Selasa, April 23, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKuatkan Kecintaan Batik sebagai Budaya Nusantara, Bersama Komik Pendidikan

Kuatkan Kecintaan Batik sebagai Budaya Nusantara, Bersama Komik Pendidikan

Indonesia menjadi negara yang kaya akan kebudayaan yang diwujudkan melalui keragaman alat musik, rumah adat, makanan tradisional, bahasa daerah, dan pakaian adat. Salah satu bentuk budaya negara Indonesia dalam bentuk pakaian adat diimplementasikan melalui tradisi kain batik. Tidak hanya sekadar kain bermotif, batik menjadi warisan budaya nasional yang mendunia yang diakui dalam kancah internasional. 

Akibat luasnya bentangan nusantara ini, kain batik memiliki ciri khas dan warisan budaya di tiap-tiap daerahnya. Kain batik memiliki perwujudan akan latar belakang dan keterampilan yang mumpuni dari pengrajin, memuat ekspresi, cerita dan tradisi, serta memuat nilai adat istiadat dari masyarakat. Poin-poin tersebut masuk ke dalam penjabaran kriteria kain batik yang masuk dalam kategori Warisan Budaya Takbenda (WBTb).

UNESCO, pada tahun 2009, memberikan pengakuan sekaligus mengesahkan batik sebagai Indonesian Cultural Heritage. Mengulang kembali penjabaran di atas, bahwa kain batik tidak sekadar kain yang bermotif, namun juga memiliki nilai budaya dan unsur filosofis. Sebagai bagian dari budaya nusantara, maka hendaknya kita sebagai warga negara mengetahui, patut berbangga sekaligus melestarikan wujud budaya yang sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari kita. 

Pendidikan.id merupakan salah satu edutech yang bergerak untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui teknologi informasi dan digitalisasi. Tersedia ribuan konten pembelajaran juga bacaan literasi berwujud digital untuk memberikan bahan bacaan yang mendidik dan diakses secara mudah oleh seluruh masyarakat. Salah satunya adalah komik literasi yang menjadi metode baru untuk meningkatkan minat baca anak agar mendapatkan bacaan yang menarik, juga mendidik.

Halaman depan komik literasi Pendidikan.id “Cinta Batik Nusantara”

Salah satu bacaan literasi Pendidikan.id berjudul “Cinta Batik Nusantara” merupakan komik literasi seri pengetahuan umum yang menyuguhkan informasi mengenai beragam jenis batik di Indonesia yang sarat akan makna dan unsur sejarah. Pak Indrawan dan keluarga mendapat kesempatan untuk mengunjungi pameran batik yang mengajak pengrajin batik di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh salah seorang kolektor sebagai wujud kecintaannya pada kain batik.

Pameran batik yang diikuti memberikan pengetahuan akan koleksi dan makna dibalik jenis batik di masing-masing daerah di Indonesia. Salah satunya adalah batik motif parang yang memiliki makna kekuasaan dan kekuatan. Melalui komik literasi “Cinta Batik Nusantara”, pembaca diajak untuk turut berpartisipasi dalam pelestarian budaya batik sebagai warisan yang diakui dunia internasional. Tidak sekadar budaya yang telah ‘jaduh’, bahkan dengan perkembangan arus globalisasi, turut mengembangkan produksi, motif, dan perkembangan kain batik dengan dunia modern sekarang ini. 

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments