-siswi Labschool Surabaya, Sombo berharap KIPIN ATM juga dapat bermanfaat bagi para siswa di seluruh Indonesia. “Khususnya yang ada di daerah pedalaman. Karena Pendidikan.id memang sengaja merancang teknologi ini untuk mengatasi kesenjangan pendidikan juga. Tanpa koneksi internet pun, KIPIN ATM bisa dipakai untuk menunjang belajar anak-anak daerah 3T. Semoga semua pelajar Indonesia bisa melek teknologi dan bisa belajar dengan lebih mudah, sehingga pendidikan Indonesia juga akan lebih maju,” harapnya.

Informasi lebih lanjut tentang KIPIN ATM:
kipin.id

Most Popular

To Top