Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

Launching Buku Literasi dan Sosialisasi Tryout Online SMPN 17 Surabaya

gerakan literasi sekolah, pengembangan kreativitas siswa

SMPN 17 Surabaya pamerkan prestasi literasi siswa melalui acara Launching Buku Antologi Cerpen Remaja, Jumat (12/04/2019) di gedung SMPN 17 Surabaya. Tiga judul buku cerpen dirilis dalam acara tersebut, masing-masing yaitu Menuju Surgaku, Sembilan Belas Sembilan Dua dan Ribuan Kilometer Perjalanan Si Atlet Lari. Ketiganya berisi puluhan cerpen karya para siswa kelas VII, VIII dan IX SMPN 17 Surabaya. Perilisan buku ini dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Dr. Ikhsan S.Psi, MM, secara simbolis dengan pemotongan tumpeng.

sekolah literasi, buku cerpen karya siswa SMPN 17 surabaya

Kepala Dinas Pendidikan Dr. Ikhsan S.Psi, M.M melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda resmi diluncurkannya Buku Antologi Cerpen Remaja Karya SMPN 17 Surabaya.

Atiko, guru pembimbing penyusunan buku, mengatakan bahwa perilisan buku ini sebagai bentuk dukungan sekolah terhadap upaya pemerintah dalam memberantas kenakalan remaja. “Cerpen-cerpen ini murni merupakan ide kreasi para siswa yang temanya tentang kenakalan remaja. Saya kira karena mereka adalah remaja, maka akan sangat memahami bagaimana dunia remaja, apa sebenarnya yang diinginkan remaja dan bagaimana cara mengendalikan sikap sesama remaja,” jelasnya.

Selain sebagai upaya mengurangi tingkat kenakalan remaja, Atiko menyebut bahwa dengan dirilisnya buku ini, SMPN 17 Surabaya telah menuntaskan PR dari program literasi pemerintah. Dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, pemerintah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu programnya diwujudkan melalui pelaksanaan SasekSabuk, yakni satu sekolah satu buku. Nyatanya, SMPN 17 Surabaya justru mampu memproduksi 3 buku sekaligus untuk mendukung program literasi ini.

Dalam aspek publikasi, Atiko berharap dapat bekerjasama dengan Pendidikan.id untuk menerbitkan buku-buku tersebut secara digital melalui software KIPIN. “Karena saat ini merupakan era digital, maka buku cetak mungkin tidak lagi begitu efektif bagi generasi milenial. Bacaan yang berbentuk digital atau e-book akan lebih banyak diminati.” Lagipula menurutnya, publikasi melalui teknologi digital juga dinilai lebih efektif dan menyeluruh. Tidak seperti buku cetak yang persebarannya terbatas oleh jarak dan waktu, e-book melalui KIPIN digital dapat mencapai siswa bahkan di daerah 3T sekalipun, dalam waktu yang singkat.

tryout online, latihan persiapan menghadapi unbk

Tampilan laman web tryoutonline.id.

Pendidikan.id yang juga hadir dalam acara launching ini sebagai pihak pendukung acara, turut menyosialisasikan PTO dan laman web tryoutonline.id kepada para siswa SMPN 17 Surabaya. Tryoutonline.id merupakan laman yang berisi ribuan paket soal untuk siswa jenjang SD, SMP hingga SMA. Latihan soalnya lengkap untuk persiapan berbagai macam ujian, mulai dari UH, UTS, UAS, Ujian Sekolah hingga Ujian Nasional. Tampilannya didesain mirip seperti tamplian soal UNBK, sehingga membuat siswa lebih siap dalam menghadapi UNBK berikutnya. Setelah mengerjakan tryout, hasil nilai akan langsung terakumulasi sehingga bisa menjadi bahan evaluasi diri bagi siswa.

“Tampilan website TryoutOnline.id sederhana, tidak ribet. Soalnya juga lengkap, tidak hanya untuk persiapan bagi siswa kelas akhir saja, tapi juga bisa untuk kelas 7 dan 8. Bisa untuk belajar sehari-hari dan mengasah pemahaman kami setelah mempelajari tiap bab dalam materi pelajaran,” ungkap Nasya Elsya siswa kelas VII tentang TryoutOnline.id. (wr: lia)

Most Popular

To Top