Selasa, Mei 28, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Literasi, Kenali Peristiwa Traumatis yang Sebabkan Gangguan Psikologis

Bersama Komik Literasi, Kenali Peristiwa Traumatis yang Sebabkan Gangguan Psikologis

Pahami Peristiwa yang Mampu Meninggalkan Luka Psikologis bersama Komik Literasi Pendidikan.id

Ilustrasi seorang tentara tengah mengikuti PTSD group therapy (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang tentara tengah mengikuti PTSD group therapy (Sumber: Envato)

Menjalani aktivitas sehari-hari, tidak akan terlepas dari peristiwa yang membekas di hati. Banyak pengalaman yang menyenangkan dan berkesan, namun terdapat juga kejadian yang meninggalkan luka dan rasa takut. Pengalaman sulit tersebut terkadang tidak hilang begitu saja dalam diri seseorang dan bertahan dalam jangka waktu yang lama hingga rasa cemas, stres, dan takut berlangsung dalam waktu lama. 

Fenomena kecelakaan sebagai salah satu pemicu trauma pada diri seseorang (ilustrasi, sumber: Envato)
Fenomena kecelakaan sebagai salah satu pemicu trauma pada diri seseorang (ilustrasi, sumber: Envato)

Pengalaman menyulitkan tersebut dapat disebut dengan pengalaman traumatis. Trauma merupakan peristiwa atau kejadian yang meninggalkan rasa tertekan dan stres pada diri individu yang mengalami. Contoh pengalaman yang menyebabkan trauma di antaranya penindasan atau bullying, kekerasan dalam lingkungan sekolah, kekerasan di lingkungan rumah atau keluarga, kekerasan fisik, kekerasan seksual, dan hal-hal lain dimana individu tersebut tidak mampu untuk mengatasi dampak dan resiko yang ditimbulkan. 

Tiap individu menunjukkan respon yang beragam pada peristiwa traumatis. Gejala umum yang banyak terjadi adalah masalah pada pola tidur, nafsu makan, rasa sedih, takut, marah, menghindar, dan masih banyak lagi. Peristiwa traumatis dapat menyebabkan individu mengalami gangguan yang lebih kompleks pada kesehatan psikologis seperti gangguan stres pasca trauma, gangguan disosiatif dan depresi. Gangguan psikologis tersebut didapatkan dari hasil diagnosis profesional.

Halaman depan komik literasi Pendidikan.id "Trauma yang Menghantui"
Halaman depan komik literasi Pendidikan.id “Trauma yang Menghantui”

Pendidikan.id turut hadir untuk membawa konten pembelajaran sebagai pilihan media belajar anak-anak dan remaja dalam memahami gangguan kesehatan dan psikologis. Komik literasi merupakan pilihan media atau metode pembelajaran untuk semakin meningkatkan minat literasi anak-anak sekolah di Indonesia. Tidak hanya berisi cerita dan percakapan dalam ilustrasi, komik literasi Pendidikan.id menyajikan ilmu pengetahuan dan pendidikan sehingga konten komik tetap merupakan konten edukatif yang menarik dan mendidik. 

Komik literasi Pendidikan.id dengan judul “Trauma yang Menghantui” bercerita tentang seorang laki-laki yang duduk di kelas 11 bernama Pambudi memiliki pengalaman menyakitkan di masa lalu. Beberapa tahun yang lalu Pambudi dan keluarga terkena musibah saat menyebrang laut menggunakan kapal. Hal tersebut membuat ia ketakutan saat seluruh murid kelas 11 akan mengadakan darmawisata di pantai

Ilustrasi seorang remaja laki-laki yang tengah cemas mengingat sebuah kejadian menyakitkan (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang remaja laki-laki yang tengah cemas mengingat sebuah kejadian menyakitkan (Sumber: Envato)

Mulai dari mendengar temannya menyebut kata “pantai”, perasaan Pambudi sudah diliputi ketakutan. Takut, gelisah, dan badan lemas dialami Pambudi sampai dengan tibanya seluruh angkatan di lokasi pantai. Dengan penuh persiapan Pambudi mendekatkan diri ke area pantai, ia kemudian jatuh pingsan akibat rasa gelisah dan kejadian di masa silam yang kembali terlintas di pikirannya.

Dari komik literasi “Trauma yang Menghantui” di atas, digambarkan peristiwa sulit yang dialami Pambudi masih menjadi mimpi buruk dan menyisakan rasa trauma yang mendalam bahkan setelah beberapa tahun berlalu. Pambudi akhirnya dibawa ke psikiater dan mendapatkan diagnosis Post Traumatic Stress Disorder. PTSD merupakan gangguan dalam kejiwaan yang muncul karena mengalami peristiwa yang menyakitkan nan traumatis. Seperti yang telah dipaparkan di paragraf atas, beberapa pengalaman atau peristiwa yang membuat trauma menyebabkan rasa cemas, gelisah, ketakutan luar biasa, mudah terkejut, dan menjadi emosional. 

Cuplikan isi komik literasi Pendidikan.id "Trauma yang Menghantui"
Cuplikan isi komik literasi Pendidikan.id “Trauma yang Menghantui

Hal yang dapat dilakukan untuk menangani individu dengan gejala di atas adalah berkonsultasi kepada profesional seperti psikolog dan psikiater. Setelah mendapatkan diagnosis, seseorang yang dinyatakan mengalami PTSD akan diarahkan untuk menjalani intervensi dan treatment. Contoh penanganan yang dilakukan adalah terapi perilaku kognitif (CBT – Cognitive Behavioral Therapy), coping skills therapy, hypnotherapy, dan brief eclectic psychotherapy. Treatment obat-obatan juga digunakan bagi pasien dengan mengonsumsi antidepressants, antipsychotics, benzodiazepines, dan sebagainya. Perlu diingat bahwa treatment di atas dilakukan dengan anjuran profesional sesuai diagnosis dan karakteristik masing-masing pasien.

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments