Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

Materi Biologi SMA Semua Kelas Sudah Terdigitalisasi, Siap Dimanfaatkan oleh Siswa dan Guru di Seluruh Indonesia

video pendidikan video pembelajaran biologi SMA

Beberapa minggu setelah menggelar acara shooting, Pendidikan.id akhirnya merampungkan proses editing 50 video pendidikan Biologi SMA semua kelas. Shooting untuk 50 guru dengan mata pelajaran Biologi kelas 10 – 12 itu dilaksanakan pada 28 Juli 2018 lalu, dan selesai dalam waktu kurang dari 24 jam. Acara tersebut diprakarsai oleh MGMP Biologi Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pendidikan.id, dengan tujuan membekali guru-guru ilmu perkembangan teknologi dalam mengajar, sekaligus menciptakan video pembelajaran secara digital yang bermanfaat bagi proses belajar siswa di seluruh Indonesia, baik via online maupun offline.

metabolisme enzim katalase video pembelajaran biologi SMA

Salah satu cuplikan video pendidikan Biologi SMA, materi kelas 12 Metabolisme Enzim Katalase.

Sombo Duli koordinator tim Pendidikan.id mengatakan, “Lima puluh video biologi SMA itu sudah rampung digarap oleh tim kami. Kini semua siswa SMA di Indonesia bisa mengakses dan memanfaatkan video-video itu untuk belajar.” Menurutnya, menyelesaikan video-video tersebut tepat waktu tidaklah mudah, mengingat video-video tersebut harus dikerjakan dengan teliti & baik. Namun dengan tekad yang kuat dan motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan Indonesia, tim akhirnya berhasil menyelesaikannya sesuai target.

Rangkaian materi Biologi SMA dari buku pelajaran kelas 10 – 12 sudah terdigitalisasi menjadi 50 video yang menarik. Artinya, seluruh siswa SMA di Indonesia kini tak perlu lagi bingung saat belum memahami materi Biologi yang guru ajarkan di kelas. Mengerjakan PR atau mempelajari ulang materi di rumah, serta persiapan ulangan akan menjadi mudah, karena siswa bisa langsung mendapatkan penjelasan materi melalui video pendidikan. Tak perlu khawatir dengan kredibilitas pengajarnya, karena salah satu syarat untuk menjadi pengajar video pendidikan yakni guru pengajar di sekolah yang berpengalaman.

Semua video dapat didownload melalui aplikasi KIPIN Mobile pada smartphone, atau ditonton melalui channel resmi Pendidikan.id pada laman youtube. “Jika siswa ingin lebih praktis, mengunduh dan memiliki video tersebut, maka download saja KIPIN Mobile di smartphone. Semua video dapat diunduh dan tidak akan hilang selamanya pada galeri aplikasi. Namun siswa juga bisa memanfaatkan youtube untuk menonton video pendidikan kapan saja, selama ada akses internet yang lancar untuk streaming,” jelas Sombo.

Difusi dan Osmosis video pembelajaran biologi SMA

Salah satu cuplikan video pendidikan Biologi SMA, materi kelas 11 Difusi dan Osmosis.

Selain itu, Pendidikan.id akan terus menambah dan memperbarui video pendidikan yang kini jumlahnya sudah ribuan. Hal ini bertujuan agar siswa bisa mendapatkan materi belajar secara lengkap dan ter-update. Sombo mengungkapkan, setiap satu tema pelajaran nantinya akan ada beberapa versi dari beberapa guru, sehingga siswa bisa memiliki lebih dari satu referensi. Lagipula, tersedianya beberapa versi guru juga dapat menjadi pilihan bagi siswa untuk menyesuaikan cara belajarnya dengan gaya ajar guru.

“Ilmu pelajaran itu dinamis, selalu berubah entah jumlah ataupun isinya. Oleh karena itu, Pendidikan.id juga akan terus dinamis mengikuti perubahan ilmu dan teknologi. Data akan ditambah, diperbarui, diperbaiki, atau justru dihapus jika perlu. Ini agar sesuai dengan visi Pendidikan.id, yaitu memajukan pendidikan Indonesia dan mencerdaskan bangsa. Caranya yaitu memfasilitasi siswa-siswi untuk belajar secara mudah dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Sombo. (wr: lia)

Download KIPIN Mobile di sini:
[Klik] KIPIN Mobile Android, KIPIN Mobile iOS, KIPIN Mobile Windows

Atau kunjungi channel youtube resmi Pendidikan.id [Klik].

 

Most Popular

To Top