Senin, April 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanApa Pesan Buah-Buahan, Andai Mereka Bisa Berbicara? Komik Literasi Kipin Punya Jawabannya!

Apa Pesan Buah-Buahan, Andai Mereka Bisa Berbicara? Komik Literasi Kipin Punya Jawabannya!

(Photo by Jacopo Maia on Unsplash)
(Photo by Jacopo Maia on Unsplash)

Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari masyarakat Indonesia per tahun 2016 menunjukan penurunan minat dan kuantitas konsumsi bahan pangan dari tahun sebelumnya, dengan angka hanya 43% dari kelompok masyarakat yang mengkonsumsi buah dan sayur sesuai jumlah yang direkomendasikan. Sehingga melalui hal tersebut, Badan Kesehatan Dunia atau WHO kembali menganjurkan individu untuk menyediakan 5 porsi atau setara 400-600 gram buah dan sayur per orang untuk dikonsumsi setiap hari. Sedangkan, untuk kategori anak-anak dan balita, takaran yang dianjurkan sebanyak 300-400 gram per orang per hari.

Aune, D. et al, dalam penelitiannya (2017), memaparkan bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayur, akan berdampak pada penurunan risiko terkena kanker. Secara spesifik, buah dan sayur yang memberi manfaat luar biasa ini terdapat pada buah dengan ciri warna hijau, yaitu apel dan buah pir, serta buah-buahan yang masuk dalam kategori jeruk, seperti jeruk peras, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Selain itu, dalam jurnal epidemiologi internasional, disebutkan bahwa konsumsi buah dan sayur sebanyak 800 gram setiap hari akan menghindarkan seseorang dari risiko meninggal di usia dini. 

Photo by Roberta Sorge on Unsplash
Photo by Roberta Sorge on Unsplash

Buah-buahan merupakan bahan pangan yang termasuk sumber dari berbagai vitamin (Vit A, B, B1, B6, C), mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai antioksidan. Buah-buahan memiliki berbagai macam bentuk, rasa dan manfaatnya. Dari segi rasa, buah-buahan memiliki rasa yang manis, asam atau bahkan sedikit pahit. Dari segi bentuk, ada yang bulat, lonjong, dan melengkung. Tekstur buah-buahan terdapat berbagai macam yaitu bertekstur keras, lembut, dan berair. 

Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat buah-buahan bagi kesehatan manusia adalah sebagai berikut:
 1. Mencegah berbagai macam penyakit
2. Menjadi sumber kekuatan untuk tubuh
3. Meningkatkan daya tahan tubuh
4. Melancarkan proses pencernaan
5. Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh
6. Menyehatkan kulit

Pendidikan.id merupakan sebuah platform yang mengedepankan digitalisasi pendidikan dengan mengembangkan produk layanan kemajuan pendidikan di Indonesia. Salah satu produk unggulan Pendidikan.id adalah konten komik literasi yang menjadi sumber atau referensi pembelajaran anak-anak, remaja, dan orang muda dengan metode yang mendidik namun menarik. Salah satu kreasi komik literasi Pendidikan.id berjudul “Andai Buah Bisa Bicara”. Komik ini hadir untuk memberikan informasi kepada anak-anak berbagai jenis buah dan manfaat buah bagi kesehatan. 

Halaman depan komik literasi“Andai Buah Bisa Bicara”

Komik literasi Pendidikan.id yang berjudul “Andai Buah Bisa Bicara” menjadi media literasi pendidikan bagi anak yang mengisahkan buah-buah yang digambarkan bisa berbicara. Selain itu, dalam komik ini dijabarkan informasi tentang jenis-jenis buah, dan manfaatnya bagi kesehatan. Komik ini mengenalkan kepada anak-anak tentang macam-macam buah yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Masing-masing buah memiliki bentuk, rasa, dan manfaat yang berbeda-beda. Dan yang pasti, semuanya bermanfaat bagi kesehatan manusia. Komik ini sekaligus mengajak anak-anak untuk rajin mengkonsumsi buah-buahan setiap hari. 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments