Senin, April 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBangun Sikap Menikmati Setiap Proses dalam Kehidupan Bersama Komik Pendidikan

Bangun Sikap Menikmati Setiap Proses dalam Kehidupan Bersama Komik Pendidikan

Proses adalah inti dari hasil, tanpa adanya proses tentu saja seseorang tidak akan mendapatkan hasil apa – apa. Maka dari itu, peran sebuah proses sangatlah penting daripada hasil akhir yang didapatkan. Menikmati proses merupakan suatu langkah yang lebih baik, jalani proses dengan hati yang tulus dan ikhlas pasti akan mendapatkan hasil yang baik. Setiap perjalanan hidup yang kita lalui merupakan sebuah dinamika proses yang membuat kita semakin dewasa, nikmatilah prosesnya entah apapun yang membuat kita luka dan kecewa. 

Janganlah takut untuk melangkah, setiap langkah manusia tidak lepas dari namanya proses, karena proses untuk bertumbuh kecuali untuk orang – orang yang hanya mau hidupnya  stuck di tempat. Kehidupan tidak bisa diulang jadi syukuri dan nikmati setiap proses di hidupmu. Jangan sering mengeluh nikmati apa yang dijalani dan miliki saat ini jangan selalu merasa tidak puas, lebih baik fokus menggali potensi, keahlian, dan jaringan pertemanan yang banyak.

Namun, terkadang sikap ego memaksakan diri untuk untuk sampai di tujuan dengan lebih cepat. Apalagi saat melihat orang lain lebih dulu sampai perasaan kita pun  tak karuan. Ada perasaan iri terhadap kesuksesan orang lain. Pada akhirnya terjebak dalam perasaan insecure, overthinking dan hal – hal lain yang menyebabkan seseorang membandingkan prosesnya dengan proses orang lain. Padahal hidup bukanlah tentang siapa yang paling cepat sampai garis finish, tapi tentang siapa yang mau memulai dan menikmati setiap prosesnya. Sangat penting untuk kita mengapresiasikan setiap proses dan akan mengajarkan kita banyak hal.

Pendidikan.id sebagai edutech dengan misi mencerdaskan bangsa menghadirkan berbagai sumber pembelajaran sehingga anak bisa mendapatkan konten yang mendidik. Sumber pembelajaran ini dibalut dalam bacaan dan ilustrasi menarik berbentuk komik, agar semakin meningkatkan minat baca anak. Komik literasi Pendidikan.id tidak hanya berisi pengetahuan seperti yang diajarkan di sekolah, melainkan pengetahuan umum, kesehatan, hingga pendidikan moral dan budi pekerti.

Halaman depan komik literasi "Nikmati Prosesnya"
Halaman depan komik literasi “Nikmati Prosesnya”

Salah satu komik Pendidikan.id yang berjudul “Nikmati Prosesnya” menceritakan tentang sebuah keluarga yang mempunyai dua orang anak yang masih duduk di bangku sekolah. Edi merupakan anak bungsu dari keluarga tersebut. Setiap harinya ia merasa tidak pernah puas dengan kehidupan yang dijalaninya. Edi selalu merasa iri dan membandingkan kehidupannya dengan milik kakaknya yang bisa mengatur hidupnya sendiri. 

Semasa SMA Edi merasakan kenyataan yang dihadapi tidak sesuai dengan yang dibayangkan sebelumnya. Seringkali ia mengeluh dan putus asa karena banyaknya tugas dan jadwal sekolah yang padat. Suatu hari kakaknya memberikan nasehat bahwa setiap orang memiliki porsi kebahagiaan dan kesedihannya masing-masing. Proses yang harus Edi jalani akan berbeda dengan proses yang dijalani oleh orang lain. Maka dari itu, Edi harus bersyukur dan nikmati setiap perjalanan hidupnya. Edi yang mendengar perkataan dari kakaknya seketika tersadar dan sejak saat itu dia mulai berubah dan menjalani hari-harinya dengan semangat.

Melalui komik literasi “Nikmati Prosesnya”, kita diajak untuk menikmati setiap tahapan dan proses kehidupan yang dijalani. Setiap tahapan kehidupan tersebut memiliki cerita, kesulitan, tantangan, hingga kebahagiaannya sendiri. Tentu apa yang akan dihadapi, sesuai dengan porsi dan kemampuan kita kala itu, Maka hendaknya kita untuk menikmati dan menjalani segala yang kita miliki dengan ikhlas dan sepenuh hati, serta tidak perlu iri hati pada kepunyaan orang lain yang hanya bisa kita lihat dari luarnya saja.

Cuplikan isi komik literasi "Nikmati Prosesnya"
Cuplikan isi komik literasi “Nikmati Prosesnya”

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments