Kamis, Desember 1, 2022
spot_img
BerandaKIPINDigitalisasi Sekolah Tanpa Internet di SD Naskat Rumaat, Maluku, Pulau Kei Kecil

Digitalisasi Sekolah Tanpa Internet di SD Naskat Rumaat, Maluku, Pulau Kei Kecil

Siswa Siswi SD Naskat Rumaat
Siswa Siswi SD Naskat Rumaat

Berlokasi di Pulau Kei Kecil, SD Naskat Rumaat menjadi sekolah pertama di Maluku Tenggara yang mampu melaksanakan pembelajaran secara digital tanpa perlu jaringan internet. Tentu saja ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. Hal tersebut dapat terwujud berkat dedikasi dan keaktifan para guru dan siswa di SD Naskat Rumaat. Ibu Ana Anita Silitubun contohnya, sebagai salah satu guru di SD Naskat Rumaat yang tidak lelah berupaya untuk meningkatkan kualitas menjadi seorang Guru Digital agar para siswa bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik serta tidak tertinggal oleh zaman.

Tidak terbayang sebelumnya bahwa pendidikan dapat dilaksanakan dengan cara baru yakni pembelajaranĀ  secara digital di daerah yang terletak di tengah laut Maluku Tenggara, yang jauh dari kota besar. Banyak hal yang membuat Ana Anita merasa khawatir tentang kondisi di daerahnya. Kesulitan dalam mengakses internet serta kekhawatiran akan keamanan siswa siswi di saat mengenal dunia digital, hingga bagaimana mendapatkan sumber pembelajaran yang berkualitas menjadi halangan untuk maju.

SD Naskat Rumaat, Maluku Tenggara
SD Naskat Rumaat, Maluku Tenggara

Diawali dengan berpartisipasi dalam pelatihan Guru Digital oleh Pendidikan.id, Ana mendapatkan banyak kesempatan berpartisipasi dalam berbagai program yang salah satunya merupakan program Senyum Indonesia dari Pepsodent. Seluruh guru dan siswa sangat bersemangat dan berdedikasi hingga SD Naskat Rumaat berhasil menjadi pemenang dalam program Senyum Indonesia dan meraih KIPIN Classroom. Mulai saat ini, SD Naskat Rumaat semakin mumpuni sebagai sekolah yang dapat melaksanakan pembelajaran digital tanpa internet dengan KIPIN Classroom.

Anita Anita Silitubun pada Senyum Indonesia

Kipin Classroom memiliki fungsi 3 in 1 yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran diantaranya : 

  • Konten pembelajaran Lengkap (4000+ Buku pembelajaran, 2000+ Video Pembelajaran, 50.000+ Latihan Soal, dan 450+ Komik Literasi).
  • Perpustakaan Digital Internal Sekolah dimana sekolah dapat mengunggah file ke server Kipin sehingga bisa diakses oleh para siswa tanpa perlu internet tentunya.
  • Software Asesmen Digital Offline yang support AKM, dengan berbagai jenis soal dan model ujian. dilengkapi sistem rekap nilai otomatis serta 50.000+ Bank Soal sehingga memungkinkan guru untuk melakukan pekerjaan asesmen dalam hitungan menit saja.

Ana Anita Silitubun berharap agar Pemerintah Daerah setempat dapat menghimbau sekolah di daerahnya agar menganggarkan pengadaan KIPIN untuk kemajuan pendidikan di Pulau Kei Kecil. SD Naskat Rumaat membuktikan bahwa masa depan pendidikan Indonesia semakin cerah dan menjanjikan. Siswa dan guru di Indonesia mampu untuk maju mengimbangi perkembangan zaman. Kini semakin sempurna dengan adanya fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan siswa dan guru di era digital, tanpa perlu bergantung dengan jaringan internet.

Penulis:
Nyimas Nafisah

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments