Rabu, Juni 19, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKatakan Tidak untuk Miras Oplosan, Simak Bahayanya dalam Komik Literasi 

Katakan Tidak untuk Miras Oplosan, Simak Bahayanya dalam Komik Literasi 

Hindari Konsumsi Miras Oplosan, Jangan Biarkan Nyawa Melayang

Seorang Laki-laki yang kecanduan dan tengah mabuk minuman beralkohol (ilustrasi) (Sumber: Envato)
Seorang Laki-laki yang kecanduan dan tengah mabuk minuman beralkohol (ilustrasi) (Sumber: Envato)

Banyak ragam minuman yang beredar di masyarakat seperti minuman berperisa, minuman berenergi, sari buah dan sayur, kopi, dan masih banyak lagi. Dari banyak jenis minuman tersebut, jangan sampai minuman beralkohol masuk dalam daftar minuman yang dikonsumsi. Bila minuman berupa jus sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh, minuman beralkohol justru sebaliknya.

Seorang laki-laki yang depresi tengah mengonsumsi alkohol (ilustrasi) (Sumber: Envato)
Seorang laki-laki yang depresi tengah mengonsumsi alkohol (ilustrasi) (Sumber: Envato)

Minuman alkohol menimbulkan rasa ketagihan bagi peminum dan konsumsi jangka panjang akan menyebabkan berbagai dampak negatif seperti penurunan fungsi organ tubuh, terganggunya sistem pencernaan, anemia, gangguan sistem imun, emosi, dan masih banyak lagi. Tak jarang, orang yang kecanduan mengkonsumsi minuman beralkohol mengkombinasikan berbagai campuran seperti minuman berenergi, minuman berperisa, obat-obatan, dan bahan lain yang tidak tergolong aman dikonsumsi. Perilaku tersebut semata untuk mendapat sensasi yang lebih kuat dari pengalaman mengkonsumsi minuman beralkohol sebelumnya. Akan tetapi, efek yang didapat dalam tubuh menjadi sangat buruk yang dapat berujung pada kematian.

Merangkum dari laman DetikJatim, sebuah acara hajatan diselenggarakan di desa Pancakarya, kabupaten Jember, Jawa Timur pada bulan Maret 2023. Beberapa warga setempat berpesta dengan mengonsumsi minuman keras yang dicampur berbagai minuman berenergi. 10 orang dilarikan ke klinik dan puskesmas karena mengalami keracunan. Hingga pada keesokan harinya, tiga orang dinyatakan meninggal dunia dan tujuh orang lainnya  masih dirawat dan mendapatkan pengawasan ketat tenaga medis.

Seorang pasien tengah dirawat di rumah sakit (sumber: Envato)
Seorang pasien tengah dirawat di rumah sakit (sumber: Envato)

Minuman keras yang dioplos dengan berbagai kandungan dan bahan membawa banyak dampak buruk bagi kesehatan. Pendidikan.id merupakan sebuah platform yang mengedepankan digitalisasi pendidikan dengan mengembangkan produk layanan kemajuan pendidikan di Indonesia. Salah satu produk unggulan Pendidikan.id adalah konten komik literasi yang menjadi sumber atau referensi pembelajaran anak-anak, remaja, dan orang muda dengan metode yang mendidik namun menarik. 

Salah satu komik literasi Pendidikan.id berjudul “Racikan Maut” membawakan pelajaran penting mengenai kesehatan melalui bahaya minuman keras oplosan. Menceritakan dua orang siswa kelas 12 SMA yaitu Reza dan Bima yang memiliki kebiasaan minum minuman keras. Dikarenakan sudah kecanduan, mereka meracik campuran minuman mereka dan berpesta sepulang dari sekolah. Kerap kali, Fandi, salah satu teman di kelas mereka diajak untuk ikut minum bersama, namun ia enggan karena mengetahui bahaya dari minuman keras oplosan bagi tubuh.

Halaman depan Komik Literasi "Racikan Maut"
Halaman depan Komik Literasi “Racikan Maut”

Rangkaian ujian demi ujian bagi kelas 12 telah selesai, Reza dan Bima merayakan kelulusannya dengan kembali berpesta minuman keras oplosan. Mereka membuat racikan minuman oplosan dengan jumlah dan campuran lebih banyak dari biasanya, serta menghabiskannya berdua saja. Keesokan harinya, Reza dan Bima ditemukan tidak sadarkan diri dan dibawa ke rumah sakit setelah terlalu banyak mengonsumsi minuman keras oplosan. Bima yang telah dirawat dinyatakan kehilangan penglihatannya seumur hidup. Sedangkan Reza harus meregang nyawa akibat kegagalan fungsi organ tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol menyebabkan penggunanya mengalami ketidaksadaran, gangguan pencernaan, kejang-kejang, hingga meninggal dunia. Campuran lain pada minuman keras adalah metanol. Metanol sebagai bahan berbahaya dalam kandungan minuman keras oplosan, merupakan jenis alkohol yang keras dan menjadi racun bagi tubuh. Metanol sendiri merupakan bahan yang digunakan untuk pelarut, penghapus, dan pembersih cat seperti produk tiner untuk cat tembok dan kuku. Apabila seseorang mengkonsumsi kandungan ini, akan mendapat reaksi kerusakan pada sistem pencernaan, jaringan saraf pusat, dan mengalami kebutaan. 

Cuplikan isi Komik Literasi "Racikan Maut"
Cuplikan isi Komik Literasi “Racikan Maut”

Masa muda bagi anak-anak dan remaja menjadi masa dimana tidak hanya wajib bersekolah, namun juga menikmati waktu dengan berbagai kesenangan. Akan tetapi perlu diingat bahwa menjaga kesehatan tubuh dengan tidak mencelakai diri sendiri menjadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. Seperti kisah dalam komik literasi “Racikan Maut”, Reza dan Bima menjadi contoh yang tidak tepat dalam mencari kesenangan bersama teman. Mengkonsumsi minuman beralkohol, terlebih mencampurnya dengan beragam kandungan yang tidak layak konsumsi memberikan dampak negatif bagi tubuh dan kesehatan. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments