Rabu, Mei 1, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKetahui Pengantar Pendidikan Seks dan Dampak Perilaku Seksual Berisiko Bersama Komik Literasi 

Ketahui Pengantar Pendidikan Seks dan Dampak Perilaku Seksual Berisiko Bersama Komik Literasi 

<a href="https://www.freepik.com/free-photo/beautiful-couple-spend-time-summer-city_4201191.htm#query=dating&position=6&from_view=search&track=sph">Image by prostooleh</a> on Freepik
Ilustrasi pasangan laki-laki dan perempuan sedang berkencan (Sumber : Freepik – prostooleh – Free photo beautiful couple spend time in a summer city)

Setiap orang memiliki ciri khas dan tingkah laku yang berbeda, meskipun begitu beberapa tingkah laku berjalan atas motivasi pemenuhan kebutuhan fisiologis. Kebutuhan fisiologis dijelaskan oleh Abraham Maslow sebagai kebutuhan dasar seseorang untuk bertahan hidup. Beberapa di antaranya kebutuhan untuk makan, minum, tempat tinggal, dan kebutuhan seks.

Kebutuhan seks termasuk dalam kebutuhan fisiologis yang memerlukan sikap yang tepat dalam pengelolaannya. Terlebih, hubungan seksual secara sah dapat dilakukan oleh pasangan laki-laki dan perempuan setelah menikah, sekaligus untuk mendukung keharmonisan hubungannya. Jika pemenuhan kebutuhan ini diambil dengan sikap yang tidak tepat, dapat mengarahkan seseorang pada perilaku seksual berisiko dan infeksi menular seksual.

Ilustrasi pasangan romantis laki-laki dan perempuan (Sumber : Freepik by master1305 - Beautiful couple in love on blue studio wall)
Ilustrasi pasangan romantis laki-laki dan perempuan (Sumber : Freepik by master1305 – Beautiful couple in love on blue studio wall)

Dengan menilik kasus penyakit menular seksual (PMS) di Indonesia yang banyak terjadi akibat perilaku seksual berisiko, maka dibutuhkan pengetahuan yang tepat bagi seluruh masyarakat, terutama anak-anak. Informasi dan pendidikan seksualitas pada anak dan remaja akan memberikan pengetahuan dan menjadi tindakan preventif untuk menekan kasus PMS, sekaligus peningkatan kualitas kesehatan masyarakat sendiri.

Pendidikan.id merupakan edutech yang bergerak atas misi memajukan pendidikan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital. Diciptakan pula sarana pendidikan yang mudah, cepat, praktis, murah, dan gratis bagi seluruh masyarakat. Pendidikan.id menyajikan sarana komik literasi sebagai metode pembelajaran baru yang memberikan ilmu pengetahuan, salah satunya kesehatan, yang dikemas secara menarik melalui cerita dan ilustrasi.

Salah satu komik literasi Pendidikan.id berjudul “Hasratmu, Racunmu” merupakan komik seri pendidikan kesehatan yang menyajikan informasi bahaya melakukan hubungan seks secara bebas, seperti berganti-ganti pasangan yang berakhir didapatkannya penyakit untuk pelaku hubungan tersebut. Seperti tokoh utama dalam komik, yaitu Ardi, yang memutuskan berhubungan dengan seorang wanita hingga melakukan hubungan seks pra-nikah.

Halaman depan komik literasi Kipin "Hasratmu, Racunmu"
Halaman depan komik literasi “Hasratmu, Racunmu”

Mengetahui bahwa wanita yang ia kencani adalah Pekerja Seks Komersial (PSK), Ardi tidak menghiraukan dampak dan risiko yang akan diterima. Hingga suatu hari ia jatuh sakit dan divonis terkena Infeksi Menular Seksual (IMS). Kini, Ardi harus menjalani perawatan berlanjut dan menyesali perbuatannya. 

Melalui komik literasi “Hasratmu, Racunmu”, pembaca diajak untuk mengetahui bahwa hubungan seksual merupakan hubungan yang hanya dapat dijalin oleh pasangan yang telah menikah. Selain itu, diberikan pemaparan akan kerugian hubungan seks pra-nikah dan dampak buruk seperti Infeksi Menular Seksual (IMS) beserta dengan gejala, macam-macam penyakit dan penanganannya. 

Mari jaga diri sendiri dengan memperbanyak berbagai informasi, termasuk pendidikan seksualitas sebagai tindakan preventif berbagai risiko yang merugikan diri melalui komik literasi!

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
Chat : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments