Minggu, April 14, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKesadaran Jaga Kebersihan dan Kesehatan Organ Reproduksi, Jauhkan Diri dari Berbagai Infeksi....

Kesadaran Jaga Kebersihan dan Kesehatan Organ Reproduksi, Jauhkan Diri dari Berbagai Infeksi. Simak Lebih Lanjut dalam Komik Literasi

Menjaga kesehatan menjadi upaya yang wajib dilakukan siapa saja. Seluruh organ tubuh yang dimiliki, tidak luput dari perhatian akan kesehatan dan kebersihan, tidak terkecuali organ vital saluran kemih. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki potensi terkena penyakit pada saluran kemih, tetapi perempuan memiliki resiko lebih tinggi oleh karena struktur organ vital itu sendiri. Struktur anatomi saluran kemih perempuan yang lebih pendek menyebabkan perempuan lebih rentan terkena infeksi. 

Tidak hanya infeksi pada saluran kemih, organ vital atau alat reproduksi memiliki sensitivitas pada berbagai resiko penyakit. Salah satunya adalah Infeksi Menular Seksual (IMS) yang merupakan infeksi akibat aktivitas seksual yang terjadi pada penderitanya. Penguat terjangkitnya seseorang pada IMS adalah aktivitas seksual tanpa menggunakan pengaman, juga berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan tersebut. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan seseorang terjangkit Infeksi Menular Seksual tanpa melakukan hubungan seksual itu sendiri. 

Penelitian yang dilakukan pada subyek perempuan dalam upaya pencegahan penyebaran IMS dilakukan dengan penerapan personal hygiene. Menyuplik dari healthdirect, personal hygiene meliputi membersihkan tubuh setiap hari, mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan, setelah memegang benda dan hewan, menutup hidung dan mulut saat bersin, dan masih banyak lagi.

Diperlukan sumber informasi dan media yang menyebarkan pentingnya menjaga personal hygiene bagi banyak orang, dalam halnya menjaga kesehatan tubuh. Pendidikan.id, sebagai edutech yang bergerak pada penyediaan solusi digitalisasi pendidikan di Indonesia. Salah satu karya yang dikembangkan adalah komik literasi. Melalui komik literasi, tersaji ilmu pengetahuan yang disajikan melalui cerita dan ilustrasi sehingga meningkatkan minat baca anak.

Halaman depan komik literasi ‘Bahaya Mengintai di Toilet Umum’

Salah satu komik literasi dari Pendidikan.id berjudul Bahaya Mengintai di Toilet Umum, menjadi komik yang memberikan ilmu pengetahuan kesehatan, terkhusus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh pada saluran kemih dan organ vital. Menceritakan dua orang sahabat karib bernama Mutia dan Ani, dua orang siswa yang sedang menempuh pendidikan di bangku SMA.

Ani merupakan perempuan yang peduli dan menjaga kebersihan. Ia selalu membawa peralatan kebersihan diri seperti tisu, hand sanitizer dan pantyliner tetap menjaga kebersihan pakaian dalam. Di sisi lain, Mutia cukup acuh dan membiarkan dirinya tidak menjaga kebersihan, terutama organ vitalnya. Setelah berkali-kali membiarkan dirinya tidak berhati-hati, terutama saat menggunakan toilet umum, Mutia mengalami rasa sakit pada bagian bawah perut.

Mutia memeriksakan kondisi yang dialaminya melalui gejala rasa sakit pada perut, buang air tidak lancar dan keputihan yang tidak normal. Hasil pemeriksaan bersama dokter menunjukan bahwa organ kewanitaan Mutia terkena infeksi protozoa jenis trichomonas vaginalis. Merupakan infeksi yang lazimnya ditularkan melalui hubungan seksual. Namun, diagnosis menunjukan penyebab Mutia terkena infeksi ini akibat ketidak hati-hatiannya saat menggunakan toilet umum yang memiliki banyak bakteri. 

Melalui komik literasi “Bahaya Mengintai di Toilet Umum”, pembaca diajak untuk mengetahui pentingnya kesadaran dan kemauan untuk menjaga kebersihan. Terutama dalam merawat organ kewanitaan pada perempuan, dibutuhkan tindakan ekstra karena sensitivitas pada infeksi dan bakteri yang mengintai dimana saja. Diharapkan bagi perempuan untuk menjaga organ tubuhnya, menggunakan toilet umum jika sangat diperlukan, membersihkan dan mengeringkan dudukan kloset di toilet, dan masih banyak lagi. 

Cuplikan isi komik literasi ‘Bahaya Mengintai di Toilet Umum’

Mari peduli akan kesehatan dengan menjaga kebersihan diri. Tak hanya melindungi diri dari infeksi dan penyakit yang membahayakan, juga menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website: https://kipin.id/
Email: [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments