Rabu, Februari 21, 2024
spot_img
BerandaKIPINBagaimana Fokus Kipin EduTech pada Segmen Terabaikan dan Sekolah dengan Konektivitas Rendah...

Bagaimana Fokus Kipin EduTech pada Segmen Terabaikan dan Sekolah dengan Konektivitas Rendah yang Diremehkan, Menjadi Kesuksesan Digitalisasi Pendidikan

Di dunia teknologi pendidikan (edtech), dimana banyak raksasa online berkuasa, sebuah perusahaan edutech bernama Kipin diam-diam membuat gebrakan. Steffina Yuli dari Kipin.id mengatakan “Meskipun konektivitas internet minim di beberapa daerah, Kipin berhasil membangun kehadiran yang kuat dari akar dan dengan cepat merebut pangsa pasar yang signifikan di sekolah-sekolah”. Faktor-faktor di balik kesuksesan edutech Kipin dan bagaimana Kipin muncul sebagai pengubah permainan di area dengan akses internet terbatas.

Kipin solusi digitalisasi sekolah praktis dan mudah

Kelahiran Kipin

Kipin didirikan dengan visi untuk menyediakan alat pendidikan digital berkualitas bagi masyarakat kurang mampu dengan infrastruktur internet yang terbatas. Menyadari bahwa platform edtech tradisional seringkali gagal mengakomodir kebutuhan unik wilayah ini, Kipin mengadopsi pendekatan berbeda. Selama tujuh tahun Kipin melakukan riset dan development, membuat solusi untuk tantangan ini dengan hasil yang luar biasa

Kipin versi Offline
Kebutuhan kecil : Kipin Classroom. https://kipin.id/classroom/
Kebutuhan besar : Kipin MAX. https://kipin.id/max/

Konten Lokal dan Aksesibilitas Offline

Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap popularitas Kipin di wilayah dengan internet rendah adalah fokusnya pada konten lokal. Memahami pentingnya materi pendidikan yang relevan secara budaya, Kipin telah mengkurasi konten pembelajaran yang lengkap dan selaras dengan kurikulum Republik Indonesia, hingga berisi pengetahuan seputar berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, fitur aksesibilitas offline Kipin yang inovatif memungkinkan siswa mengunduh materi Pendidikan sebanyak banyaknya tanpa internet (karena menggunakan jaringan Kipin), dan dapat mengaksesnya kembali berkali berkali, dimanapun, kapanpun, tetap tanpa internet. Sebuah kemerdekaan dalam belajar yang nyata, yang mampu menjembatani kesenjangan digitalisasi pembelajaran antara di kota besar dengan di daerah 3T.

Ringan, dan Kompatibel untuk Semua Perangkat

Di daerah dengan internet minim, akses ke perangkat kelas atas dan laptop seringkali terbatas. Kipin menyadari tantangan ini dan mengembangkan platform ringan yang dapat berjalan lancar di smartphone murah dan perangkat keras dasar. Kompatibilitas ini memastikan bahwa siswa dan guru dengan perangkat paling dasar sekalipun dapat menggunakan platform secara efisien karena semua aplikasi Kipin adalah native untuk iOS, Android, dan Windows. https://www.kipin.id/school/

Kipin Kompatibel untuk semua platform mulai dari android, iOS, hingga windows

Pengalaman Belajar yang Menarik

Kipin telah mengintegrasikan fitur interaktif dan elemen gamifikasi ke dalam platformnya, menjadikan pengalaman belajar menyenangkan dan menarik bagi siswa. Melalui kuis, tantangan, dan evaluasi, Kipin memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikannya, menumbuhkan sikap positif terhadap pembelajaran.

Pemberdayaan dan Pengembangan Profesi Guru

Menyadari peran penting guru, Kipin berinvestasi dalam memberikan pelatihan komprehensif dan peluang pengembangan profesional. Platform ini membekali pengajar dengan keterampilan digital yang diperlukan untuk menggunakan teknologi secara efektif di kelas, memberdayakan mereka untuk memberikan hasil pembelajaran yang lebih baik.

Keterlibatan dan Dukungan Masyarakat

Kesuksesan Kipin dapat dikaitkan dengan penekanannya pada keterlibatan dan dukungan masyarakat. Perusahaan edtech Kipin bekerja sama erat dengan pemangku kepentingan lokal, termasuk orang tua, guru, dan administrator sekolah, untuk memahami tantangan unik yang mereka hadapi dan menyesuaikan layanannya. Pendekatan ini telah menyebabkan tingkat kepercayaan dan penerimaan yang lebih tinggi dalam komunitas lokal ini.

Ginting S. mengatakan “Kebangkitan edutech Kipin dari yang diremehkan menjadi pemain dominan di area dengan konektivitas internet yang minim merupakan bukti kekuatan inovasi dan kemampuan beradaptasi”. Dengan berfokus pada konten pembelajaran lengkap, aksesibilitas offline (tanpa internet), dan pengoperasian yang ramah pengguna, Kipin telah berhasil menciptakan solusi yang menarik untuk pembelajaran digital. Seiring perkembangan teknologi, Kipin menjadi tumpuan harapan bagi masyarakat kurang mampu yang ingin merangkul pendidikan digital tanpa terhalang kendala infrastruktur internet yang tidak memadai. Dengan komitmennya untuk menyediakan pengalaman belajar berkualitas tinggi bagi semua, Kipin membuka jalan bagi masa depan pendidikan yang lebih cerah.

Informasi lebih lanjut:
Email : [email protected]
Chat : http://wa.me/6281233601047
Web : http://kipin.id

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments