Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Edtech Kipin: Solusi Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh Permanen dan Hybrid Terbaik Buatan Indonesia Sekarang Ini

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa pembelajaran jarak jauh menjadi permanen dan hybrid menuai banyak pertanyaan, bahkan juga mendapat penolakan dari DPR Komisi X dan Tina Toon.

Dapat diringkas dari berbagai sumber bahwa yang menjadi masalah adalah:

  • Indonesia terlalu besar untuk disamaratakan artinya ada daerah/sekolah yang sudah memiliki internet, namun lebih banyak daerah yang belum memiliki internet
  • Kemampuan daya beli juga berbeda artinya ada siswa yang mampu memiliki handphone dan membayar kuota internet, namun lebih banyak lagi siswa yang belum mampu
  • Kemampuan teknologi juga berbeda artinya ada siswa/guru yang melek teknologi seperti di kota besar, namun lebih banyak lagi siswa/guru yang belum melek teknologi seperti di daerah 3T

Oleh karena berbagai perbedaan mendasar diatas, tidak mungkin untuk melakukan “one size fits all” perubahaan yang memaksa semua sama, tapi mungkin bisa dipercepat dengan inovasi teknologi yang terbukti telah menjawab masalah yang timbul di era transisi ini, daring dan luring secara hybrid.

Pendidikan.id didirikan pada tahun 2011, dan pada tanggal 8 Oktober 2014 bapak Jokowi menerima audiensi dari Santoso Suratso dan memberikan masukan bahwa “Indonesia bukan hanya Jakarta, dan pemerataan pendidikan itu harus bisa dari Sabang sampai Merauke, daerah tidak ada internet juga harus jalan sama”.

Itulah visi awal dari teknologi Kipin, dengan 6 tahun research dan development dan hanya dalam setahun diperkenalkan di Indonesia, Kipin mendapat sukses yang baik dan digunakan di ratusan sekolah negeri dan swasta.

Kipin School 4.0

Untuk versi online (daring) silahkan lihat sendiri disini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool&hl=en

Hanya dalam 5 bulan sejak diperkenalkan sudah memiliki 4,000 review dari guru-guru Indonesia dengan rata rata nilai 4.9 bintang! Keuntungan Kipin School 4.0 benar benar dapat dirasakan oleh guru-guru dan silakan baca sendiri ribuan komentar tersebut.

Kipin School 4.0 adalah sebuah aplikasi berisi Materi pelajaran K13 (buku pelajaran sekolah, video pelajaran sekolah, latihan tryout dan komik literasi) untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK + Sistem Ujian Online.

Keuntungan Siswa : akan mendapatkan materi pendidikan lengkap (sesuai dengan Kurikulum 2013) secara murah bahkan gratis.

Keuntungan Guru : akan terbantu dan dimudahkan ( spt: guru dapat menentukan waktu pelaksanaan ujian otomatis, ujian dapat dikerjakan melalui gadget, security lengkap agar siswa tidak curang).

Keuntungan Sekolah : akan terbantu dengan fasilitas yang tepat ( spt: sekolah tidak membutuhkan kertas lagi untuk melaksanakan ulangan harian, ujian dll, kecepatan mengolah hasil nilai, membiasakan siswa dengan sistem asesmen kompetensi yang baru.

Masyarakat akan terbantu dalam hal efisiensi dan hemat dalam pengaturan pemanfaatan jalur internet karena Kipin School 4.0 sudah dilengkapi dengan teknologi “Download and Go” dimana para pelajar bisa download ribuan materi pelajaran cukup 1x saja (butuh jalur internet) dan setelah itu dapat digunakan setiap saat, dimana saja tanpa membutuhkan jalur internet lagi.

Kipin ATM 2.0

Untuk versi offline (luring) silahkan sendiri informasi di website ini:
www.kipin.id

Kipin ATM : Perpustakaan Digital Terlengkap dan Tercanggih Untuk Sekolah Di Seluruh Indonesia. Kipin adalah IoT (kios) pintar hasil dari 7 tahun riset dan pengembangan teknologi mencakup puluhan ribu konten (2500+ buku, 1500+ video, 50,000+ tryout, 300+ bacaan literasi), software, server, hardware dan aplikasi native mobile (Android, IOS, Windows 10), semua terintegrasi menjadi satu kesatuan yang memudahkan sekolah, guru dan siswa.

Kipin memberi digital infrastruktur teknologi IoT (internet of things) untuk melayani ratusan siswa sekolah secara otomatis dan siap bekerja 24 jam. Fungsi AI (artificial intelligence) dalam software Kipin juga sudah disiapkan untuk memudahkan monitoring, optimalisasi kedepan dan fasilitas update konten data. Setiap Kipin ATM dilengkapi dengan teknologi eksklusif “eduSPOT” yang memungkinkan pengguna dapat mendownload semua data ke berbagai gawai dengan cepat termasuk smartphone, tablet dan laptop tanpa memerlukan kuota internet.

Kemampuan Kipin daring dan luring ini membuat pembelajaran jarak jauh secara hybrid sekolah menjadi lancar. Siswa bisa datang ke sekolah untuk mengunduh konten pembelajaran 1 bulan ke gawai dan pulang kerumah untuk belajar tanpa memerlukan internet sama sekali. Teknologi canggih eduSPOT ini hanya ada di Kipin.

Seperti contoh pengalaman Ibu Guru Nurlaili Fatmi:

Masih ada siswa yang tidak bisa membeli HP Android dan mengisi paket data untuk mengikuti pembelajaran daring. Keluhan dari orang tua: katanya mereka sudah membeli paket data untuk anaknya supaya bisa mengikuti pembelajaran daring. Tapi paket data tersebut tidak sepenuhnya digunakan untuk pembelajaran. Terkadang siswa menghabiskan paket data untuk main game online atau membuka media sosial. pertanyaan: bagaimana kita sebagai guru menyikapi hal ini?

Jawaban Kipin: Ribuah guru bergeser kepada Kipin karena Kipin School cukup unduh materi pembelajaran sekali saja, setelah itu tidak perlu paket data lagi, jadi hemat dan mudah dikontrol oleh orang tua, bahkan hp nya tidak perlu ada kartu sim pun, Kipin school tetap jalan lancar untuk belajar. Ini uniknya Kipin, karena kalau bimbel online itu “streaming” jadi selalu butuh internet/paket data terus menerus, dan itu memfasilitasi anak bukan untuk belajar tapi nonton game atau yg lain

Sudah saatnya lebih banyak artikel, diskusi yang lebih dalam agar jutaan guru-guru dan orang tua bisa terbantu dan berhasil dengan pembelajaran jarak jauh yang permanen dan hybrid ini. Semoga artikel ini membantu pemahaman yang lebih detail. Terima kasih.

Ditulis oleh Santoso Suratso BSc., MBA / CEO Pendidikan.id

Most Popular

To Top