Jumat, Mei 3, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKomik Literasi Kipin Ajak Masyarakat Ciptakan Rumah Rapi dan Lingkungan Bersih ‘tuk...

Komik Literasi Kipin Ajak Masyarakat Ciptakan Rumah Rapi dan Lingkungan Bersih ‘tuk Tingkatkan Kesehatan Keluarga dan Diri Sendiri

Ilustrasi debu di rumah (Sumber : Pexels / Photo by Ron Lach)

Sikap awas dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terawat kebutuhan tiap individu. Kebutuhan akan hal ini sejatinya menjadi nilai yang harus ditanamkan sejak dini. Menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat adalah suatu bentuk kecintaan terhadap diri sendiri dan orang lain. Dengan perilaku tersebut, maka tidak hanya diri sendiri yang mendapat manfaat bagi kesehatan dan kenyamanan, melainkan juga keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, dengan lingkungan yang asri, bersih, dan sehat, resiko terkena berbagai macam penyakit juga akan terhindar.

Ilustasi seorang gadis remaja yang sedang membersihkan debu (Sumber : Pexels.com / Monstera Production)

Dikutip dari Halodoc.com (2022) apabila seseorang sering sering mendapat paparan debu dan polusi, akan mendapat resiko terkena pneumoconiosis karena endapan kotoran yang berada di paru-paru. Pneumoconiosis itu sendiri merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh paparan debu dan zat kimia. Melalui pemaparan tersebut, maka setiap individu harus lebih waspada, berhati-hati, dan menjaga diri dari kotoran, debu, dan polusi. Hal ini bisa dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menggunakan masker saat berada di lingkungan dengan banyak debu dan polusi. 

Pendidikan.id merupakan platform yang menyediakan berbagai konten pembelajaran berbasis digital. Salah satu konten yang diproduksi oleh Pendidikan.id dalam aplikasi Kipin School 4.0 adalah bacaan literasi berupa komik. Melalui komik literasi, Pendidikan.id menyajikan informasi, ilmu pengetahuan, dan nilai moral yang tersaji dalam bentuk cerita dan ilustrasi. Bukan hanya komik, Pendidikan.id juga mempersembahkan buku dan video pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Komik literasi Pendidikan.id yang berjudul “Jauhkan Debu dari Rumahmu!” menceritakan tentang aktivitas Lola bersama Ibunya setiap hari di rumah. Saat hari masih pagi, Lona bangun dan merapikan tempat tidur. Kemudian membantu ibu membersihkan rumah. Ibu meminta Lona menyapu dan mengepel lantai, sedangkan ibu membereskan barang-barang yang berantakan. Lona bertanya apakah ibunya tidak capek membersihkan rumah setiap hari. Memang capek, namun ibunya menjelaskan berbagai manfaat yang dirasakan jika rumah bersih dan rapi setiap hari.

Halaman depan komik Literasi “Jauhkan Debu dari Rumahmu!”

Komik “Jauhkan Debu dari Rumahmu!” memberikan informasi kepada anak-anak tentang manfaat rumah yang bersih. Rumah yang rapi dan bersih akan membuat kita nyaman untuk tinggal di dalamnya. Selain itu, rumah bersih juga membuat kita sehat, karena tidak ada kuman dan debu yang bertebaran. Komik ini sekaligus mengajak anak-anak agar rutin membersihkan rumah, sehingga tercipta hidup sehat di masyarakat.

Temukan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download sekarang di https://kipin.id/download.htm
Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments