Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Komik Pendidikan

Keuntungan Komik Literasi Kipin Dalam Transisi Kemampuan Membaca Anak Lewat Buku Bergambar.

Buku komik bergambar terus meningkat dalam popularitas pada anak anak hampir di semua tingkat umur pada dekade terakhir ini, tapi masih banyak orang-tua dan guru-guru yang merendahkan buku komik sebagai “bukan buku pembelajaran yang benar”.

Padahal sekarang kita hidup dalam kebudayaan dimana anak-anak sangat tertarik dengan media yang bergambar, bukan hanya sekedar tulisan teks. Oleh karena itu, ini beberapa hal yang anda perlu ketahui dan pertimbangkan tentang komik literasi Kipin dan bagaimana itu bisa membantu menjadikan anak anda “pakar” dalam membaca.

Tidak semua komik adalah tentang superhero atau pahlawan fantasi saja. Komik literasi pendidikan Kipin dirancang dari awal khusus seputar topik karakter, budi pekerti, kesehatan dan soft skill;

Hampir semua judul dibuat dari ahli berpengalaman untuk membangun identitas diri anak dan menjadi media pendidikan yang efektif bertujuan memberikan koneksi ke dunia nyata.

Karena komik mudah dibaca oleh siswa pemula, maka berbagai survei menunjukan selain anak-anak lebih senang tapi juga mereka belajar lebih lama dengan komik literasi. Hal positif lain adalah komik literasi Kipin juga mengurangi stress atau frustasi pada anak anak yg kesulitan harus terus membaca dari buku teks tanpa gambar. Dengan kata lain komik literasi membantu siswa untuk melepaskan rasa capai dari pelajaran materi sekolah.

Menciptakan komik literasi sangat sulit karena artis dan illustrator harus dapat menjadikan karakter, ekspresi muka, gerakan dan lainnya digambar dengan tepat. Banyak informasi tambahan seperti warna yang hanya bisa didapatkan dengan lebih mudah dalam komik bergambar. Oleh karena itu hanya membuat satu buku literasi komik saja bisa memakan waktu bulanan yang lama.

Banyak motivasi atau kesaksian dalam kemampuan memahami membaca:

“Sebelum ada komik literasi Kipin anak saya susah sekali, namun setelah membaca Ssh Gigiku sakit sekarang rajin menggosok gigi anaknya mau nya membaca Kipin terus” ~ Ibu Arief

Berbagai bukti menunjukan bahwa motivasi anak-anak meningkat dan komik literasi Kipin dan dapat menjadi media efektif dalam berkomunikasi pesan positif dan pembelajaran kepada anak-anak.

“Sebelumnya sulit untuk minta anak saya belajar karena bosan BDR dan PJJ, namun karena komik literasi Kipin, kami sangat bersyukur, si Wahyu sampai berebut dengan saya karena mau belajar dan baca terus, ini luar biasa baik” ~ Ibu Saverio

Banyak anak yang merasa terintimidasi dengan buku-buku yang hanya berisikan teks, karena lebih sulit dan lebih membosankan. Dimana buku komik literasi berisikan sedikit teks disertai gambar-gambar sangat membantu untuk memulai kebiasaan membaca dulu, jadi pembaca dapat kemudian mendapatkan banyak informasi detail tanpa harus langsung memecahkan kata kata berat yang tidak bisa mereka pahami pada buku teks. Komik literasi menjadi awal pembuka pintu untuk memudahkan siswa belajar lebih lanjut ke buku teks karena lewat komik literasi ilmu dan kemampuan membaca terus dibangun secara cepat.

Memulai dengan komik literasi sebenarnya membangun vokabulari dasar kata-kata termasuk kata benda, kata kerja dan lain lain yang lebih mudah dijelaskan lewat hybrid teks dan gambar. Ini memudahkan siswa dan orang tua, jadi penting untuk selalu ingat agar menambahkan agenda pembelajaran lewat komik literasi pada kurikulum anda karena itu sangat efektif.

Komik literasi pendidikan adalah langkah awal atau building-block untuk semua siswa transisi ke-dunia literasi yang lebih maju lagi, dan langkah awal itu membuka semua pintu kesempatan untuk keberhasilan yang lebih baik mendatang.

Most Popular

To Top