Sabtu, April 27, 2024
spot_img
BerandaKegiatan SekolahProtector Tech, Inovasi Teknologi untuk Membantu Petani dalam Pengelolaan Hama Terpadu

Protector Tech, Inovasi Teknologi untuk Membantu Petani dalam Pengelolaan Hama Terpadu

Indonesia merupakan negara agraris dengan mayoritas masyarakatnya menjadikan beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya populasi penduduk di Indonesia, permintaan akan beras semakin meningkat. Sedangkan produksi padi masih menemui kendala, salah satunya adalah permasalahan serangan hama. Begitu pula yang dialami oleh Kelompok Tani Margi Rukun 1 Desa Tegalgondo Kabupaten Malang. Penanganan yang selama ini dilakukan petani belum mampu mengatasi permasalahan tersebut, bahkan dapat menyebabkan permasalahan lainnya seperti terjadinya resistensi, resurgensi, bahkan degradasi
lingkungan.

teknologi untuk mengendalikan hama dan mengelola lahan pertanian
Sosialiasi tentang Protector Tech kepada para petani padi di Desa Tegalgondo Kota Malang

Protector merupakan inovasi dan solusi pemanfaatan teknologi berupa aplikasi mobile yang terhubung pada sebuah alat untuk membantu petani dalam melakukan pengelolaan hama yang bijaksana. Teknologi ini menawarkan fitur-fitur yang dibutuhkan petani padi dalam mengelola hama, seperti pendeteksian hama menggunakan kamera handphone, info varietas, info pascapanen, info harga pasar, info pengelolaan lahan, hasil penelitian bahkan kalkulator pertanian untuk menghitung kadar pupuk yang dibutuhkan.

Teknologi Protector juga memiliki fitur yang memanfaatkan IoT (Internet of Things), yaitu sebuah alat berupa sensor suhu udara dan kelembaban tanah yang diletakkan di lahan padi. Data suhu dan kelembaban tersebut dapat diakses langsung oleh petani melalui aplikasi mobile Protector dan aplikasi akan memberikan daftar hama yang berpeluang besar hadir pada kondisi suhu dan kelembaban tersebut.

Melalui Protector, petani dapat mengelola dan mengendalikan hama secara terpadu serta mengoptimalkan petani sebagai manajer untuk lahannya sendiri sehingga dapat mendukung terwujudnya pertanian yang berkelanjutan.

Protector dikembangkan oleh tim yang beranggotakan Nava Karina (FP), Ahmad Zaid Nurudin (FP), Atikah Febrianti Nastiti (FILKOM), Luthfi Rahmad Hidayyatullah (FILKOM), dan Renaldin Suinto Zai (FILKOM). Inovasi teknologi ini telah lulus pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa oleh Ristekdikti 2018 pada bidang Penerapan Teknologi. Aplikasi mobile Protector (beta version) dapat diunduh di Google Playstore dengan menggunakan keyword “Protector Tech”. (ed: lia)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments