Kamis, April 25, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Literasi, Awali Perubahan dengan Keluar Zona Nyaman

Bersama Komik Literasi, Awali Perubahan dengan Keluar Zona Nyaman

Kejar Perubahan Dengan Keluar Dari Zona Nyaman

Kertas bertuliskan comfort zone atau zona nyaman (Sumber: Envato)
Kertas bertuliskan comfort zone atau zona nyaman (Sumber: Envato)

Berbicara mengenai zona nyaman menjelaskan seseorang yang tengah menemukan posisi dimana ia merasa aman dan familiar akan rutinitas dan hal-hal yang ia miliki di sekitarnya. Banyak orang yang menyenangi tetap berada di zona nyaman. Beberapa alasan di antaranya adalah perasaan aman dari ancaman risiko, nyaman dengan rutinitas sehari-hari dan tanpa sadar membatasi diri akan banyak hal melalui rasa bersyukur. 

Scrabble huruf dengan tulisan comfort zone atau zona nyaman (Sumber: Envato)
Scrabble huruf dengan tulisan comfort zone atau zona nyaman (Sumber: Envato)

Akan tetapi, perasaan aman dan nyaman berada di rutinitas yang sama ini menutup diri dari tantangan yang membawa banyak pengalaman dalam hidup. Mengutip dari laman PositivePsychology, terdapat manfaat-manfaat bagi seseorang yang meninggalkan zona nyamannya. Seperti tercapainya aktualisasi diri untuk mengarahkan diri pada pertumbuhan dan pemenuhan pribadi untuk kehidupan di kemudian hari. Kedua adalah membiarkan pola pikir atau mindset untuk berkembang. Seseorang dapat memiliki rasa takut akan ketidakberhasilan, namun dengan mindset baru yang dikembangkan setelah keluar dari zona nyaman, seseorang dapat mengarahkan pola pikirnya ke hasil yang positif. 

Manfaat selanjutnya dari keluar zona nyaman adalah meningkatnya resiliensi kemampuan individu dalam bertahan dan bangkit kembali setelah mengalami kesulitan. Seseorang juga dapat menjadi pribadi yang kuat dan tidak rapuh ketika dihadapkan dengan pemicu stress dalam hidup. Manfaat selanjutnya adalah meningkatnya efikasi diri. Efikasi diri merupakan keyakinan individu akan kemampuannya dalam mencapai tujuan dan keberhasilan di hidupnya.

Hiasan dinding dengan pesan untuk perubahan pada diri (Sumber: Envato)
Hiasan dinding dengan pesan untuk perubahan pada diri (Sumber: Envato)

Selain penjabaran dan manfaat dari sumber di atas, seseorang dapat semakin memahami akan pentingnya menantang diri melalui keluar dari zona nyaman melalui sumber bacaan yang menarik. Salah satunya adalah komik literasi dari Pendidikan.id yang menyuguhkan informasi dan ilmu pengetahuan beragam yang dikemas melalui cerita dan ilustrasi menarik. Salah satu komik literasi yang mendukung pemahaman akan hal ini adalah berjudul “Keluar Zona Nyaman”.

Komik literasi Pendidikan.id berjudul “Keluar Zona Nyaman” menceritakan Tiko dan Tora yang merupakan dua saudara kembar berusia 17 tahun. Mereka mendapat tantangan dari ayahnya untuk membuka usaha selama 3 bulan dengan modal 3 juta. Setelah bulan ketiga ayahnya akan meminta Tiko dan Tora menceritakan pencapaian yang diraih. Dua saudara kembar ini melakukan hal yang berbeda. Tora memikirkan modal yang diberi ayahnya, melakukan pengamatan akan barang yang tengah menjadi trend di masyarakat, dan memutuskan untuk menjual sepeda bekas. Modal yang diterima Tora dipergunakan sebaik-baiknya dan menjalankan bisnisnya dengan kesungguhan. Selama 3 bulan Tora berhasil menjual sepeda dagangannya dan mendapatkan keuntungan. 

Halaman depan Komik Literasi "Keluar Zona Nyaman" (Sumber: Envato)
Halaman depan Komik Literasi “Keluar Zona Nyaman” (Sumber: Envato)

Di satu sisi, saudara kembarnya, Tiko, menyimpan modal yang diberi ayahnya. Ia memikirkan resiko yang diterima jika usaha yang ia mulai nanti mengalami kerugian. Bagi Tiko, dengan tidak memulai bisnis dari modal yang diterima, ia tidak perlu menghadapi kerugian sehingga baginya hal tersebut terasa lebih baik. Tiko akan menyimpan modalnya sampai 3 bulan berikutnya. 

Pelajaran penting dapat dipetik dari kisah dua saudara kembar dalam komik literasi “Keluar Zona Nyaman” ini. Memulai hal baru dari kesempatan yang dimiliki menjadi sebuah hal yang menantang atau juga membawa kekhawatiran. Rasa khawatir dan keraguan kerap muncul karena memikirkan resiko dari kegagalan mungkin terjadi. Di sisi lain, rasa tertantang memberikan semangat karena seseorang akan memulai hal baru dan berbeda dari apa yang dilakukan setiap harinya. 

Cuplikan isi Komik Literasi "Keluar Zona Nyaman"
Cuplikan isi Komik Literasi “Keluar Zona Nyaman”

Zona nyaman menjadi posisi dimana seseorang telah menemukan kenyamanan dan  aman dalam menjalani kesehariannya. Akan tetapi, bila terus mempertahankan diri dari rasa nyaman tanpa melangkah untuk menghadapi tantangan, seseorang akan ‘berjalan di tempat’ di saat dunia di sekitar terus mengalami perubahan. Apabila perubahan besar dalam hidup dirasa tidak membuat nyaman dan begitu mendadak, dapat dimulai dari menentukan pilihan untuk ‘bergerak’ maju dan mengambil langkah-langkah kecil terlebih dahulu. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments