Senin, April 22, 2024
spot_img
BerandaPRESS RELEASEKIPIN MAX: Solusi Asesmen Digital Kapasitas Besar dan Tanpa Butuh Internet untuk...

KIPIN MAX: Solusi Asesmen Digital Kapasitas Besar dan Tanpa Butuh Internet untuk Semua Sekolah di Indonesia

JAKARTA, 10 APRIL 2023 - PRESS RELEASE

Kipin MAX - Revolusi Asesmen untuk Seluruh Sekolah di Indonesia

Digitalisasi sekolah selayaknya yang telah dicanangkan oleh Pemerintah sejak 2021, dinilai erat kaitannya dengan ketergantungan akan internet. Namun sayang, fakta di lapangan menunjukkan bahwa Internet belum merata. Banyak lokasi di Indonesia, sulit bahkan belum mendapatkan internet. Namun benarkah demikian, bahwa digitalisasi erat kaitannya dengan jalur internet?

Pelaksanaan ujian di sekolah dengan cara konvensional menjadi momok bagi sekolah dan guru. Membuat soal, menggandakan lembar soal dan ditambah dengan koreksi setelah ujian menjadikan kegiatan asesmen lama dan merepotkan bagi guru & sekolah. Saat ini sudah banyak sekolah yg memanfaatkan ujian ujian dengan menggunakan komputer sekolah (CBT – Computer Based Test), yang ternyata juga menjadi kurang efektif akibat penggunaan software yang kuno: koneksi yg hanya bisa menghandle beberapa komputer saja, serta jenis soal yang belum variatif dan  tidak dapat menggunakan gawai (wireless) selain komputer sekolah.

Awal april 2023, Pendidikan.id sebagai sebuah startup pendidikan di Indonesia meluncurkan sebuah produk baru yg dinamakan : KIPIN MAX. Kipin memberikan solusi tercanggih untuk sekolah dan guru dalam mendukung pelaksanaan asesmen melalui KIPIN MAX. Produk terbaru Kipin ini menyediakan software asesmen modern, yang disebut PTO (Paperless Test Offline), yang berjalan tanpa membutuhkan jaringan internet dan memiliki kapasitas yang besar untuk menampung hingga 1500 siswa dalam ujian serentak. Sekolah tidak perlu lagi menganggarkan biaya foto copy untuk setiap pelaksanaan asesmen seperti penilaian harian, penilaian semester atau evaluasi pembelajaran lainnya. Lebih canggih dan sederhana tanpa membutuhkan kertas (paperless).

Pengembangan software asesmen dalam Kipin MAX mendukung rekomendasi Kemendikbud Ristek dalam pembuatan soal dengan bentuk yang variatif (AKM). Tidak hanya pilihan ganda, namun juga meliputi pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, esai, penilaian numerasi dan portfolio. Hal tersebut dapat membantu guru dalam membiasakan siswa untuk persiapan UN (Ujian Nasional) dan melatih literasi serta numerasi siswa. Melalui software asesmen Kipin MAX, guru dapat dengan mudah mengatur jadwal ujian, durasi dan menentukan kelas-kelas yang dikehendaki.

Ginting Satyana, selaku founder Kipin menjelaskan “PTO merupakan komponen kekuatan utama dalam sebuah Kipin MAX. PTO adalah software buatan asli Indonesia 100%, yang sudah mampu menjawab kebutuhan asesmen modern di sekolah. Kegiatan asesmen PTO support AKM dan berbagai jenis soal yang direkomendasikan Kemendikbud Ristek. Kemampuan PTO di upgrade terus dari waktu ke waktu untuk semakin menjawab kebutuhan guru dan sekolah di Indonesia.”

Selain software asesmen, Kipin MAX juga sudah berisi ribuan konten pembelajaran digital. Ada lebih dari 5000 buku pelajaran tersedia dan telah sesuai dengan kurikulum Kemendikbud Ristek, termasuk kurikulum merdeka. Ada 2000 video pembelajaran kelas,tersedia 50.000+ latihan soal yang dapat digunakan siswa dengan model quiz dan nilai dapat langsung terlihat. Tidak hanya itu, tersedia pula bacaan literasi pendidikan dalam bentuk komik sebanyak 500 judul koleksi. Seluruh komik literasi memuat pengetahuan akan budaya, sejarah, ilmu pengetahuan dan budi pekerti.

Tidak hanya software asesmen digital dan konten pembelajaran yang lengkap, Kipin MAX menyediakan juga perpustakaan digital internal bagi sekolah. Melalui perpustakaan digital yang ada di Kipin MAX, sekolah dapat mengunggah materi-materi internal berupa file PDF dan video. Konten-konten tersebut akan memperkaya isi dari Kipin MAX yang dapat diakses oleh siswa tanpa membutuhkan jaringan internet. Diperkenalkan secara resmi sebagai sebuah server lokal, Kipin MAX memiliki kecepatan akses yang tinggi dan stabil dengan teknologi yang disebut kipin.LAN.

“Dengan menggunakan Kipin MAX, sekolah mampu menghemat pengeluaran bulanan karena tidak ada biaya pengadaan buku cetak untuk siswa dan biaya untuk cetak dan fotocopy lembar ujian. Guru dapat mengadakan asesmen secara bebas dan sebanyak-banyaknya. Selain itu, siswa dapat belajar, tidak perlu lagi mengikuti bimbel diluar sekolah, dan juga menghemat pengeluaran berlangganan internet” lanjut Ginting Satyana.

Dengan munculnya Kipin MAX ini semakin terbayang betapa sekolah digital akan mengakibatkan penghematan biaya yang luar biasa untuk sekolah tiap tahunnya dan siswa mendapatkan konten pembelajaran yang sangat lengkap, sehingga tiap siswa di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menjadi pandai dan bersiap menjadi manusia Indonesia yang sukses di masa depan.

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 
Webinar Kipin MAX : (61) Semua Sekolah Butuh Ini : Server Asesmen Modern dan Lengkap untuk Seluruh Sekolah di Indonesia – YouTube

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments