Sabtu, April 27, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanTanpa Ragu dan Gundah dalam Meraih Asa bersama Komik Literasi Pendidikan

Tanpa Ragu dan Gundah dalam Meraih Asa bersama Komik Literasi Pendidikan

Jangan Ragu dan Menunda, Lakukan Perubahan untuk Masa Depan Sekarang!

Scrabble huruf yang mengajak pembaca mengubah masa depan dari sekarang (Sumber: Envato)
Scrabble huruf yang mengajak pembaca mengubah masa depan dari sekarang (Sumber: Envato)

Melalui kegiatan Mofest 2021: The Future is Today, salah satu narasumber yaitu presenter kondang Indonesia, Najwa Shihab, menyampaikan pesannya bahwa masa depan bukan hal yang tidak mungkin untuk. Bagaikan hal yang bisa digapai di depan mata, seseorang tidak memiliki alasan untuk menunda persiapan masa depan mereka. Selain itu, Najwa Shihab juga menyampaikan bahwa seturut dengan perkembangan jaman, seseorang harus memiliki kemampuan atau kompetensi dan skill untuk dapat berkembang dan bersaing di zaman yang terus berubah. 

Ilustrasi seorang laki-laki yang bekerja keras sebagai buruh bangunan untuk menyambung kebutuhan hidup (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang laki-laki yang bekerja keras sebagai buruh bangunan untuk menyambung kebutuhan hidup (Sumber: Envato)

Membicarakan tentang masa depan yang dapat diraih mulai dari sekarang, Pendidikan.id menyediakan komik literasi sebagai media pembelajaran menarik bagi anak-anak dan remaja. Komik dipilih sebagai media edukasi karena Pendidikan.id tidak hanya menyajikan cerita dan ilustrasi, namun juga pendidikan dan ilmu pengetahuan. Salah satu komik literasi berjudul “Ubah Hidupmu Sekarang” menyajikan cerita dan pembelajaran bahwa masa depan dapat diraih dengan keuletan dan perjuangan.  

Komik literasi “Ubah Hidupmu Sekarang” bercerita mengenai seorang remaja laki-laki bernama Deno yang memperjuangkan kehidupannya ke arah yang lebih baik. Dilahirkan dari keluarga yang berkekurangan, tidak membuat Deno patah semangat untuk berjuang dengan mencoba berbagai pekerjaan. Mulai dari kuli bangunan harian, tukang parkir, dan menjajakan makanan, Deno lakukan dengan semangat dan kesungguhan.

Halaman depan komik literasi "Ubah Hidupmu Sekarang!"
Halaman depan komik literasi “Ubah Hidupmu Sekarang!”

Meskipun tidak melanjutkan sekolah sejak usia 15 tahun, Deno tidak berhenti belajar. Melalui pekerjaan yang ia geluti, Deno mempelajari bagaimana seseorang membuka usaha, cara agar dapat menarik pelanggan, membuat suatu usaha lebih menarik, dan sebagainya. Sampai ia memutuskan membuka usaha minuman bersama ibunya, Deno mengkreasikan minuman tradisional dengan tren minuman yang tengah viral di masyarakat. Berkat usahanya yang ulet, terus belajar, dan pantang menyerah, Deno mampu meraih kesuksesan di bisnis minumannya tersebut.

Memiliki cita-cita untuk mengubah taraf hidup atau memiliki kehidupan yang lebih maju adalah hal yang didambakan banyak orang. Memikirkan tentang perubahan dalam hidup tersebut, kerap kali juga terbersit kapan dan bagaimana cara memulainya? Melalui komik literasi “Ubah Hidupmu Sekarang”, pembaca diajak untuk meniti masa depan yang lebih cerah  yang dimulai tanpa tunda-menunda.

Berbagai situasi dan kondisi datang dan menjadi tantangan dalam meraih cita-cita, akan tetapi diri sendiri harus dengan semangat dan pantang menyerah untuk menghadapi situasi tersebut. Seperti Deno yang harus putus sekolah karena keterbatasan biaya, ia tidak menyerah pada keadaan dan memperjuangkan kehidupannya dengan mulai membantu orangtuanya bekerja bahkan sejak ia masih belia. Deno juga terus belajar dimanapun ia belajar dan mempelajari potensi yang ada di sekitarnya untuk dikembangkan sebagai peluang usaha. 

Cuplikan isi komik literasi “Ubah Hidupmu Sekarang!”

Mengutip dari isi komik literasi “Ubah Hidupmu Sekarang” :

“Tidak ada kata ‘terlalu muda’, ‘terlalu tua’, ‘terlalu bodoh’, ataupun ‘terlalu pintar’ untuk memulai suatu usaha. Jika ingin meraih sesuatu yang besar, maka bertindaklah sekarang tanpa penundaan. Ubah hidupmu sekarang juga!” – mengajak pembaca untuk tidak takut dan memulai merubah diri sendiri ke arah masa depan yang diharapkan. Bukan menjadi masalah bahkan dengan memulai dari langkah-langkah kecil dan sederhana, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments