Selasa, Mei 14, 2024
spot_img
BerandaPendidikan IndonesiaMANAJEMEN IKLIM AKADEMIK DAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

MANAJEMEN IKLIM AKADEMIK DAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

adanya perbedaan dari tujuan Pendidikan di setiap negara. Contoh lainnya terlihat dari adanya perubahan kurikulum yang menyesuaikan dengan keadaan dan perkembangan Masyarakat.

Simpulan

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwasannya iklim sekolah yang baik akan tercipta karena adanya pengelolaan yang baik pula. manajemen iklim akademik yang terencana membuat suasana akademik didalam sekolah menjadi efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan yang ada di sekolah. Selain itu, manajemen iklim akademik juga dimanfaatkan untuk menciptakan keadaan lingkungan bekajar yang baik dan mendukung terbentuknya perilaku dan kepribadian positif bagi siswa sehingga terciptanya pembelajaran yang optimal.

Tidak hanya suasana akademik saja namun hubungan antara sekolah dengan masyarakat menjadi usaha secara sengaja yang terencana dan dilakukan dengan tujuan untuk menjalin serta membina antara organisasi dan masyarakat. melalui pengelolaan hubungan internal dan eksternal yang menciptakan adanya timbal balik antara sekolah terhadap masyarakat dan masyarakat terhadap sekolah.

Daftar Pustaka

Daryanto dan Mohammad Farid. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Irawanda, Gita dan M. Bachtiar. (2020). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat di Smk Negeri Makassar. JAK2P Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan. 1(1). 25-36.

Kristina, Feby dan Hade Afriansyah. (2019). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Universitas Negeri Padang.

Nurfajriah, Syifa dkk. (2021). Pengelolaan Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. KREATIF Jurnal Pendidikan Dasar. 11(2), 137-14, 137-144.

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor.

Wahyudi, K. (2019). Manajemen Strategik.

Penulis:
Danella Saloem Naufal, Zuleha wardianingsih, Lukman Nulhakim
Pendidikan Guru Sekolah Dasar | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Editor:
Tim Kipin

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments