Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Pendidikan Indonesia

Guru Kreatif Adakan Simulasi Ujian Online Mandiri di Sekolah, Jadikan Siswa Lebih Siap Hadapi UNBK

simulasi ujian online, persiapan unbk

UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) mulai diterapkan di Indonesia pada tahun 2014. Perubahan ujian dari yang semula kertas menjadi sistem online ini, harus dibarengi pula dengan perubahan cara berlatih siswa. Jelasnya, latihan persiapan UNBK di sekolah juga harus diterapkan dalam sistem online, agar siswa dapat beradaptasi sejak awal. Lagipula, era digitalisasi yang kian merebak perlahan juga akan mengharuskan setiap sekolah untuk bergeser sepenuhnya pada penggunaan sistem online. Maka dari itu, sangat perlu bagi sekolah untuk mempersiapkan diri sejak dini mulai dari sekarang.

Simulasi-Ujian-Online-PTO

Brosur Simulasi Ujian Online (Pendidikan Tryout Online)

Bagaimana cara memberikan ujian online kepada para siswa, sementara guru tidak memiliki skill untuk membuat program atau aplikasi ujian online? Di sinilah kreativitas guru diuji! Namun, kreatif tidak harus berarti menciptakan produk sendiri. Guru kreatif adalah guru yang dapat memecahkan masalah dengan efektif namun efisien, tanpa harus mengeluarkan banyak waktu, biaya dan tenaga. Menyewa jasa programmer dari pihak ketiga bisa menjadi pilihan yang paling memungkinkan, namun biaya yang harus dikeluarkan pun sangat besar.

Pendidikan.id memfasilitasi guru di seluruh Indonesia untuk melakukan simulasi ujian online dengan mudah melalui program Pendidikan Tryout Online (PTO). Setelah mendaftar, guru hanya perlu mengirimkan data-data soal ujian melalui email. Pada hari yang ditentukan, siswa sudah bisa melakukan ujian secara online dari website guru.tryoutonline.id di sekolah. Aksesnya tidak hanya terbatas pada komputer atau laptop saja, namun juga bisa melalui smartphone masing-masing siswa. Selama proses pengerjaan soal, siswa harus tetap berada pada jaringan internet karena bersifat online.

Sistem penilaian pun tidak membuat guru repot, karena nilai sudah terakumulasi secara otomatis. Hasilnya akan langsung muncul tepat setelah para siswa selesai mengerjakan paket soal. Guru juga bisa mendapatkan daftar nilai yang diperoleh para siswa sebagai bahan evaluasi. Hasil evaluasi tersebut sangat berguna bagi guru untuk mempertimbangkan langkah yang harus diambil selanjutnya. Jika siswa belum sepenuhnya menguasai materi, maka guru harus bergerak lebih cepat dalam menjelaskan materi dan terus melatih siswa.

Simulasi ujian online sangat perlu dilakukan setiap sekolah, agar siswa menjadi lebih siap dalam menghadapi USBN. Tidak hanya bergantung pada tryout online pemerintah saja, namun sekolah juga harus mampu melaksanakan ujian online sendiri secara mandiri.  Semakin sering berlatih, kemampuan berpikir, pengetahuan dan pemahaman siswa makin terasah. Lagipula, desain tampilan simulasi ujian online pada guru.tryoutonline.id dibuat sangat mirip dengan UNBK. Maka semakin sering berlatih simulasi, siswa juga akan semakin terbiasa dan mengurangi rasa grogi saat menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Info lebih lanjut tentang simulasi ujian online, kunjungi guru.tryoutonline.id.

Most Popular

To Top