Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

Lomba Baca Komik SMP-SMA, Ajang BKKBN Provinsi Bengkulu Edukasikan Moral Kependudukan dengan Manfaatkan Komik Literasi

pendidikan indonesia
hari keluarga nasional harganas xxv bkkbn provinsi bengkulu

Perayaan HARGANAS XXV di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu

Dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXV, Provinsi Bengkulu menggelar rangkaian acara yang dipusatkan di Kabupaten Kaur pada tanggal 29 – 30 Juli 2018. Sebagai bentuk partisipasi, BkkbN Provinsi Bengkulu turut menggalakkan beberapa lomba untuk kalangan pelajar, di antaranya yaitu lomba mading dan lomba baca komik tingkat SMP-SMA.

Lomba baca komik sangat diminati oleh para pelajar di Kabupaten Kaur. Persyaratan mengikuti lomba pun mudah, hanya dengan membentuk tim yang terdiri dari 3 orang dan mempersiapkan diri agar mampu menguasai bacaan. Bahan bacaan lomba telah disediakan oleh pihak BkkbN Provinsi Bengkulu, yaitu dengan menggunakan komik-komik literasi yang diterbitkan oleh Pendidikan.id. Ada 12 judul komik yang khusus disediakan untuk lomba, di mana beberapa komik tersebut mengangkat topik moral kependudukan.

pendidikan indonesia

Salah satu tim lomba baca komik tingkat SMA sedang berdiskusi mengenai isi komik.

Total yang mengikuti lomba baca komik berjumlah 10 tim, berasal dari seluruh sekolah di Kabupaten Kaur. Masing-masing tim diberi waktu 10 menit untuk membaca, memahami dan menguasai isi komik. Setelah itu, juri akan memberikan enam pertanyaan terkait isi komik kepada masing-masing tim secara bergantian. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan yakni seputar judul, pengarang, isi, pesan yang terkandung, pelajaran yang didapat dan bagian yang menarik secara pribadi.

Masing-masing pertanyaan memiliki bobot skor yang berbeda. Pemenang akan ditentukan berdasarkan jumlah skor tertinggi dari seluruh tim peserta. “Kami menilai seberapa dalam siswa menguasai isi komik, dan seberapa mampu mereka mengaitkannya dengan fenomena di kehidupan nyata. Hal ini akan terlihat dari cara siswa menjelaskan pesan komik dan pelajaran apa yang didapatkannya,” jelas Busmar Edisyaf, kepala perwakilan BkkbN Provinsi Bengkulu.

Berikut adalah daftar pemenang Lomba Baca Komik Tingkat SMP-SMA Kabupaten Kaur 2018.
Juara I: SMPN 16 Kaur dan SMAN 10 Pentagon (Putri)
Juara II: SMPN 1 Kaur dan SMAN 10 Pentagon (Putra)
Juara III: SMPN 33 Kaur dan SMAN 1 Kaur

Selain untuk memeriahkan rangkaian acara HARGANAS XXV, kegiatan lomba baca komik ini diadakan untuk mendukung program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang dikembangkan oleh BkkbN. Program SSK adalah pengintegrasian nilai-nilai moral kependudukan kepada masyarakat, terutama kalangan pelajar. Program ini dinyatakan ke dalam beberapa bentuk kegiatan, seperti pembangunan perpustakaan desa dan pelaksanaan berbagai macam lomba, termasuk lomba baca komik ini.

pendidikan indonesia

Booth BkkbN Provinsi Bengkulu yang menyediakan komik-komik literasi gratis untuk dibaca.

“Tidak hanya dilombakan, komik-komik ini juga menjadi spot membaca gratis di booth BkkbN selama acara HARGANAS XXV. Kita adakan demikian agar anak-anak mau membaca dan memahami tentang persoalan kependudukan dan bagaimana menerapkan solusinya di lingkungan. Hal ini sesuai dengan tujuan utama Program SSK,” ungkap Busmar.

Menurutnya, komik-komik Pendidikan.id seperti Hamil di Luar Nikah, Sekolah Yes Nikah Muda No Way, Ayo Lawan Si Bully serta judul-judul lainnya memiliki pesan-pesan moral yang dapat menjawab fenomena sosial yang sedang marak terjadi. “Juga lewat momentum HARGANAS ini berharap peran dan fungsi keluarga kecil bahagia dan sejahtera dapat terus dioptimalisasikan. Dengan cara mengedukasikan larangan seks pranikah, jauhi pernikahan dini hingga penggunaan obat-obatan terlarang,” harapnya. (wr: lia)

Most Popular

To Top