Jumat, Mei 3, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKebiasaan dan Ketekunan Dekatkan Diri pada Tujuan Dan Cita-Cita, Simak Selengkapnya dalam...

Kebiasaan dan Ketekunan Dekatkan Diri pada Tujuan Dan Cita-Cita, Simak Selengkapnya dalam Komik Pendidikan

Seorang laki-laki tengah fokus berolahraga battle ropes (Sumber: Envato)

Seseorang dapat memiliki berbagai tujuan yang ingin dilakukan dalam hidup. Beberapa contoh di antaranya yaitu memasang target membaca minimal tiga buku dalam satu bulan, berlari mengelilingi lapangan setiap minggu sekali,  membaca artikel berita setiap hari, atau mempelajari bahasa asing baru. Dengan memiliki tujuan atau target, seseorang dapat membangun kebiasaan baik dan meningkatkan kualitas hidup. Dari beberapa contoh tujuan di atas, pernahkah Anda merasa begitu sulit untuk meraih tujuan yang seharusnya dicapai? 

Pentingnya menyadari dan merancang tujuan yang ingin diraih dalam hidup (Sumber: Envato)
Pentingnya menyadari dan merancang tujuan yang ingin diraih dalam hidup (Sumber: Envato)

Termasuk menjadi kebutuhan yang penting bagi seseorang untuk memiliki kontrol dalam diri, agar ia dapat memfokuskan diri untuk mengusahakan tujuan. Dalam bukunya yang berjudul The Willpower Instinct, Kelly McGonigal menjabarkan “The best way to improve your self-control is to see how and why you lose control” yang memiliki arti seseorang dapat memiliki kontrol diri yang baik dengan mengetahui mengapa dan bagaimana ia kehilangan kontrol. Seseorang harus mengetahui godaan dan distraksi yang ada di sekitarnya, baik itu faktor dari luar atau dalam diri. Dengan menyadari poin tersebut, seseorang dapat mengatur bagaimana ia harus mengatasi dan melawan godaan yang menghambat proses menuju tujuan yang dimilikinya. 

Membangun kebiasaan dalam hidup sehari-hari menjadi salah satu kunci untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Melalui kebiasaan yang sehat, seseorang dapat membangun rutinitas produktif dan efektif sehingga meningkatkan peluang dan tercapainya cita-cita yang diinginkan. Menurut penelitian dari Phillipa Lally, et al (2010) tentang bagaimana individu membentuk kebiasaan dalam kesehariannya, dibutuhkan rentangan waktu 18 hingga 254 hari agar sebuah aktivitas menjadi konsisten dan berjalan secara otomatis dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang dapat mencapai berbagai target yang diinginkan dengan mulai merencanakan rutinitas dan kegiatan yang sehat dan positif, serta melakukannya dengan penuh tekad setiap hari hingga menjadi sebuah kebiasaan yang berbuah manis. 

Ilustrasi kerja keras yang membuahkan hasil (Sumber: Envato)

Pendidikan.id sebagai sebuah edutech yang memiliki visi-misi untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui digitalisasi dan pemanfaatan teknologi modern, mengajak pembaca terutama anak-anak untuk membangun kebiasaan baik dan mencapai tujuan yang dicita-citakan dengan konsistensi. Melalui komik literasi, diharapkan anak-anak tidak hanya mendapat bahan bacaan yang penuh cerita dan ilustrasi menarik, melainkan juga pendidikan moral yang dapat memotivasi tercapainya cita-cita yang ingin diraih. 

Salah satu komik literasi Pendidikan.id berjudul “Pelan Tapi Pasti, Asal Tekun” menceritakan Ratna yang menjalani kesehariannya dengan bermalas-malasan karena aktivitas bersekolah dijalankan secara daring. Mengetahui adiknya, Ratna, melakukan aktivitas yang tidak produktif, kakaknya mengajak Ratna untuk menjalankan rutinitas dengan lebih aktif dimulai dengan langkah kecil dan sederhana. Tentunya, pertama-tama Ratna harus mengetahui tujuan apa yang ingin diraihnya, menjabarkan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan, dan memulai perencanaan dengan aktivitas sederhana, dan semakin lama menambah tingkat kesulitannya. 

Halaman depan komik “Pelan Tapi Pasti, Asal Tekun)

Kakak Ratna menjelaskan bahwa tujuan yang diinginkan harus diikuti juga dengan fokus dan tekad untuk meraihnya. Apapun wujud dari tujuan yang diimpikan, tidak ada yang dapat diraih dengan instan. Dibutuhkan sebuah proses dan perjalanan yang tidak singkat, sebab dalam meraih tujuan memang dibutuhkan kerja keras dan perjuangan. Ratna diajak untuk membuat perencanaan dari aktivitas santai yang bertingkat dan mengkombinasikannya dengan kegiatan yang disukai. Tidak hanya itu, penghargaan pada diri sendiri juga dibutuhkan, dengan contoh memberikan hadiah menarik pada diri sendiri setelah meraih capaian-capaian dalam perencanaan yang sudah dibuat. 

Melalui komik literasi “Pelan Tapi Pasti, Asal Tekun” pembaca diajak untuk menyadari pentingnya sikap konsisten dan kedisiplinan dalam hidup sehari-hari. Untuk mencapai sebuah tujuan, diperlukan tekad dan usaha untuk mengubah kebiasaan. Juga dalam mempertahankan kebiasaan diperlukan konsistensi. Maka selangkah demi selangkah, cita-cita yang didambakan akan tercapai. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments