Senin, Juli 15, 2024
spot_img
BerandaEDTECHInfrastruktur EdTechKipin Inovasi Prasarana Ruang Kelas sebagai Solusi Pendidikan Digital Pilihan Pemerintah Indonesia

Kipin Inovasi Prasarana Ruang Kelas sebagai Solusi Pendidikan Digital Pilihan Pemerintah Indonesia

Inovasi Prasarana Ruang Kelas KIPIN Menjadi Solusi Pendidikan Digital Pilihan Pemerintah Indonesia

KIPIN edtech adalah inovasi teknologi pendidikan yang bersifat nondisruptif. Dengan kata lain, KIPIN menambah nilai kepada sistem pendidikan yang sudah ada dan berjalan dengan cara meningkatkan kemampuan digital lewat sistem teknologi. Secara inti KIPIN menjadikan setiap sekolah sebagai sekolah yang baik dan tidak lagi tertinggal. Sekolah yang sebelumnya biasa-biasa saja, dengan KIPIN bisa menjadi sekolah yang luar biasa. Ini dicapai dengan menyediakan teknologi terdepan berupa kombinasi intelijen server (hardware) beserta aplikasi intelijen Kipin School 4.0 (software) di setiap ruang kelas.

Kombinasi hardware dan software KIPIN untuk ruang kelas ini menyempurnakan kesiapan digital prasarana ruang kelas menuju Pendidikan 4.0. KIPIN juga memecahkan dua masalah utama yang sering menjadi hambatan bagi kebayakan guru dan siswa, yaitu: kesulitan akses internet dan kebutuhan penunjang kegiatan belajar di kelas (terdiri dari materi pembelajaran hingga fasilitas evaluasi yang efektif). KIPIN menjawab dan memecahkan seluruh masalah tersebut dalam satu paket yang lengkap dan mandiri.

Banyak guru sekolah SD, SMP, SMA/SMK, dan madrasah mengatakan bahwa “Menemukan KIPIN sama seperti menemukan harta karun media pembelajaran yang begitu lengkap.” Hal ini dapat dilihat dari 13.000 ulasan positif yang ditulis oleh guru-guru di Google Play untuk Kipin School 4.0.

Sekarang, pemerintah dapat menjadikan setiap sekolah sebagai sekolah yang baik dan “siap digital” tanpa perlu khawatir tentang masalah internet dan kelengkapan media pembelajaran lagi. Inovasi server IoT KIPIN menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut dan membantu pemerintah Indonesia dalam memajukan pendidikan yang merata, khususnya untuk daerah tertinggal atau 3T, dengan cepat dan nyata.

Kipin as Worlds top EdTech Companies 2024 by TIME

Efektivitas dan manfaat KIPIN telah terbukti dan menjadi viral. Hanya dalam 3 tahun sejak server Kipin Classroom diperkenalkan, perusahaan KIPIN sudah menjadi startup edtech yang untung secara operasional dan produknya berhasil menjangkau 3.000 sekolah. Keberhasilan ini cukup mengejutkan, dengan rata-rata 100 sekolah baru bertambah setiap bulan. Bila ada 500 siswa per sekolah, maka pengguna aktif KIPIN sudah melebihi 1,5 juta siswa yang menggunakan aplikasi KIPIN setiap hari dalam belajar. Setelah perjalanan panjang dan berbagai perkembangan yang dilalui, tahun ini pada ajang penghargaan World’s Top EdTech Companies 2024 yang diadakan oleh Majalah TIME, Kipin sebagai perusahaan  teknologi pendidikan menjadi satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang masuk dalam 250 perusahaan terpilih dari seluruh dunia.

Rahasia KIPIN adalah menghidupkan ekosistem digital di ruang kelas. Setiap guru diuntungkan oleh KIPIN, terbantu dalam tugas mengajar dan asesmen sehari-hari. Lebih dari itu, setiap siswa dapat melakukan “download and go” atau mengunduh materi pembelajaran secara digital ke perangkat mereka masing-masing untuk digunakan belajar di rumah tanpa memerlukan internet lagi. Ini membantu komunitas orang tua dalam menghemat biaya internet dan pembelian materi pembelajaran untuk anak-anak mereka.

Dampak ekonomi dan sosial dari KIPIN edtech menghasilkan hasil yang positif untuk semua pihak: pemerintah, guru, siswa, dan orang tua, dari prasarana ruang kelas sekolah sampai ke rumah. Keberhasilan awal ini dapat menjadi peta-biru untuk diduplikasikan oleh pemda untuk sekolah kabupaten dan kota dalam mencapai pendidikan yang adil dan merata.

Ketahui lebih lanjut seputar Kipin pada:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
Youtube : @PendidikanIndonesia

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments