Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

Perpustakaan Digital KIPIN Goes to SMAN 112 Jakarta, Siswa Perbanyak Latihan Soal untuk Persiapan Jelang UAS

sman 112 jakarta perpustakaan digital
perpustakaan digital, media pembelajaran siswa yang efektif

Para siswa SMAN 112 Jakarta mencoba mengerjakan latihan soal melalui KIPIN ATM.

SMAN 112 yang terletak di Pesanggrahan Jakarta Barat mencoba menggunakan perpustakaan digital KIPIN ATM. Bertepatan pada hari guru pada 22 November 2018, team Pendidikan.id berkunjung ke SMAN 112 Jakarta untuk acara “KIPIN Goes to School.” Dipandu oleh Ibu Adri guru bahasa inggris SMAN 112 Jakarta, siswa siswi mulai berdatangan untuk coba merasakan manfaat KIPIN ATM.

Bagi beberapa anak yang ‘beruntung’, mereka bisa mengoperasikan KIPIN ATM secara langsung. Sebagian siswa rela antre menunggu giliran untuk mengoperasikan KIPIN ATM, sedangkan sebagian siswa lainnya langsung mencoba download materi dari KIPIN ATM ke smartphone. Hampir seluruh siswa mengerjakan latihan soal melalui KIPIN sebagai persiapan menjelang Ujian Akhir Semester (UAS).

KIPIN ATM merupakan sebuah mesin perpustakaan digital yang berisi ribuan konten pembelajaran, meliputi buku pelajaran sekolah, video pendidikan, kumpulan latihan soal dan komik literasi. Cara mengoperasikan KIPIN ATM sangat mudah, hanya dengan sentuhan pada layar touchscreen tanpa perlu koneksi internet. Para siswa yang hendak mengakses ribuan konten pembelajaran tidak harus berdiri di depan KIPIN ATM saja. Semua konten tersebut dapat diunduh ke smartphone guru / siswa masing-masing tanpa pelrlu internet pula, karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan teknologi yg disebut eduSPOT.

perpustakaan digital, media pembelajaran siswa

Salah satu guru SMAN 112 Jakarta mencoba mengoperasikan KIPIN ATM.

“Keberadaan KIPIN ATM di SMAN 112 sangat membantu proses pembelajaran, karena kontennya lengkap. Ada materi buku, video, komik pendidikan dan tryout, di mana semuanya sangat dibutuhkan untuk mendukung belajar siswa. Semoga untuk ke depannya nanti, akan semakin banyak ditambahkan lagi konten-konten buku, video dan tryout yang memang sangat diminati siswa,” papar bu Adri S.pd menjelaskan manfaat KIPIN ATM.

Tidak hanya guru, siswa SMAN 112 Jakarta pun antusias belajar menggunakan KIPIN ATM dan memberikan tanggapan yang positif. “Saya paling tertarik dengan komiknya, karena bagus, bisa buat intermezo saat sudah sangat penat. Jadi bisa santai sambil baca komik yang lucu-lucu tapi mengandung pelajaran dan pesan moral,” kata salah satu siswa SMAN 112.

Adanya teknologi eduSPOT, KIPIN ATM dapat sangat membantu siswa dan guru dalam mendapatkan materi belajar secara GRATIS. Tidak membutuhkan uang untuk membeli bahan materi, serta tidak perlu koneksi internet, semua materi pelajaran tsb bisa didownload secara gratis ke smartphone,tablet atau lpatop. Ita, staf marketing KIPIN ATM yang mendampingi para siswa SMAN 112 mengatakan bahwa konten-konten KIPIN juga akan terus diupdate. “Akan selalu ada update setiap minggunya, baik konten-konten baru maupun konten yang harus direvisi. Sehingga pendidikan para siswa pun bisa terus update, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan,” jelasnya. (wr: ita, ed: lia)

 

Info lebih lanjut tentan KIPIN ATM: kipin.id

Most Popular

To Top