Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

EDTECH

Dorong Pendidikan Inklusif, Kipin.id Kenalkan Digital Learning Tanpa Akses Internet di PRA-KTT Y20 Manokwari

Kipin PRA-KTT Y20 Manokwari
Kipin Classroom Solusi Pemerataan Pendidikan Indonesia
PRA-KTT Y20 Manokwari

Gelaran Pra-KTT Y20 keempat berlangsung di Manokwari, Papua Barat pada Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan Y20 tahun ini membahas empat bidang prioritas, yaitu Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, serta Keberagaman dan Inklusi. Adapun acara Pra-KTT Y20 Manokwari difokuskan untuk membahas masalah Keberagaman dan Inklusi, termasuk Pendidikan Inklusif sebagai fokus utama pembahasan.

Menurut Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Nurul Hidayatul Ummah, Pendidikan Inklusif atau ketidakmerataan pendidikan mempengaruhi semua segmen masyarakat dan merugikan kelompok rentan, yang seringkali merupakan anak muda. Investasi SDM yang tidak memadai dan meningkatnya intoleransi di masyarakat menjadi beberapa tantangan terbesar yang dihadapi generasi muda saat ini.

PRA-KTT Y20 Manokwari 2022

Sementara itu Chief Business Officer Kipin.id Steffina Yuli menggarisbawahi bahwa “Ketidakmerataan pendidikan saat ini dikarenakan adanya kesenjangan infrastruktur digital, seperti koneksi internet, antara di perkotaan dan pedesaan”. Sehingga proses pelaksanaan Digital Learning di Indonesia seringkali terhambat oleh hal tersebut. Untuk itu, Kipin.id dalam talk show pada Pra-KTT Y20 menyediakan teknologi bernama Kipin Classroom yang memungkinkan siswa dapat mengakses materi pelajaran tanpa adanya internet.

Kipin Classroom

Kipin Classroom merupakan Inovasi Smart IoT (Internet of Things) dikemas dalam hardware dengan desain kecil dan ringan, sebuah access point pembelajaran berupa software dan data lengkap untuk membantu Digitalisasi Sekolah di Indonesia tanpa membutuhkan jaringan internet. Kipin Classroom menyediakan sumber pembelajaran yang lengkap, di antaranya terdapat lebih dari 3.000 buku pembelajaran Kemendikbud untuk PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK, 2.000 video materi pembelajaran yang mudah dipahami, 50.000 lebih latihan soal untuk meningkatkan kualitas belajar, serta 450 judul komik literasi.

Dengan kecanggihan tersebut, tentunya siswa dapat belajar dengan pengalaman yang berbeda. Kemudahan Digital Learning dengan bebas biaya internet dan mudah dijangkau. Cukup nyalakan perangkat Kipin Classroom, sambungkan koneksi wifi pada handphone, tablet maupun laptop ke jaringan wifi internal Kipin Classroom dan siswa dapat mengakses bebas Download and Go tanpa biaya internet.

Kipin sebagai solusi pemerataan pendidikan di seluruh pelosok Indonesia:
Kipin.id

Most Popular

To Top