Rabu, Juni 19, 2024
spot_img
BerandaPRESS RELEASEKipin Perpus SD : Perpustakaan Digital Gratis untuk Tingkatkan Kompetensi Literasi Seluruh...

Kipin Perpus SD : Perpustakaan Digital Gratis untuk Tingkatkan Kompetensi Literasi Seluruh SD/MI/SLB di Indonesia

JAKARTA, 4 MEI 2023 - PRESS RELEASE

Anak-anak dan remaja yang merupakan siswa sekolah di Indonesia tengah dihadapkan pada rendahnya kompetensi literasi. Hal tersebut ditengarai kurangnya bahan bacaan yang menarik sekaligus bermutu sehingga dapat lebih menarik minat baca siswa. Data PISA (Programme for International Student Assessment) yang diselenggarakan OECD di tahun 2018 menunjukkan gambaran bahwa anak-anak Indonesia dalam rentang usia sampai 15 tahun memiliki kompetensi literasi yang rendah. Hasil asesmen tersebut menunjukan negara Indonesia menempati peringkat 71 dari 79 dari negara-negara yang berpartisipasi. Melalui program Merdeka Belajar Episode ke-23, Kemendikbud Ristek menjelaskan pentingnya meningkatkan kemampuan literasi anak-anak Indonesia tersebut. 

Pendidikan.id sebagai edutech yang membawa visi memajukan pendidikan Indonesia, ikut serta dalam mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang diwujudkan dengan dirancangnya modul aplikasi perpustakaan digital. Kipin Perpus SD menjadi solusi penyediaan perpustakaan dengan basis digital bagi institusi pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD), MI dan SLB di seluruh Indonesia. Kipin Perpus SD menyediakan 400 komik literasi yang dapat dimanfaatkan sekolah dan pelajar untuk meningkatkan minat dan semangat baca ke dalam modul perpustakaan digital yang modern, mudah digunakan, dan gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Ginting Satyana, founder Pendidikan.id, pada akhir Maret 2023 menyatakan “buku bacaan yang tersedia dalam Kipin Perpus SD berupa komik literasi yang berjumlah 400 buah. Bacaan dalam bentuk komik dipilih sebab Kipin ingin membuat pengalaman membaca menjadi lebih fun atau menarik sehingga minat baca dan kemampuan literasi siswa juga meningkat”. Diharapkan peningkatan gemar membaca dan kemampuan literasi terealisasi melalui bacaan literasi yang disuguhkan melalui cerita dan ilustrasi penuh warna yang menarik. Hal tersebut tentu selaras dengan program Merdeka Belajar Episode ke-23 Kemendikbud untuk menyediakan bacaan yang mampu menarik minat baca peserta didik.

Selain komik literasi, Kipin Perpus SD menyediakan bahan bacaan berupa 100 buku pelajaran Kurikulum Merdeka untuk tingkatan SD. Fungsi perpustakaan digital juga diwujudkan melalui fitur penambahan konten pembelajaran lain seperti buku Kemendikbud Ristek dari Kurikulum Merdeka, K2013, PJJ, video pembelajaran kelas, dan latihan-latihan soal sesuai dengan kebutuhan sekolah. Seluruh bahan bacaan dan fitur dalam Kipin Perpus SD dapat diakses oleh siswa sekolah dengan sebaik mungkin secara gratis dan tanpa membutuhkan koneksi internet.

Kini, dengan memanfaatkan Kipin Perpus SD di sekolah, sekolah dan guru tidak perlu khawatir untuk menyediakan modul dan sumber bacaan yang mampu menggugah semangat literasi siswa. Melalui metode satu kali unduh, sekolah langsung dapat memiliki perpustakaan digital yang berisi bahan pembelajaran yang menarik dan edukatif  tanpa membutuhkan jaringan internet dan biaya sepeserpun. Tunggu apa lagi, daftarkan sekolah Anda untuk mendapatkan Kipin Perpus SD sekarang! 

Informasi lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/perpusdigitalgratis/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281358580541
Webinar Kipin Perpus SD : PERPUSTAKAAN DIGITAL GRATIS untuk Semua SD/MI/SLB di Indonesia. – YouTube

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments