Senin, Juli 15, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Literasi Pendidikan, Gerakkan Aksi Berbagi dan Bermanfaat Bagi Sesama Tanpa...

Bersama Komik Literasi Pendidikan, Gerakkan Aksi Berbagi dan Bermanfaat Bagi Sesama Tanpa Memandang Status Sosial

Image by jcomp on Freepik
Image by jcomp on Freepik

Di dalam kehidupan bermasyarakat, interaksi sosial menjadi aktivitas yang penting dan dibutuhkan. Sebagai makhluk sosial pula, diharapkan secara aktif untuk saling membantu, menjalankan kehidupan bermasyarakat sesuai dengan nilai, norma dan tuntutan dimana akan membawa keuntungan baik untuk diri sendiri maupun orang lain di sekitar.

Ilustrasi dua orang wanita saling berbagi makanan sambil tertawa (Photo by Beth Macdonald on Unsplash)
Ilustrasi dua orang wanita saling berbagi makanan sambil tertawa (Photo by Beth Macdonald on Unsplash)

Keuntungan-keuntungan tersebut juga dijelaskan dalam teori perilaku prososial. Teori ini menjelaskan bahwa seseorang dapat membangun perilaku peduli, berbagi, membantu, dan membawa manfaat bagi sesama. Seseorang berperilaku demikian dilandaskan dengan rasa sukarela dan keikhlasan. Salah satu penelitian menunjukan bahwa dengan berbagi suatu kepemilikan yang dipunyai, baik itu waktu, harta material maupun non material, akan semakin meningkatkan kebahagiaan yang dimiliki.

Maka, menjadi hal yang baik untuk dilakukan agar seseorang bisa menjadi bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Pendidikan.id merupakan edutech yang berfokus pada penyediaan solusi digitalisasi pendidikan di Indonesia dengan mudah dan lengkap. Berbagai konten pendidikan telah diciptakan dalam produknya, Kipin. Salah satu di antaranya adalah media komik literasi. 

Halaman depan komik literasi "Kisah Si Kaya dan Si Miskin"
Halaman depan komik literasi “Kisah Si Kaya dan Si Miskin”

Melalui komik literasi, diharapkan anak-anak dan remaja mendapatkan bahan bacaan yang meningkatkan minat baca melalui sajian cerita dan ilustrasi yang menarik. Tidak hanya itu, tersaji juga pendidikan moral dan ilmu pengetahuan yang edukatif. Dapat dilihat dari tema atau seri dalam komik literasi Kipin yang terdiri dari ilmu pengetahuan alam, umum, kesehatan, pendidikan moral dan masih banyak lagi. 

Salah satu komik literasi dari Kipin berjudul ‘Kisah si Kaya dan Si Miskin’. Mengisahkan dua orang tokoh utama yang merupakan laki-laki paruh baya, akan tetapi memiliki perbedaan latar belakang dan kisah di baliknya. Pak Jaya merupakan saudagar kaya yang tidak mau berbagi. Di sisi lain, Pak Budi merupakan petani sederhana, berpenghasilan rendah, namun terbuka untuk selalu berbagi kepada sesama. 

Suatu hari Pak Jaya dan Pak Budi jatuh sakit di waktu yang bersamaan. Akibat sifatnya yang pelit dan jarang bersosialisasi, tidak ada seorang pun yang mengjenguk Pak Jaya. Bahkan tidak ada satu pun dari kedua anaknya yang pulang untuk menjenguknya. Menjadi sisi kebalikannya, banyak orang menengok dan memberikan bantuan kepada Pak Budi. Pak Jaya pun menjadi tersadar akan dampak buruk dari sifat kikirnya. 

Halaman isi komik literasi “Kisah Si Kaya dan Si Miskin”

Melalui komik literasi ‘Kisah Si Kaya dan Si Miskin’, didapatkan banyak pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Bahwa makna menjadi seorang yang kaya bukanlah dengan memendam dan menyimpan sendiri kepunyaan yang dimiliki. Dengan turut memberikan apapun wujud kepunyaan yang dimiliki, seseorang dapat membantu dan menyebar kebahagiaan terhadap sesama, serta menjadi berkat bagi sekeliling.

Memanglah harta yang dimiliki seseorang menjadi salah satu bentuk atau hasil dari usaha. Harta juga diperlukan mencukupi kebutuhan hidup. Akan tetapi, hanya dengan mengandalkan uang, kebahagiaan dan rasa syukur tidak bisa serta merta didapatkan. Sebab seseorang akan bisa mendapatkannya dengan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, bagaimana dapat berbagi kasih, dan menebarkan manfaat bagi sesama. 

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments