Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

KIPIN Goes to School SMAN 78 Jakarta: Sekolah Tak Perlu Lagi Kebingungan Membeli Buku Referensi

sman 78 perpustakaan digital

Para siswa dan guru SMAN 78 Jakarta melalui program KIPIN Goes to School, telah mencoba menggunakan KIPIN ATM untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. SMA yang terletak di daerah Kemanggisan kawasan Jakarta Barat ini merupakan salah satu sekolah terbaik di DKI Jakarta. Selain untuk berbagi fasilitas dengan para pelajar Indonesia, acara KIPIN goes to School juga ditujukan untuk menguji seberapa tinggi minat siswa dan guru dalam memanfaatkan perangkat KIPIN sebagai perpustakaan digital di sekolah.

sman 78 jakarta media pembelajaran digital

Siswa-siswi SMAN 78 Jakarta sedang belajar menggunakan KIPIN ATM.

KIPIN ATM merupakan mesin yang berisi ribuan konten pembelajaran digital, meliputi buku pelajaran sekolah, video pembelajaran, latihan soal dan komik literasi. Semua konten tersebut dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para siswa dan guru bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

Selama program KIPIN Goes to School SMAN 78 berlangsung, area KIPIN ATM terlihat hampir tak pernah sepi. Para siswa dan guru tampak selalu berkumpul di depan mesin KIPIN untuk mengoperasikannya. Ada yang mendownload buku sekolah sebagai bahan acuan belajar, ada juga yang mencoba mengerjakan latihan soal ujian, mendownload video pelajaran hingga komik literasi. Antusiasme siswa dan guru begitu tinggi, mereka merasa sangat dimudahkan dengan adanya KIPIN, apalagi mereka dapat mendownload itu semua secara gratis ke gadget masing-masing.

“Dengan KIPIN anak-anak kelas 10, 11, dan 12 sangat terbantu dalam akses mendapatkan bahan belajar dengan cepat dan cuma-cuma atau gratis. Mereka tidak lagi kebingungan membeli referensi buku karena sudah disediakan secara gratis di mesin KIPIN ini, semoga KIPIN akan ada di setiap sekolah dan semakin bertambah konten-kontennya,” terang pak Pak Banta, Kepala Subbagian SMAN 78 Jakarta.

KIPIN ATM sebagai perpustakaan sekolah dinilai mampu meringankan pekerjaan guru dan menghemat biaya anggaran sekolah, di mana sekolah tak perlu lagi membeli buku-buku pelajaran karena setiap siswa dan guru bisa mendownloadnya di KIPIN ATM secara gratis. Bahkan tak hanya sebatas buku pelajaran saja, namun sekaligus juga paket latihan soal, video pendidikan dan komik literasi untuk memperdalam pemahaman materi. Semua materi tersedia untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Mau tahu lebih lanjut info tentang KIPIN? silakan kunjungi laman website resminya di www.kipin.id

Most Popular

To Top