Minggu, April 21, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanPerjuangan Seorang Ibu Bagi Buah Hati, Simak Kisahnya Dalam Komik Literasi

Perjuangan Seorang Ibu Bagi Buah Hati, Simak Kisahnya Dalam Komik Literasi

Perjuangan Ibu Mengandung dan Melahirkan Buah Hatinya

Seorang ibu menggenggam kaki bayinya
Seorang ibu yang menggenggam kaki anaknya (Sumber: Envato)

Pasangan suami-istri akan mendambakan kehadiran buah hati dalam keluarga kecil mereka. Tidak hanya hidup berdua, kehadiran buah hati akan menambah anggota keluarga untuk selanjutnya berbagi kebahagiaan dan kasih sayang bersama. Bayi yang dikandung oleh seorang ibu berbulan-bulan lamanya melalui proses yang tidak mudah. Dalam jangka waktu yang tidak sebentar ini, seorang ibu juga merasakan banyaknya perubahan, seperti bagian-bagian tubuh dan kondisi psikis.

Seorang ibu tengah dalam proses melahirkan anaknya (Sumber: Envato)
Seorang ibu tengah dalam proses melahirkan anaknya (ilustrasi) (Sumber: Envato)

Mengutip dari The Pregnancy Book NHS (2009) dan Your Healthy Pregnancy and Baby Care Guide dari ABHPA, seorang ibu yang sedang mengandung bayi perlu memperhatikan beberapa hal berikut: jadwal melakukan cek kandungan bersama dokter, kebiasaan yang perlu ditinggalkan karena tidak baik bagi tumbuh kembang bayi, dan jenis makanan serta nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, ibu juga perlu mengetahui kondisi dan permasalahan selama kehamilan, kondisi emosional, perasaan dan hubungan dengan pasangan, dan masih banyak lagi.

Selain sumber dari buku-buku panduan kehamilan di atas, sumber lain baik dari media cetak maupun online memberikan ragam informasi yang dapat dipersiapkan oleh calon ibu. Meskipun begitu, setiap orang termasuk perempuan juga dapat menggali banyak informasi mengenai kehamilan sebagai bekal pengetahuan di kemudian hari. Pendidikan.id sebagai salah satu platform yang bergerak di bidang digitalisasi pendidikan menyediakan ribuan konten pendidikan. Salah satunya adalah komik literasi berjumlah lebih dari 400 buah dengan seri-seri informasi seperti kesehatan, ilmu pengetahuan umum, ilmu pengetahuan alam, moral, pengembangan moral, dan masih banyak lagi. Komik literasi tidak hanya menyuguhkan cerita dalam ilustrasi yang menarik, namun juga berisi pesan-pesan dan ilmu yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan terutama anak-anak hingga remaja. 

Seorang ibu tengah memeluk anaknya (Sumber: Envato)
Seorang ibu tengah memeluk anaknya (Sumber: Envato)

Salah satu komik literasi dari Pendidikan.id berjudul “Perjuangan Ibu Melahirkan” bercerita tentang seorang pasangan suami-istri bernama Pak Aji dan Bu Rina. Mereka menunggu selama dua tahun sampai bu Rina akhirnya dinyatakan positif hamil. Selama proses kehamilan, Bu Rina memperhatikan dengan sungguh-sungguh kesehatan dan kandungannya. Ia rutin melakukan pemeriksaan di dokter kandungan, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, dan selalu berhati-hati melakukan berbagai aktivitas. 

Pada bulan kesembilan, bu Rina merasakan perutnya yang sakit akibat pengenduran dan pengencangan otot rahim atau disebut dengan kontraksi. Hari dimana kontraksi terasa semakin sering terjadi, Bu Rina memutuskan pergi ke rumah sakit. Setelah melalui waktu yang cukup panjang dan rasa sakit yang tak tertahankan, bu Rina melahirkan putra pertamanya dengan normal dan selamat. Perjuangan mengandung dan melahirkan selama 9 bulan, diwarnai dengan aneka perubahan kondisi emosi, aktivitas, rasa mual dan sakit pada kandungan yang seringkali muncul, telah banyak berkurang. Rasa bahagia kini menyelimuti keluarga Bu Rina dan Pak Aji

Halaman depan Komik Literasi "Perjuangan Ibu Melahirkan"
Halaman depan Komik Literasi “Perjuangan Ibu Melahirkan”

Komik literasi “Perjuangan Ibu Melahirkan” memberikan tidak hanya cerita fiksi dari bu Rina akan perjalanannya mengandung buah hati pertamanya. Persiapan demi persiapan baik itu menjadwalkan kunjungan ke dokter, memperhatikan asupan makanan, hal yang harus dilakukan maupun dihindari demi kesehatan ibu dan calon bayi, dan masih banyak lagi. Sebuah perjuangan yang tidak mudah bagi seorang ibu karena tidak hanya mengalami perubahan dalam rutinitas dan fisik dari tubuh. Kondisi psikologis seorang ibu juga banyak terpengaruh akibat hormon-hormon selama kehamilan yang mempengaruhi nafsu makan, motivasi, suasana hati, dan lain-lain.

Perjuangan ibu yang mengandung dan melahirkan anaknya menjadi perjalanan yang penuh akan perjuangan dan pengorbanan. Tidak hanya  banyak perubahan dari tubuh dan psikologis, seorang ibu juga mempertaruhkan nyawa selama proses kehamilan dan melahirkan. Pengorbanan tersebut mengingatkan seluruh orang bahwa ibu bagaikan pahlawan karena telah berjuang dalam mengandung dan memastikan anaknya lahir ke dunia dengan sehat. Meskipun begitu, kasih sayang, cinta, dan perhatian dari ibu selalu diberikan dengan tulus bagi anak dan keluarganya. Maka dari itu, hendaklah menghormati dan menyayangi ibu yang telah berjuang dengan segenap apapun yang ia miliki, karena ia adalah alasan setiap anak lahir ke dunia ini.

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments