Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

KIPIN ATM Atraksi Bagi Pelajar di Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Selatan

perpustakaan digital pendidikan indonesia

Pada Maret 2019, KIPIN melalui program KIPIN Goes to Public Library, singgah di Perpustakaan dan Arsip wilayah Jakarta Selatan. Perpustakaan ini berlokasi di Jl Gandaria Tengah V, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Suasana kegiatan pengunjung Perpussip Jakarta Selatan ini terlihat berbeda dari sebelumnya. Jika tadinya pengunjung hanya bisa membaca buku-buku cetak dari rak, kini pengunjung dapat mengakses materi pelajaran secara digital melalui KIPIN ATM. Tidak hanya kegiatan membaca dan pinjam-meminjam buku, namun bisa menjadi tempat belajar dan mencari bahan pelajaran bagi siswa.

media pembelajaran digital perpustakaan digital

Perpustakaan digital KIPIN ATM di Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Selatan.

KIPIN ATM merupakan perpustakaan versi digital yang berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra sekolah yang terdiri dari buku (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-konten tersebut tersedia untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Cara mengoperasikan KIPIN ATM sangat mudah, hanya dengan sentuhan pada layar touchscreen tanpa perlu peralatan kabel lainnya seperti mouse atau semacamnya.

Semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para pengunjung perpustakaan bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula. Proses ini dinamakan sistem download and go, yang artinya pengguna hanya perlu sekali download dan selanjutnya bisa digunakan dengan bebas.

Makmum Asmasari, pengurus Perpussip Jakarta Selatan mengaku senang dapat menerima kehadiran KIPIN di perpustakaan Jakarta Selatan. Ia berharap KIPIN ATM dapat menjadi salah satu atraksi yang mampu menarik minat pengunjung untuk semakin rajin mengunjungi perpustakaan. “Semoga KIPIN ATM juga dapat membuat para siswa yang berkunjung ke sini menjadi semakin semangat belajar. Bahan-bahan pendukung belajarnya kan mudah sekali untuk didapat, yaitu melalui KIPIN ATM. Ya semoga memberikan energi positif bagi para pelajar,” tutur Makmum.

Pendidikan.id sebagai pengembang KIPIN ATM selalu berusaha sepenuhnya untuk memberikan kemudahan belajar bagi siswa. Sistem download and go pada KIPIN ATM sangat bermanfaat, karena siswa tak perlu lagi berebut untuk mengakses KIPIN ATM. Masing-masing anak bisa memiliki semua data secara lengkap di smartphone mereka dengan cara mendownloadnya. Kelebihannya, proses ‘download’ pada sistem ‘download and go’ ini bersifat free alias gratis tanpa kuota internet. (wr: ita, ed: lia)

Info lebih lanjut tentang KIPIN ATM, kunjungi kipin.id

Most Popular

To Top