Kamis, Februari 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanMengenal Penyakit pada Saluran Kemih: Pengertian hingga Pencegahannya; Simak Selengkapnya dalam Komik...

Mengenal Penyakit pada Saluran Kemih: Pengertian hingga Pencegahannya; Simak Selengkapnya dalam Komik Pendidikan

Sekumpulan orang sedang berolahraga jogging (Photo by Gabin Vallet on Unsplash)
Sekumpulan orang sedang berolahraga jogging (Photo by Gabin Vallet on Unsplash)

Menjaga kesehatan tubuh menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang yang dapat dimulai melalui penerapan kebiasaan sehari-hari yang membawa efek positif. Contohnya, rajin berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayur, menghindari konsumsi makanan instan berlebih, kontrol konsumsi bahan pangan tinggi kafein dan lemak, serta masih banyak lagi. Tentu dengan menjaga kesehatan diri akan menunjang berbagai aktivitas sehari-hari, baik dalam belajar, bekerja maupun kegiatan lain.

Selain memperhatikan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kita juga perlu memperhatikan apakah tubuh terasa bugar dan tanpa disertai keluhan. Perlu menjadi perhatian apabila mulai dirasakan adanya nyeri di beberapa bagian tubuh. Dapat menjadi kemungkinan adanya rasa sakit yang hilang-timbul, atau rasa sakit yang konsisten di bagian tubuh tertentu, menjadi gejala akan adanya suatu penyakit. 

Perlunya kesadaran dan informasi yang lengkap akan menjaga kesehatan, penyakit-penyakit yang mengintai di sekitar, upaya pencegahan dan juga penanganannya. Jangan sampai terlambat untuk menerima pengetahuan akan kesehatan sehingga merasakan penyakit yang kemudian merugikan diri sendiri. Tidak hanya bagi orang dewasa, anak-anak juga turut mempersiapkan pemahamannya akan ragam penyakit di tubuh manusia, agar mampu menerapkan upaya pencegahan dan menjaga diri sendiri sedini mungkin.

Langkah yang dapat diambil oleh anak-anak dan remaja dalam mendapatkan pengetahuan kesehatan bisa didapatkan melalui komik literasi dari Pendidikan.id. Merupakan sebuah edutech yang mendukung pengembangan pendidikan menuju digitalisasi melalui teknologi terkini, Pendidikan.id memberikan sajian konten pendidikan yang mendidik dan menarik melalui wujud komik. Tidak hanya berisi cerita dan ilustrasi, komik literasi memiliki berbagai seri yang mengusung ilmu pengetahuan alam, pengetahuan umum, pendidikan moral, budi pekerti, sejarah, kesehatan, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu menjadi menjadi terobosan terbaru yang mampu meningkatkan semangat literasi bagi anak, sebab ilmu pengetahuan disajikan  melalui metode terbaru dan mengusung unsur kreativitas.

Salah satu komik literasi Pendidikan.id memiliki judul ‘Kristal Tapi Tak Berkilau memberikan pengetahuan kepada pembaca akan penyakit Batu Saluran Kemih (BSK) yang muncul akibat kebiasaan buruk menahan buang air kecil. Riri, seorang siswi Sekolah Dasar (SD) terkenal malas dan menunda beberapa kegiatan yang seharusnya dilakukannya. Termasuk di antaranya adalah tidak pergi ke toilet saat harus membuang air kecil. Beberapa waktu setelahnya, ia merasakan lemas pada seluruh tubuh, sakit yang teramat sangat pada pinggang dan darah yang keluar saat ia buang air kecil.

Setelah melalui pemeriksaan dokter, didapatkan diagnosis bahwa Riri terkena Batu Saluran Kemih (BSK). Dijelaskan bahwa Batu Saluran Kemih (BSk) merupakan penyakit dimana terdapat batu di sepanjang saluran kemih, dalam ginjal, ureter, kandung kemih hingga uretra. Batu saluran kemih terjadi akibat pembengkakan karena infeksi kandung kemih, pembesaran prostat, mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam, gula dan lemak yang tinggi, serta kebiasaan menahan buang air kecil.

Melalui komik literasi ‘Kristal Tapi Tak Berkilau’, pembaca diajak untuk memahami tentang penyakit Batu Saluran Kemih (BSK), pengertian, penyebab, gejala, pengobatan, dan pencegahannya. Seperti yang diceritakan melalui tokoh Riri, penting untuk menjaga dan mengatur kebiasaan diri agar turut merawat kesehatan tubuh. Jangan sampai terlupa akan sinyal yang dikirimkan tubuh untuk kita tanggapi melalui perbuatan sadar, sehingga berdampak menjadi resiko munculnya penyakit yang merugikan tubuh.

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments