Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaKegiatan SekolahLabschool UNESA Terima Empat Tablet Pertama dari Pendidikan.id Sebagai Tanda Dimulainya Kerjasama...

Labschool UNESA Terima Empat Tablet Pertama dari Pendidikan.id Sebagai Tanda Dimulainya Kerjasama Wujudkan E-Learning

Alaina Aminatul perwakilan Labschool UNESA (kiri), menerima tablet secara simbolis dari Sombo Duli, perwakilan pendidikan.id (kanan)

Mengawali tahun ajaran baru 2017/2018, Labschool UNESA bekerjasama dengan pendidikan.id untuk proses penerapan E-learning. Pendidikan.id menyediakan tablet beserta aplikasi-aplikasi penunjang E-learning, sementara pihak Labschool UNESA berkonsentrasi mendukung pembuatan video (VIPI) dan latihan soal. Senin, (24/07/2017) pendidikan.id bersama manajemen Labschool UNESA, melakukan kegiatan serah terima empat tablet pertama. Kegiatan ini menandai dimulainya hubungan kerjasama antar-kedua pihak.

Serah terima tablet diwakili oleh Sombo Duli, Business Representative dari pendidikan.id, kepada Alaina Aminatul pihak manajemen Labschool UNESA. Menurut Sombo, peluncuran tablet pertama ini dikhususkan agar para guru dapat mempersiapkan, sekaligus uji coba menggunakan program aplikasi dalam proses belajar mengajar. Beberapa aplikasi dan program penunjang E-learning dari pendidikan.id, seperti Buku Sekolah Digital (BSD), Video Pendidikan Indonesia (Vipi), Tryout Online, dan Komik Pendidikan.

Mengenai jumlah tablet yang akan dipasok untuk kegiatan belajar siswa-siswi Labschool UNESA, Sombo mengatakan sedang dalam tahap perencanaan. Ia bersama tim pendidikan.id masih akan mengkaji, agar sesuai dengan kebutuhan Labschool UNESA dari hasil kerjasama. “Jumlah tablet keseluruhan masih dikaji. Tapi yang jelas akan bertahap, misal penyerahan berikutnya 20 tablet, kemudian 30 tablet atau bahkan 50 sekaligus,“ ungkapnya.

Di lain sisi, pihak Labschool UNESA juga memutuskan untuk turut mendukung proses pembuatan video (VIPI) dan latihan soal. Sebagai bentuk nyata dukungannya, para guru dihimbau untuk berkontribusi menjadi pengajar materi VIPI dan membuat latihan-latihan soal. Tak hanya itu, Labschool UNESA juga akan menyediakan ruang bagi pendidikan.id untuk melakukan shooting saat pelajaran berlangsung, maupun saat ada kegiatan pendidikan lainnya. Shooting yang dimaksud adalah sebagai bahan VIPI, yang menampilkan kegiatan belajar-mengajar secara langsung di kelas.

Pendidikan.id berkesempatan melakukan shooting VIPI pertama di beberapa kelas, usai acara serah terima empat tablet kepada manajemen Labscool UNESA. Kegiatan shooting VIPI yang pertama kali ini, untuk mengawali rangkaian kegiatan shooting yang akan dijadwalkan berikutnya. “Hari ini sebagai shooting pertama, ada 3 kelas yang sudah siap untuk diambil video. Kelas 1 untuk pelajaran tematik, kelas 3 pelajaran Bahasa Indonesia, kelas 6 pelajaran IPA,” ujar Alaina, salah satu staf manajemen Labschool UNESA yang juga menjadi guru ini.

Alaina berharap kerjasama ini dapat dipupuk terus hingga pendidikan Indonesia mengalami kemajuan, seiring dengan majunya teknologi pula. Menurutnya, teknologi adalah bagian dari pendidikan. Teknologi berasal dari pendidikan, sehingga seharusnya dimanfaatkan pula untuk pendidikan. “Bagian terpenting dari kerjasama ini bukan barang atau jasa apa yang diberi dan diterima. Tapi semoga Labschool UNESA dan pendidikan.id bersama-sama dapat bersinergi untuk mewujudkan pendidikan yang mudah, murah dan inovatif berbasis teknologi atau E-learning,” harap Alaina. (wr/ed: Lia)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments