Rabu, Juni 12, 2024
spot_img
BerandaPendidikan IndonesiaMANAJEMEN IKLIM AKADEMIK DAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

MANAJEMEN IKLIM AKADEMIK DAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

MANAJEMEN IKLIM AKADEMIK DAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

Pendahuluan

Pendidikan formal dalam masyarakat merupakan hal yang sangat lumrah atau dapat dikatakan wajib bagi setiap anak usia sekolah di Indonesia. Dapat kita ketahui bahwa pendidikan formal ialah pendidikan di bawah naungan kementerian pendidikan dan bagi masyarakat Indonesia pendidikan sangat penting untuk menunjang sumber daya manusia serta bertujuan mencerdaskan bangsa. Oleh karena itu di dalam lingkungan sekolah harus tercipta keselarasan atau harmonisasi yang baik di dalamnya. Tidak hanya guru dengan siswa namun seluruh warga sekolah serta hubungan masyarakat sekitar sekolah.

Dalam konteks ini oleh karena itu iklim akademik atau suasana di dalam lingkungan akademik sekolah harus sangat di perhatikan dan di organisir dengan baik. manajemen iklim akademik tidak hanya mengacu pada pengelolaan infrastruktur fisik sekolah yang ramah lingkungan, tetapi juga mencakup pendekatan pembelajaran yang berfokus pada kesadaran lingkungan, dan adaptasi terhadap perubahan iklim. jika bentuk pengelolaannya baik dan di tuangkan dalam kurikulum mereka, semakin besar dampak positif yang dapat dihasilkan dalam membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan dan mampu menghadapi tantangan perubahan iklim.

Selain itu, suasana dan pengelolaan di dalam sekolah, hubungan antara sekolah dan masyarakat juga memiliki peran yang sangat vital dalam mengatasi masalah perubahan iklim. Melibatkan masyarakat secara aktif dalam upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim dapat menciptakan kesadaran yang lebih luas dan tindakan bersama untuk menghadapi tantangan ini. Sekolah, sebagai pusat pendidikan, dapat menjadi agen perubahan yang menghubungkan antara ilmu pengetahuan, sikap, dan tindakan nyata.

artikel ini tidak hanya dapat memberikan wawasan mendalam tentang implementasi praktik-praktik terbaik dalam manajemen iklim akademik, tetapi juga menggali potensi kolaborasi antara sekolah dan masyarakat. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika ini, upaya-upaya untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan membangun masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dapat menjadi lebih efektif dan berkelanjutan.

Manajemen Iklim Akademik

Manajemen iklim akademik merupakan gabungan dari beberapa kata yang dapat kita ketahui yaitu Manajemen, iklim dan akamedik. Kata manajemen yang berarti mengelola atau merencanakan sesuatu sejalan dengan menurut Wahyu (2019) manajemen ialah Merencanakan sesuatu yang ingin dikerjakan atau mengerjakan rencana yang telah dirumuskan, dan harus dikerjakan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan juga keinginan. Iklim yang artinya ialah suasana atau keadaan seperti pada kamus besar bahasa Indonesia, kemudian akademik adalah berarti proses belajar mengajar yang dilakukan di kelas atau dunia persekolahan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa managemen iklim akademik adalah pengelolaan suasana akademik didalam sekolah untuk mencapai tujuan-tujuan dari sekolah sebagaimana lingkungan belajar yang mendorong perilaku positif dan kepribadian siswa sehingga menciptakan proses pembelajaran yang optimal.

Suasana Akademik

Iklim akademik menurut (Hadiyanto, 2016) iklim sekolah ialah

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments