Rabu, Juni 19, 2024
spot_img
BerandaDUKIMudahnya Bertransformasi Menjadi Guru Digital bersama Kipin

Mudahnya Bertransformasi Menjadi Guru Digital bersama Kipin

Sebagai seorang guru, belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi sangat penting dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa. Guru dapat menjadi contoh bagi para siswa dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, para guru harus terus didorong untuk menguasai pengetahuan tentang teknologi. Dengan begitu mereka akan mampu untuk mengintegrasikan alat ataupun aplikasi digital dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sehingga dengan menerapkan sistem pembelajaran digital, pembelajaran di kelas dapat  lebih interaktif.

Almutahidin merupakan salah seorang guru digital yang memanfaatkan Kipin untuk mengintegrasikan perkembangan teknologi dan informasi ke dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Melalui wawancara bersama tim Kipin, ia menceritakan pengalamannya selama mengajar di SD Negeri 15 Talang Aro Kabupaten Batanghari, Jambi. Beberapa kendala sempat dialami dalam menggiatkan digitalisasi sekolah dan salah satunya adalah terbatasnya koneksi internet. Kondisi ini tentu menjadi perhatian khusus baik oleh kepala sekolah beserta jajaran guru. Namun, kendala jaringan ini sudah bisa diatasi SD Negeri 15 Talang Aro dengan memanfaatkan Kipin Classroom yang pemanfaatannya tanpa membutuhkan jaringan internet. 

Kipin Classroom menjadi solusi bagi semua sekolah yang menemui kendala jaringan internet, namun harus tetap maju agar tidak tertinggal oleh zaman. Mengenai digitalisasi sekolah sendiri sudah dicanangkan oleh Kemendikbud Ristek sejak tahun 2021 seperti yang dibahas pada laman Kemendikbud.go.id, juga portal berita digital lainnya. Kemampuan Kipin Classroom dapat tetap beroperasi tanpa internet dikarenakan adanya teknologi Kipin EduSPOT didalamnya. Pengguna dapat mengakses secara offline, beraktivitas dan belajar menggunakan Kipin, bahkan mengunduh ribuan konten pendidikan pada Kipin secara gratis. Cukup satu kali proses unduh, pengguna dapat mengaksesnya kembali kapanpun dan dimanapun tanpa butuh internet juga. Kemampuan ini dikenal dengan Download and Go.

Menurut Almutahidin, perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 yang  juga didukung dengan situasi pandemi Covid-19, mendorong setiap instansi pendidikan untuk mau tidak mau, suka tidak suka, merubah sistem dan kegiatan belajar mengajar ke arah digital.  Hal ini juga didukung oleh kebijakan pemerintah. Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek (Kemendikbud  Ristek) Nadiem Anwar Makarim mencanangkan  kebijakan Merdeka Belajar sebagai reformasi sistem pendidikan di Indonesia. Beliau juga menegaskan bahwa Merdeka Belajar tidak akan mungkin bisa berhasil tanpa teknologi. “Teknologi bukan semuanya online, tetapi bisa bermacam-macam. Semua yang kita sebutkan teknologi akan digunakan dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar,” kata Mendikbud dalam LLDikti Yogyakarta, 2021

Almutahidin meneruskan bahwa SD Negeri 15 Talang Aro sangat terbantu oleh teknologi apalagi dengan hadirnya Kipin yang sangat memberikan manfaat yang luar biasa dari nilai efektifitas pembelajaran, juga nilai ekonomis. Maka hal ini juga sekaligus mengimplementasikan kebijakan pemerintah yang mencanangkan digitalisasi sekolah, agar dapat membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, sesuai perkembangan teknologi di era revolusi industri, juga memeratakan pendidikan hingga daerah 3T.

Era Revolusi Industri 4.0 menjadikan berbagai aspek dalam suatu negara berkembang dengan pesat dan tidak terkecuali pendidikan. Inovasi teknologi seperti Kipin Classroom menjadi kebutuhan penting yang berpotensi kuat dalam tujuan pemerataan pendidikan di Indonesia hingga pelosok negeri. Kebutuhan akan buku pelajaran dan bahan atau materi pembelajaran lainnya dapat diakses dengan mudah tanpa harus bergantung pada distribusi yang sulit, mahal dan lama. Teknologi seharusnya memudahkan dan Kipin Classroom akan memaksimalkan perannya dalam mendukung digitalisasi di Indonesia. 

Banyak sekolah telah mengawali langkah perubahan mereka. Seperti keberadaan dan pemanfaatan Kipin Classroom  di  SD Negeri 15 Talang Aro yang memberikan harapan dan semangat untuk mengupgrade sistem pembelajaran menjadi digital dengan mudah, efektif, dan tidak perlu mengkhawatirkan kendala internet. 

Siap mengikuti langkah tepat SD Negeri 15 Talang Aro dalam mengupgrade sekolah Anda menjadi digital bersama Kipin?
Hubungi kami di:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments