Selasa, Mei 28, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanPenyakit Mematikan yang Datang dari Gigitan Nyamuk, Kenali Penyakit Malaria Tropika dalam...

Penyakit Mematikan yang Datang dari Gigitan Nyamuk, Kenali Penyakit Malaria Tropika dalam Komik Pendidikan

Ilustrasi nyamuk yang membawa parasit penyebab penyakit malaria (Sumber: Envato)

Penyakit malaria tercatat sebagai penyakit mematikan di dunia, tidak terkecuali juga di Indonesia. Data yang dihimpun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan  jumlah kasus penderita malaria terus meningkat setiap tahunnya. Sebanyak 304.607 kasus malaria tercatat di tahun 2021, bahkan mengalami peningkatan sebanyak >30% di tahun 2022 dengan angka 415.140. 

Ilustrasi nyamuk yang membawa parasit penyebab penyakit malaria (Sumber: Envato)

Mengutip laman Diskominfo Prov. Kalimantan Timur, Ketua Tim Kerja Malaria Direktorat P2PM Kemenkes RI, dr Hellen Dewi Prameswari, menyampaikan dalam rapat Persiapan Puncak Acara Hari Malaria Sedunia 2023 bahwa penyakit malaria menjadi endemik yang secara tetap berada di Papua, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. Pemerintah tidak tinggal diam dan menggerakan program eliminasi penyakit malaria di berbagai provinsi di Indonesia. 

Malaria merupakan penyakit yang timbul akibat gigitan nyamuk jenis Anopheles. Tidak sekadar nyamuk biasa, ia membawa plasmodium, sebuah makhluk hidup bersel satu atau parasit, yang menyebar ke seluruh tubuh. Apabila tidak ditangani dengan segera, dapat menyebabkan komplikasi penyakit seperti kejang-kejang, gagalnya fungsi organ tubuh, hingga menyebabkan kematian. 

Halaman depan komik literasi “Malaria Tropika”

Terdapat beberapa jenis penyakit malaria berdasarkan jenis parasit yang membawanya, yaitu plasmodium falciparum, plasmodium vivax, plasmodium malariae, dan plasmodium ovale. Salah satu jenisnya yang dianggap paling ganas adalah plasmodium falciparum. Parasit ini menyebabkan jenis penyakit yang dinamakan malaria tropika. Pengetahuan yang baik akan penyakit malaria ini membantu pembaca untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai persebaran, gejala, dampak buruk, hingga pencegahannya. Salah satu media untuk mendapatkan sajian lengkap mengenai penyakit malaria tropika adalah melalui komik pendidikan.

Pendidikan.id sebagai salah satu edutech yang memberikan layanan dan fasilitas digitalisasi pendidikan, menyajikan berbagai ilmu pengetahuan ke dalam media komik. Untuk meningkatkan minat literasi anak, bacaan yang sarat akan ilmu pengetahuan ini disajikan melalui cerita dan ilustrasi menarik. Salah satu komik literasi dari Pendidikan.id menyuguhkan ilmu pengetahuan akan kesehatan dengan judul “Malaria Tropika”.

Ilustrasi seorang pendaki yang tengah menyusuri hutan tropis, terkena banyak gigitan nyamuk (Sumber : Envato)
Ilustrasi seorang pendaki yang tengah menyusuri hutan tropis, terkena banyak gigitan nyamuk (Sumber : Envato)

Komik pendidikan “Malaria Tropika” menceritakan Pak Andi yang baru saja pulang dari pekerjaannya di Papua, tepatnya di pedalaman Jayawijaya. Beberapa hari kemudian, Pak Andi merasakan badannya mengalami demam dan panas-dingin. Selama beberapa hari, Pak Andi tidak mengabaikan rasa tidak enak di badannya, hingga memasuki minggu ketiga, istrinya mengajak Pak Andi memeriksakan diri ke rumah sakit. 

Dengan memeriksa gejala sakit yang dirasakan, melihat riwayat perjalanan dan melakukan pemeriksaan darah, didapatkan hasil bahwa Pak Andi terkena malaria tropika. Malaria tropika menjadi salah satu penyakit malaria yang cukup serius dimana jika terlambat untuk diberikan penanganan, dapat berakhir menjadi malaria otak. Malaria otak menginfeksi dan menyerang organ otak yang ditandai dengan penurunan kesadaran. 

Cuplikan isi komik literasi “Malaria Tropika”

Melalui komik pendidikan “Malaria Tropika”, pembaca diajak untuk mengetahui muasal dari penyakit malaria, seperti yang menyerang Pak Andi. Jika akan melakukan perjalanan ke wilayah endemis, dapat dilakukan tindakan pencegahan dengan mengkonsumsi obat pencegah malaria. Gejala-gejala dari penyakit ini dijelaskan ke dalam beberapa kelompok mulai dari gejala awal, kategori meningkat, hingga komplikasi jika penyakit tersebut tidak segera diobati. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments