Selasa, Mei 28, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanDua Kepribadian dalam Diri, Merupakan Bipolar atau Sekadar Mood Swing? Simak Lebih...

Dua Kepribadian dalam Diri, Merupakan Bipolar atau Sekadar Mood Swing? Simak Lebih Lanjut dalam Komik Literasi

Ilustrasi seorang perempuan yang tengah menghadapi masalah kesehatan mental (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang perempuan yang tengah menghadapi masalah kesehatan mental (Sumber: Envato)

Oleh karena berbagai alasan, seseorang dapat kehilangan jam tidur dan menjalani aktivitas kesehariannya dengan durasi tidur malam yang terbatas. Kurangnya waktu istirahat dapat membuat seseorang menjadi sensitif dan mudah marah. Sore harinya, secara tiba-tiba seseorang tersebut memenangkan kuis undian berhadiah dari salah satu akun di media sosial. Seketika perasaannya menjadi senang. Malam harinya ia berpikir, mengapa hari ini suasana hati mudah berubah? Apakah Anda pernah merasakan perubahan kondisi emosional seperti contoh yang diberikan?

Seorang wanita sedang menangis dan ditenangkan oleh rekannya (Sumber: Envato_
Seorang wanita sedang menangis dan ditenangkan oleh rekannya (Sumber: Envato_

Tahukah Anda bahwa perubahan suasana hati merupakan hal wajar dan dialami oleh banyak individu lainnya. Berbagai emosi dapat dirasakan, termasuk perubahan dari satu kondisi ke kondisi yang lainnya. Perubahan tersebut terjadi karena beberapa faktor, termasuk lingkungan tempat seseorang berada, juga melalui situasi dan kondisi yang selalu dinamis. Seperti seseorang merasakan sedih karena kehilangan kesempatan untuk membeli barang edisi terbatas, terlambat untuk makan, dan lain sebagainya. 

Seperti yang disebutkan di atas, perubahan suasana hati, atau kerap disebut dengan mood swing merupakan kondisi yang alami terjadi dalam diri seseorang. Seseorang dapat menyadari dan mengontrol perasaan dan emosi untuk tetap menjalankan rutinitas mereka dengan baik. Akan tetapi, perubahan suasana hati yang ekstrem dan terjadi secara terus menerus, terlebih akibat adanya tekanan atau stressor berkepanjangan dapat menjadi penyebab dan tanda adanya kondisi kesehatan mental yang perlu untuk diperhatikan.

Halaman depan komik literasi "Dua Kepribadian Rizky)
Halaman depan komik literasi “Dua Kepribadian Rizky)

Pendidikan.id sebagai salah satu edutech yang berfokus pada penyediaan fasilitas digitalisasi pendidikan, menghadirkan komik literasi sebagai media pembelajaran terbaru untuk memberikan ilmu pengetahuan dalam wujud interaktif dan menarik. Melalui komik literasi, tidak hanya tersaji cerita dan ilustrasi, namun juga ilmu pengetahuan akan kesehatan. Secara khusus, komik literasi “Dua Kepribadian Rizky” menjelaskan kondisi kesehatan mental bernama bipolar disorder yang mengganggu kondisi Rizky sebagai seorang remaja dan pelajar. 

Komik literasi ini bercerita tentang seorang siswa laki-laki bernama Rizky yang mendapat tekanan dari ayahnya untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di sekolah. Rizky dituntut untuk selalu belajar, mendapat amarah dan hukuman fisik jika ia mendapat nilai jelek dalam ujian. Rutinitas tersebut perlahan membuat Rikzy menjadi kehilangan fokus, rendah diri, emosional, dan mengalami perubahan kondisi emosional yang ekstrem. 

Di sekolah Rizky terus menunjukkan sikap tak wajar karena kondisi emosionalnya yang terus berubah. Terkadang ia sangat sedih lalu selanjutnya ia menjadi pemarah. Hingga akhirnya terdapat kondisi salah paham yang menyebabkan perseteruan antara Rizky dan salah satu siswa. Di hadapan guru, Rizky menceritakan apa yang sedang ia alami. Guru Rizky langsung menelpon orang tuanya dan meminta Rizky untuk berkonsultasi pada psikiater.

Ilustrasi bebeapa kondisi atau gangguan kesehatan jiwa (Sumber: Envato)
Ilustrasi bebeapa kondisi atau gangguan kesehatan jiwa (Sumber: Envato)

Dari hasil pemeriksaan didapatkan diagnosis bahwa Rizky mengidap gangguan bipolar disorder, sebuah kondisi perubahan suasana hati yang ekstrem dimana seseorang mengalami fase manik (sangat bahagia) dan kemudian berada pada fase depresi (sangat sedih). Perubahan fase tersebut terjadi dalam jangka waktu lama dan mengganggu keseharian dari seseorang. 

Cuplikan isi komik literasi “Dua Kepribadian Rizky”

Melalui komik literasi “Dua Kepribadian Rizky”, pembaca akan diajak untuk semakin memahami pengertian dari bipolar disorder, karakteristik yang membedakannya dengan mood swing, dan fase-fase yang dihadapi. Tidak hanya itu, dijelaskan pula faktor risiko dan langkah yang dapat diambil untuk menangani gangguan ini. Diharapkan komik ini dapat menjadi penyemangat bagi seluruh pembaca, terkhusus bagi seseorang yang tengah berjuang melawan bipolar disorder, agar terus bersemangat dan bertekad untuk sembuh, seperti Rizky yang tekun untuk menjalani pengobatan hingga kondisinya menjadi sangat lebih baik.

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments