Kamis, Mei 2, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanMengenal Tanaman Herbal Pembawa Manfaat bagi Kesehatan Bersama Komik Pendidikan

Mengenal Tanaman Herbal Pembawa Manfaat bagi Kesehatan Bersama Komik Pendidikan

(Photo by Lisa Hobbs on Unsplash)
(Photo by Lisa Hobbs on Unsplash)

Indonesia adalah negara yang yang kaya akan berbagai jenis tumbuhan, salah satunya adalah jenis tanaman yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Peraturan tentang obat herbal yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan pasal 325 menyebutkan bahwa penelitian dan pengembangan obat bahan alam ditujukan untuk mewujudkan kemandirian industri farmasi nasional. Tidak hanya umbi-umbian saja yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan obat herbal, melainkan juga bagian daun, batang, bunga juga dipercaya turut memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan manusia.

Tanaman herbal seperti jahe, kunyit, lidah buaya, dan masih banyak lagi yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sejak jaman dahulu tanaman herbal digunakan untuk memelihara kesehatan, mencegah penyakit, dan untuk pengobatan. Salah satu tanaman herbal yaitu tanaman ginseng diyakini dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Ilustrasi tanaman herbal untuk dimanfaatkan menjadi olahan obat dan pangan bermanfaat (Photo by Nicolae-Balt  on Pixabay)
Ilustrasi tanaman herbal untuk dimanfaatkan menjadi olahan obat dan pangan bermanfaat (Photo by Nicolae-Balt  on Pixabay)

Dikutip dari Kemenkes RI (2023) terdapat lebih dari 11.000 jenis jamu dan 70 produk obat herbal terstandar, namun baru 24 yang terdaftar sebagai produk fitofarmaka.  Selama 10 tahun terakhir, Food and Drug Administration (FDA) menyetujui sebanyak 40 % dari molekul obat bersumber dari bahan alam, dan 70% diindikasi sebagai anti kanker. Oleh karena itu, diperlukan gerakan bersama (Geber) dalam pengembangan fitofarmaka ini di Indonesia.

Badan Kesehatan Dunia  atau WHO mendefinisikan tanaman herbal adalah suatu tanaman berkhasiat untuk obat yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal atau alami yang berbentuk tanaman. WHO menetapkan dan merekomendasikan obat herbal sebagai alternatif  untuk mendukung kesehatan masyarakat. Pengolahan tanaman herbal dengan tujuan untuk pengobatan, penyembuhan, dan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai jenis obat herbal. Selanjutnya, tanaman herbal yang sudah diolah dapat digunakan untuk kebutuhan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

 Halaman depan komik literasi “Tanaman Berkhasiat”
 Halaman depan komik literasi “Tanaman Berkhasiat”

Pendidikan.id merupakan sebuah platform yang menyediakan solusi digitalisasi pendidikan untuk berbagai instansi pendidikan. Salah satu karya dari Pendidikan.id adalah komik. Melalui komik literasi, sebagai media pembelajaran yang tak hanya mendidik, namun juga menarik. Tidak hanya memberikan cerita dan ilustrasi, namun komik literasi juga sarat akan informasi, ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Salah satu komik literasi dari Pendidikan.id yang berjudul “Tanaman Berkhasiat” menceritakan tentang keluarga Mega yang memproduksi tanaman herbal. Pada hari Minggu pagi, Ririn dan Ani Pergi ke rumah Mega. Bersama dengan ayah dan ibu Mega, mereka memanen kunyit dan jahe yang ditanam di belakang rumah Mega. Ayah dan ibu Mega menjelaskan rimpang tanaman yang sangat bermanfaat. Selain sebagai rempah-rempah masakan, jahe dan kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Setelah itu, ibu Mega dibantu oleh anak-anak bersama membuat jamu kunyit.

Komik “Tanaman Berkhasiat” memberikan informasi kepada anak-anak tentang kunyit dan jahe, jenis rimpang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kunyit dan jahe dapat ditanam sebagai tanaman keluarga dengan cara yang cukup mudah. Saat ingin dikonsumsi untuk obat, kunyit dan jahe bisa dihaluskan, disaring, lalu dimasak menjadi jamu. Komik ini meningkatkan pengetahuan anak-anak apa saja manfaat kesehatan kunyit dan jahe, serta cara mengolahnya menjadi jamu sederhana di rumah.

Cuplikan isi komik literasi “Tanaman Berkhasiat”
Cuplikan isi komik literasi “Tanaman Berkhasiat”

Temukan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download  sekarang di https://kipin.id/download.html

Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments