Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

Satu Media Pembelajaran Digital untuk Satu Kemajuan Pendidikan di SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang

media pembelajaran digital sekolah satu atap

SD dan SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang kini tidak hanya saling berbagi gedung, namun juga media pembelajaran. SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang berhasil menerima KIPIN ATM sebagai media pembelajaran pada Senin, 18 Februari 2019. Kedua sekolah yang menggunakan satu gedung yang sama ini berlokasi di Desa Sungai Karang, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, Sumatera. KIPIN ATM tersebut merupakan persembahan dari Yayasan Bakti Barito, sebagai bentuk CSR dan dukungan perusahaan terhadap pendidikan Indonesia.

media pembelajaran digital sekolah satu atap

Perwakilan Yayasan Bakti Barito menjelaskan tentang KIPIN ATM.

KIPIN ATM merupakan perpustakaan versi digital yang berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra sekolah yang terdiri dari buku (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-konten tersebut tersedia untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Cara mengoperasikan KIPIN ATM sangat mudah, hanya dengan sentuhan pada layar touchscreen tanpa perlu peralatan kabel lainnya seperti mouse atau semacamnya. Seluruh konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT).

Meski hanya memiliki satu KIPIN ATM dalam satu atap, semua siswa tak perlu khawatir akan berebut untuk mengakses KIPIN ATM. Baik siswa SD maupun SMP, semua tetap bisa mengakses KIPIN ATM dan mendapatkan materi pelajaran melalui smartphone masing-masing. Wifi internal (eduSPOT) yang terdapat di dalam KIPIN ATM berfungsi agar setiap siswa dapat mengunduh seluruh konten KIPIN ATM ke smartphone tanpa memerlukan jaringan/kuota internet. Bahkan, konten-konten yang sudah tersimpan di smartphone nantinya pun bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

teknologi edukasi SMPN Sungai Karang

Siswa SMPN Satu Atap Sungai Karang mencoba mengoperasikan KIPIN ATM.

Penggunaan mesin KIPIN ATM sebagai media pembelajaran digital di SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang dinilai sangat tepat, karena jaringan internet di wilayah tersebut masih minim. Dengan adanya KIPIN ATM, pasokan materi pelajaran bagi siswa dan guru menjadi terpenuhi. Siswa dan guru tidak perlu lagi mencari buku pelajaran dan latihan soal hingga ke kota untuk proses belajar atau mengajar. Cukup dengan mengakses KIPIN ATM dan mengunduh konten yang diperlukan, proses belajar mengajar sudah bisa dilakukan. Apalagi dengan adanya video pendidikan dan komik literasi, siswa bisa mendapatkan penjelasan secara lebih mudah dan menarik mengenai materi pelajaran yang belum dipahami.

Kehadiran KIPIN ATM juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kualitas pendidikan daerah 3T dengan pendidikan perkotaan. SD-SMP Negeri Satu Atap menjadi salah satu contoh sekolah yang berada di lokasi daerah terpencil, namun tidak kalah dalam hal penggunaan teknologi untuk media pembelajaran. Selain itu, dengan KIPIN ATM kini sekolah dapat memiliki pasokan materi pelajaran yang lengkap, sama seperti sekolah-sekolah perkotaan. Tidak perlu menunggu dalam jangka waktu yang sangat lama untuk mendapatkan buku-buku cetak karena keterbatasan akses lokasi.

Yayasan Bakti Barito yang merupakan perwakilan dari PT Barito Pasific Tbk, memilih perpustakaan digital KIPIN ATM sebagai implementasi program CSR perusahaan dalam bidang pendidikan. Beberapa KIPIN ATM diberikan kepada beberapa sekolah dan perpustakaan desa, salah satunya SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang. Hal ini sebagai bentuk dukungan PT Barito Pasific Tbk pada kemajuan pendidikan dan peningkatan minat baca pelajar di Indonesia. (wr: lia)

Most Popular

To Top