Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

KIPIN ATM di Perpustakaan Taman Pamekar Sukabumi Siap Majukan Literasi dan Pendidikan Pelajar di Kaki Gunung Salak

perpustakaan digital di perpustakaan taman pamekar kabandungan sukabumi
perpustakaan digital di perpustakaan taman pamekar kabandungan sukabumi 2

Perpustakaan Umum Taman Pamekar Desa Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

KIPIN ATM pertama Yayasan Bakti Barito telah rampung diserahkan kepada Perpustakaan Umum Taman Pamekar pada Rabu (13/02/2019). Perpustakaan yang berdiri sejak November 2002 ini berada di  Desa Kabandungan, Sukabumi, tepat di kaki Gunung Salak Jawa Barat. Perpustakaan Taman Pamekar merupakan pengembangan perpustakaan desa, yang dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan minat baca atau literasi anak dan masyarakat sekitar. Hingga kini, perpustakaan ini tercatat telah memiliki lebih dari 1900 anggota yang terdiri dari anak-anak usia sekolah, mahasiswa hingga orang dewasa.

Meski berada di atas kaki gunung, namun prestasi Perpustakaan Taman Pamekar tidak kalah dengan perpustakaan kota-kota besar. Pada 2004 silam, Perpustakaan Taman Pamekar meraih juara tiga tingkat Provinsi Jawa Barat dan tahun 2007 juara satu tingkat Kabupaten Sukabumi untuk predikat perpustakaan desa terbaik. Sedangkan untuk predikat perpustakaan terbaik, Taman Pamekar berhasil masuk sepuluh besar pada 2011 dan tujuh besar pada 2016 di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Penambahan fasilitas KIPIN ATM di Perpustakaan Taman Pamekar tentu akan menjadi satu langkah kemajuan bagi perpustakaan, yang juga akan berdampak pada literasi dan pendidikan daerah sekitar. KIPIN ATM merupakan sebuah mesin digital yang berisi ribuan buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi untuk jenjang SD, SMP hingga SMA/K. Akses data pada mesin KIPIN ATM bersifat offline alias tidak menggunakan jaringan internet. Bahkan pengunjung bisa mengunduh seluruh data tersebut ke smartphone juga secara offline, tanpa perlu kuota internet.

perpustakaan digital di perpustakaan taman pamekar kabandungan sukabumi 3

Perwakilan pengembang KIPIN ATM (kanan), bersama dua perwakilan pengurus Perpustakaan Taman Pamekar Sukabumi.

KIPIN ATM bermanfaat sebagai perpustakaan digital untuk memudahkan para pelajar dalam mencari bahan pembelajaran secara gratis dan lengkap. Tanpa berebut atau bergantian meminjam, semua pelajar yang berkunjung bisa mendapatkan buku pelajaran, video pendidikan, latihan soal atau komik literasi yang dibutuhkan. Konten-konten tersebut dapat diakses kapan saja melalui smartphone masing-masing secara offline, karena sudah ter-download dan tersimpan dalam smartphone.

Yayasan Bakti Barito yang merupakan perwakilan dari PT Barito Pasific Tbk, memilih perpustakaan digital KIPIN ATM sebagai implementasi program CSR perusahaan dalam bidang pendidikan. Beberapa KIPIN ATM diberikan kepada beberapa sekolah dan perpustakaan desa, salah satunya Perpustakaan Taman Pamekar. Hal ini sebagai bentuk dukungan PT Barito Pasific Tbk pada kemajuan pendidikan dan peningkatan minat baca pelajar di Indonesia.

Ada banyak perusahaan yang telah menggunakan mesin KIPIN sebagai alat CSR untuk disumbangkan ke sekolah, yayasan anak, panti asuhan dan perpustakaan umum daerah. Pengoperasiannya yang mudah dan offline membuat KIPIN ATM sangat cocok untuk menjangkau pendidikan hingga ke pelosok Nusantara. KIPIN mengajak masyarakat terutama anak-anak usia sekolah untuk bisa memanfaatkan teknologi digital dengan pintar dan bijak.

Info lebih lanjut tentang KIPIN ATM, kunjungi kipin.id

Most Popular

To Top