Sabtu, April 27, 2024
spot_img
BerandaPendidikan IndonesiaProgram Pendidikan Nadiem Makarim pada Raker Pertama Sebagai Menteri Pendidikan

Program Pendidikan Nadiem Makarim pada Raker Pertama Sebagai Menteri Pendidikan

Nadiem Makarim melaksanakan rapat kerja pertamanya sebagai Menteri Pendidikan bersama DPR pada Rabu, 06 november 2019. Berikut materi rapat kerjanya.

Manusia masa depan harus bisa menerima perubahan, karakter yang harus dimiliki yaitu adaptabilitas, fleksibilitas, kreativitas, kemampuan berkomunikasi, karakter, integritas dan compassion.

Kemampuan dan kemauan untuk belajar seumur hidup adalah kompetensi yang terpenting. Karakter, moralitas, akhlak. Kita harus memikirkan bagaimana kita bisa membuka potensi pemuda di Indonesia.

Arahan pendidikan Indonesia saat ini yaitu:

membangun pendidikan karakter anak dengan komik pendidikan
Membangun pendidikan karakter anak, salah satu contohnya melalui bacaan komik pendidikan.

Pendidikan karakter.

Kita harus mengerti akar masalahnya. Saat ini kita memasuki era Information overload. Kalau pemuda kita tidak punya karakter kuat, dan kemampuan menganalisa, dia akan tergerus hoax dan penjajahan pemikiran. Pemuda harus independen, kritis, dan mempertanyakan informasi yang ia dapat. Hampir semua perusahaan komplain ketidakprofesionalan pemuda. Kita harus mendidik karakter-karakter yang berguna di dunia profesional seperti tepat waktu, menghargai atasan, kerjasama, dan lain-lain.

Intoleransi terjadi di mana-mana. Di negeri yang begitu beragam seperti Indonesia, perasaan kesamaan identitas harus dibangun. Konsep pembangunan karakter harus diterjemahkan ke dalam konten yang bisa dimengerti millennial. Tidak bisa hanya baca buku atau mendengarkan seseorang bicara. Itu harus tercermin dalam kegiatan. Orang tua dan masyarakat tidak boleh diabaikan. Pendidikan karakter harus terjadi juga di luar sekolah karena murid hanya menghabiskan beberapa jam di sekolah, sisanya di luar.

Deregulasi dan Debirokratisasi.

Beban administratif pengajar sangat besar. 30-40% waktu dosen dan guru habis untuk itu. Dampaknya tidak efektif ke pembelajaran murid, harus disederhanakan. Yang penting dalam kurikulum bukan konten, tapi bagaimana konten tersebut diajarkan di dalam kelas. Apakah siswa dapat berpartisipasi dalam proses belajar mengajar? Kita harus menyederhanakan organisasi di mana kita berkoordinasi dengan unit-unit pendidikan. Selama ini guru dan dosen mengeluh banyak instansi yang harus mereka hubungi untuk akreditasi, sertfikasi, dan lain-lain.

Meningkatkan Investasi dan Inovasi.

Kita harus menciptakan lingkungan di mana soft skill dilatih, bukan hanya konten tapi cara itu diajarkan. Rapot dari industri masih buruk, mereka adalah user yang menilai. Revitalisasi pendidikan kejuruan harus segera dilakukan. Industri harus dapat berpartisipasi dalam pendidikan sehingga berdampak pada sekolah kejuruan seperti SMK dan Politeknik. Kita ingin menggenjot investasi di sektor pendidikan, tapi sekarang regulasi kurang memadai untuk membuat itu diminati investor. Kita harus membuat regulasi yang membuat investor tertarik berinvestasi di pendidikan.

aplikasi belajar teknologi edukasi
Pemberdayaan teknologi untuk pendidikan, salah satunya contohnya melalui Aplikasi KIPIN School.

Penciptaan Lapangan Kerja.

Bagaimana kita menciptakan SDM yang bukan hanya terserap lapangan kerja, tapi juga menjadi pencipta lapangan kerja. Pendidikan entrepreneurship adalah jawabannya. Kreativitas, seni dan ekspresi adalah jiwanya entrepreneurship. Selama ini skill-skill kreatif seperti musik dan seni seringkali diabaikan.

Pemberdayaan Teknologi.

Teknologi untuk apa?
– Efisiensi budget dan waktu.
– Transparansi, berbasis data. Kalau data tidak tepat, real time, terstruktur, keputusan tidak akan baik.
– Teknologi memberikan fleksibilitas. Personalisasi, segmentasi. Tiap sekolah memiliki kebutuhan yang berbeda.
– Transparansi keuangan dan penggunaan anggaran. 20% anggaran tidak hanya sent tapi juga delivered.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments