Jumat, Maret 1, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanPesona Blue Fire Ini Tak Ada Tiganya di Dunia! Simak Lebih Lanjut...

Pesona Blue Fire Ini Tak Ada Tiganya di Dunia! Simak Lebih Lanjut dalam Komik Pendidikan

Bersama Komik LIterasi, Kenali Keindahan Kawah Ijen dengan Fenomena Blue Fire

Blue Fire dari Kawah Ijen, Banyuwangi (Photo by Zongnan Bao; Sumber: Unsplash)
Blue Fire dari Kawah Ijen, Banyuwangi (Photo by Zongnan Bao; Sumber: Unsplash)

Tanah air Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam dan sumber daya beragam. Memiliki belasan ribu pulau yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, menjadikan Indonesia sebagai negara yang keindahan alamnya sangat luar biasa. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bahwa kekayaan tersebut tidak dapat ditemukan di tempat dan negara lain di dunia. 

Kekayaan dan keindahan alam Indonesia tersebut berupa danau, air terjun, pegunungan, pantai-laut dan terumbu karangnya, lahan pertanian, dan masih banyak lagi. Indonesia yang berada di tengah dua samudra dan dua benua juga menghasilkan ragam kekayaan flora dan fauna dari kondisi geologis tersebut. Tidak hanya wisatawan yang merupakan penduduk asli Indonesia, keindahan alam ini turut menarik perhatian wisatawan asing dari mancanegara. 

Kawah Ijen di Gunung Ijen, Banyuwangi (Photo by Fariez Nurkholiq; Sumber: Unsplash)

Salah satu kawasan di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang sangat potensial adalah Jawa Timur. Ragam wisata alam dari kekayaan alam daerah ini terdiri dari pulau-pulau, danau, hutan mangrove, dan taman nasional. Satu lagi yang tidak dapat dilewatkan yaitu wisata jalur pendakian dari gunung-gunung yang ada di wilayah Jawa Timur ini. Salah satu keindahan alam yang akan dibahas lebih lanjut adalah Gunung Ijen dan Kawah Ijen yang merupakan danau kawah asam terbesar di dunia, tepatnya berada di Banyuwangi. 

Kawah Ijen merupakan kawah dari Gunung Ijen dengan kedalaman 200 meter. Keistimewaan Kawah Ijen adalah dimilikinya fenomena api biru atau blue fire yang merupakan fenomena langka yang hanya terdapat di dua lokasi di dunia. Fenomena ini dapat diketahui lebih lanjut oleh pembaca melalui sajian Pendidikan.id dalam konten pembelajaran komik literasi. Komik menjadi pilihan bahan bacaan mendidik dan menarik bagi pembaca karena tidak hanya menyuguhkan cerita dalam kemasan ilustrasi dan percakapan, tetapi juga memberikan ilmu pengetahuan yang berguna dalam menambah wawasan. 

Halaman depan komik literasi "Pesona Blue Fire"
Halaman depan komik literasi “Pesona Blue Fire”

Komik literasi Pendidikan.id dengan judul “Pesona Blue Fire” mengisahkan tiga orang sahabat bernama Yono, Bono dan Reno yang melakukan perjalanan untuk melihat keindahan fenomena blue fire dari Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi. Perjalanan panjang mereka tempuh dari Solo, tempat mereka berasal, hingga sampai di Pos Paltuding, Banyuwangi, yang menghabiskan waktu selama 14 jam. Belum berhenti sampai disitu, dibutuhkan waktu pendakian kurang-lebih 3 jam hingga sampai di puncak Gunung Ijen.

Sesampainya di puncak gunung, Yono dan kedua temannya menikmati keindahan Gunung Ijen dan berhasil mendapatkan pemandangan blue fire dari kawah. Fenomena blue fire didapatkan dari reaksi gas bumi saat bertemu oksigen pada tingkatan tertentu. Hasil reaksi kedua gas tersebut memunculkan api berwarna biru. Tidak hanya mereka, ternyata terdapat 200 wisatawan lain yang turut menikmati pemandangan luar biasa kawah gunung tersebut. Tak hanya itu, pemandangan langit malam di atas Gunung Ijen yang memperlihatkan bintang-bintang turut memperindah pengalaman Yono, Bono dan Reno dalam pengalaman mendaki mereka. 

Cuplikan isi komik literasi “Pesona Blue Fire”

Melalui komik literasi “Pesona Blue Fire” pembaca diingatkan kembali akan kekayaan alam di Indonesia, sekaligus menanamkan rasa bangga akan sumber daya tanah air tercinta yang begitu menakjubkan. Terlebih, kawah Gunung Ijen dengan fenomena api biru merupakan fenomena yang hanya terdapat di dua tempat di dunia. Oleh sebab itu, kenali, bangga dan rawat kekayaan alam Indonesia agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh setiap orang!

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments