Kamis, Februari 22, 2024
spot_img
BerandaPendidikan IndonesiaMANAJEMEN IKLIM AKADEMIK DAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

MANAJEMEN IKLIM AKADEMIK DAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

masyarakat merupakan proses komunikasi yang dilakukan antara sekolah dengan masyarakat dengan tujuan memberi peningkatan pemahaman kepada masyarakat mengenai kebutuhan dan kegiatan pendidikan serta mendorong minat Masyarakat untuk bekerjasama demi meningkatkan dan mengembangkan sekolah.

Sejalan dengan pernyataan dari Kristina, Marjuki (2013) menyampaikan pengertian administrasi hubungan antara sekolah dan Masyarakat adalah sebuah proses dalam kegiatan yang sudah terencana dan diusahakan secara sungguh-sungguh serta terdapat pembinaan yang berkelanjutan demi mendapatkan suatu dukungan dari Masyarakat.

Dari kedua pernyataan di atas hubungan sekolah dengan Masyarakat adalah suatu proses dalam komunikasi dan kegiatan yang melibatkan Masyarakat dengan tujuan agar terciptanya sebuah Kerjasama untuk demi meningkatkan dan mengembangkan sekolah.

Pengaruh Timbal Balik antara Sekolah dengan Masyarakat

Setiap yang berhubungan pasti memiliki pengaruh terhadap satu sama lain. Tidak terkecuali hubungan antara sekolah dan Masyarakat. Kedua pihak saling mempengaruhi dan dipengaruhi, maksudnya adalah sekolah memberikan pengaruh terhadap Masyarakat begitupun sebaliknya.

Pengaruh Sekolah Terhadap Masyarakat

Pengaruh yang didapatkan Masyarakat dari sekolah dilihat dari produk yang dihasilkan sekolah. Kualitas produk sekolah dan luasnya penyebaran produk menjadi faktor yang menentukan seberapa positif pengaruh yang dibawa oleh sekolah kepada Masyarakat. Misalnya, peserta didik atau lulusan dari satu sekolah memiliki kualitas yang baik, maka pengaruh yang dihasilkan ke Masyarakat positif. Sekolah dapat mempengaruhi masyakat seperti dalam beberapa hal seperti membuat Masyarakat menjadi cerdas dalam kehidupan dan memberi bekal kepada Masyarakat untuk menghadapi lingkungan kerjanya, membawa perubahan dan pembaruan kepada Masyarakat yang berpengaruh pada perkembangan serta pembangunan untuk Masyarakat.

Pengaruh Masyarakat Terhadap Sekolah

Pada setiap Masyarakat pasti memiliki kebudayaan tersendiri. Hal ini akan mempengaruhi juga terhadap Pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Pengaruh tersebut terlihat dari

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments