Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

MGMP Biologi Jawa Timur dan Pendidikan.id Adakan Workshop – Launching Media Pembelajaran Abad 21

MGMP Biologi Jawa Timur guru mata pelajaran biologi SMA se-jatim
pembelajaran berbasis teknologi

Acara Workshop & Launching “Media Pembelajaran Abad 21,” bersama Ketua MGMP Biologi Jawa Timur, Praktisi pendidikan STIKOM dan Team Pendidikan.id.

Bekerja sama dengan MGMP Biologi Jawa Timur, Pendidikan.id mengadakan acara workshop dan launching “Media Pembelajaran Abad 21.” Acara yang berlangsung tanggal 26 s/d 28 juli 2018 di Hotel Grand Surabaya ini dihadiri oleh 58 guru biologi tingkat SMA dari beberapa kota di seluruh Jawa Timur. Rangkaian acara dibagi menjadi dua, yakni workshop yang dilaksanakan pada hari pertama dan praktik shooting pada dua hari sisanya.

Workshop dibawakan oleh para pengajar senior Perguruan Tinggi STIKOM Surabaya tentang pemanfaatan teknologi digital untuk media pembelajaran masa kini di sekolah. Materinya berkisar pada penyusunan e-book, editing video & pdf, QR-Code, video pembelajaran dll sebagai ragam media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital.

“Teknologi digital tidak bisa dihindari tetapi harus diadaptasi dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan belajar-mengajar. Guru-guru harus diperlengkapi dengan edukasi teknologi digital, agar melek perkembangan zaman dan siap menyongsong era digitalisasi,” kata Budi Santoso, ketua MGMP Biologi Jawa Timur.

rekor shooting tercepat mgmp biologi jawa timur

Proses shooting video pembelajaran oleh salah satu guru Biologi.

Setelah mendapatkan wawasan tentang media pembelajaran digital, para guru diajak untuk terlibat dalam pembuatan video pendidikan. Para guru biologi yang berkualitas dan terpilih berkontribusi sebagai pengajar materi video pendidikan biologi. Video-video itu nantinya akan diolah tim Pendidikan.id menjadi koleksi video pendidikan Biologi yang berguna dalam proses belajar siswa. Koleksi videonya dapat diakses oleh seluruh pelajar Indonesia melalui mesin Kipin ATM & aplikasi KIPIN Mobile pada perangkat smartphone, tablet atau pun PC.

Uniknya, kegiatan shooting yang diorganisir oleh tim Pendidikan.id tersebut mampu memecahkan rekor shooting tercepat. Budi mengungkapkan, “shooting mata pelajaran Biologi lengkap kelas 10 hingga 12 alias materi pelajaran untuk tiga tahun, dilakukan hanya dalam waktu kurang dari 24 jam. Partisipannya pun guru-guru berkualitas dari seluruh SMA se-Jatim.”

Produk pendidikan berbasis teknologi digital lainnya yang berupa KIPIN ATM juga turut dipamerkan selama 3 hari acara. KIPIN ATM merupakan sebuah mesin berbentuk kios yang berisi ribuan buku sekolah, video pendidikan, komik literasi, latihan soal dan buku umum untuk semua jenjang (SD – SMA/K). Semua data dalam KIPIN ATM dapat diakses kapan pun tanpa koneksi internet dengan layar sentuh yang mudah digunakan.

kipin kios pintar perpustakaan digital

Beberapa guru mencoba mengoperasikan mesin KIPIN ATM.

KIPIN ATM bisa dimanfaatkan sebagai perpustakaan digital setiap sekolah. Tidak ada lagi buku yang menumpuk dan berceceran keluar dari rak, dan tidak lagi berebut buku antar-siswa. Cukup dengan menyediakan satu petak ruangan plus sumber aliran listrik, KIPIN ATM sudah dapat dioperasikan.

“Pembelajaran berbasis teknologi digital akan terus kami kembangkan, mulai dari KIPIN ATM hingga KIPIN Mobile. Harapannya dengan pembelajaran yang semakin mudah dan praktis ini, pelajar Indonesia juga menjadi semakin giat belajar. Dengan begitu, pendidikan Indonesia dapat maju pesat dan melahirkan SDM unggul yang berdaya saing tinggi untuk persiapan menuju Indonesia Emas 2045,” harap Sombo Duli, koordinator tim Pendidikan.id. (wr: lia, ed: gz)

Info lebih lanjut kunjungi:

http://kipin.id

Most Popular

To Top