Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img
BerandaEDTECHDigitalisasi Madrasah: Jaringan Internet Bukan Masalah Lagi dengan Kipin Classroom. Terobosan Besar...

Digitalisasi Madrasah: Jaringan Internet Bukan Masalah Lagi dengan Kipin Classroom. Terobosan Besar Digitalisasi Madrasah untuk Seluruh Indonesia dan Khususnya untuk Daerah dengan Akses Internet Terbatas

Dalam beberapa tahun terakhir, bidang pendidikan telah menyaksikan revolusi digital yang begitu cepat, dengan teknologi pendidikan yang berperan penting dalam mengubah metode pembelajaran tradisional. Namun, salah satu tantangan signifikan dalam mengimplementasikan solusi pembelajaran digital adalah keterbatasan atau kurangnya konektivitas internet, terutama di daerah terpencil. Indonesia memiliki 17,000 pulau di mana hambatan geografis dan infrastruktur berdampak menghambat akses internet secara luas. Namun Kios Pintar (Kipin) telah muncul sebagai solusi inovatif, model yang tepat guna, yang merevolusi pembelajaran “madrasah digital” bahkan di daerah dengan sedikit atau tanpa konektivitas internet. Berikut informasi bagaimana Kipin EdTech menjawab tantangan ini dan merevolusi pendidikan sekolah dan madrasah di Indonesia.

Solusi Alat Pembelajaran Offline: Kipin Classroom

Kios Pintar atau Kipin adalah hardware berupa server yang menyediakan berbagai solusi pembelajaran offline (tanpa internet). Kipin menyadari pentingnya pembelajaran digital tanpa internet sehingga bisa dinikmati bahkan oleh sekolah tanpa konektivitas internet. Solusi ini mencakup konten pendidikan offline yang lengkap, modul pembelajaran interaktif yang menarik, dengan cara pemakaian yang mudah. Memanfaatkan teknologi offline, aplikasi Kipin dapat diunduh dari berbagai device. Dilengkapi “Download and Go”, siswa tetap dapat menikmati materi belajar hingga ke rumah tanpa perlu akses internet.

Kipin Classroom untuk Madrasah

Perangkat Pendidikan Kaya Materi: 60,000 Materi Pembelajaran Digital berbagai Jenis, dan Fasilitas Pendukung Pembelajaran Lainnya

Untuk mengatasi hambatan yang ditimbulkan oleh konektivitas internet yang terbatas, Kipin EdTech menyediakan perangkat pendidikan lengkap untuk sekolah dan siswa. Perangkat Kipin Classroom sudah dilengkapi dengan banyak sumber daya pendidikan, termasuk e-book, video, kuis latihan soal, dan komik literasi pendidikan semua dalam satu server sebagai sarana prasarana madrasah. Dengan perangkat bawaan ini, siswa dapat mengakses konten pendidikan kapan pun, di mana pun, tanpa mengandalkan koneksi internet yang stabil. Pendekatan ini memberdayakan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran mandiri dan memberi mereka kesempatan pendidikan yang setara terlepas dari lokasi mereka dimanapun di Indonesia baik pegunungan, kepulauan, dan daerah 3T lainnya.

Konten Pelajaran Kipin

Kemampuan untuk Menambah Konten Lokal: Eduspot Wifi

Kios pintar Kipin meskipun kecil dan ringan memiliki teknologi eksklusif canggih Kipin eduspot untuk berbagi konten kepada semua siswa secara wifi tapi juga secara inovatif memungkinkan guru menambah dan berbagi sumber daya pendidikan lokal dengan lancar, dikenal sebagai fitur “upload and share”. Melalui jaringan lokal nirkabel wifi, guru dapat menambah buku teks digital, materi pembelajaran video tambahan, dan tugas untuk siswa, menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif. Pendekatan ini memungkinkan siswa di daerah terpencil untuk mengakses sumber daya pendidikan yang lebih luas, memupuk rasa kebersamaan dan pertukaran pengetahuan di antara siswa dan pendidik.

Ringankan Beban Tenaga Pendidik dengan Software Asesmen Canggih

Tidak hanya kebutuhan konten pembelajaran yang terpenuhi, Kipin Classroom juga melengkapi kebutuhan asesmen siswa. Software asesmen digital didalam Kipin Classroom menjadi harapan cerah untuk para guru terbebas dari lelahnya pekerjaan terkait asesmen mulai dari persiapan, koreksi, hingga rekap nilai. Berbagai fitur didalamnya memungkinkan guru menyelesaikan pekerjaan asesmen hanya dalam hitungan menit (bahkan kurang dari 5 menit). Efisiensi tenaga dengan hasil yang lebih maksimal, guru sebagai pengajar memiliki lebih banyak waktu untuk lebih fokus pada metode mengajar sehingga kualitas siswa meningkat.

Software Asesmen digital Kipin

Dukungan Guru dan Peningkatan Kapasitas: 100+ webinar pendidikan guru

Menyadari peran penting guru dalam memfasilitasi pembelajaran, Kipin EdTech menekankan dukungan dan peningkatan kapasitas guru. Kipin menyediakan modul dan sumber daya pelatihan yang komprehensif untuk membekali guru dengan keterampilan digital dan pendekatan pedagogis yang diperlukan untuk pengajaran digital yang efektif. Dengan memberdayakan para guru dengan alat dan pengetahuan untuk memanfaatkan teknologi secara efektif, Kipin EdTech memastikan bahwa pendidikan berkualitas dapat menjangkau pelosok paling terpencil di Indonesia.

Sinkronisasi Data Offline: Automatis

Untuk meningkatkan pengalaman belajar dan memastikan transisi yang mulus antara mode offline dan online, Kipin EdTech menggunakan mekanisme sinkronisasi data offline. Saat konektivitas internet tersedia, platform secara otomatis menyinkronkan data-data baru, materi update, informasi kemajuan siswa, data penilaian, dan analitik pembelajaran. Fitur ini memastikan data dalam kios pintar (Kipin) terus terbaharui dengan baik. Ini semua dapat dilakukan oleh Kipin secara otomatis bahkan di area dengan konektivitas internet yang terbatas atau terputus-putus.

Kipin Solusi dari Hambatan Madrasah

Kesimpulan: “Solusi inovatif Kipin EdTech mentransformasikan pembelajaran digital di Indonesia, membebaskan madrasah dari hambatan jaringan internet terutama di daerah dengan akses internet terbatas atau tanpa akses internet. Dengan menyediakan solusi pembelajaran tanpa internet, konten pelajaran lengkap, berbagi konten kustomisasi lokal, software asesmen digital canggih, dukungan pelatihan guru, dan sinkronisasi data offline, Kipin EdTech memastikan bahwa pendidikan berkualitas dapat diakses oleh semua siswa, terlepas dari lokasi geografisnya.” kata Santoso Suratso dari Kipin.id. Dengan komitmennya untuk menjembatani kesenjangan digital, Kipin EdTech memainkan peran penting dalam merevolusi pendidikan dan memberdayakan siswa di daerah terpencil di Indonesia untuk memaksimalkan potensi mereka.

Informasi lebih lanjut:
Email : [email protected]
Chat : http://wa.me/6281233601047
Web : http://kipin.id

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments