Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Perpustakaan Digital KIPIN Lengkapi Fungsi Perpustakaan Daerah Gresik

media pembelajaran digital perpustakaan daerah
perpustakaan digital kipin di perpustakaan daerah gresik

Para pengunjung siswa SD mengakses materi pelajaran melalui KIPIN ATM.

Perpustakaan digital KIPIN melengkapi fungsi Perpustakaan Daerah Gresik melalui program KIPIN Goes to Public Library. Mulai tanggal 4 Maret 2019, KIPIN ATM singgah di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Gresik terhitung hingga dua minggu ke depan. Perpustakaan umum sekaligus pengelola kearsipan daerah ini beralamat di Jl. Jaksa Agung Suprapto No 20 Kota Gresik. KIPIN adalah tren perpustakaan digital di era milenial, mengajak masyarakat terutama anak usia sekolah (SD, SMP dan SMA) untuk memanfaatkan gadget sebagai media untuk belajar dan membaca buku literasi.

KIPIN ATM merupakan perpustakaan versi digital yang berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra sekolah yang terdiri dari buku (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-konten tersebut tersedia untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Cara mengoperasikan KIPIN ATM sangat mudah, hanya dengan sentuhan pada layar touchscreen tanpa perlu peralatan kabel lainnya seperti mouse atau semacamnya.

Semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para pengunjung perpustakaan bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

kipin teknologi edukasi sarana penggerak literasi

Teknologi Edukasi KIPIN ATM di Perpusda Gresik.

Kehadiran KIPIN ATM menjadi pelengkap fungsi perpustakaan yang awalnya hanya sebagai tempat membaca dan mencari sumber bacaan, menjadi tempat belajar layaknya sekolah. Perpusda Gresik kini tidak hanya memiliki buku-buku bacaan saja, namun juga buku pelajaran sekolah, video pembelajaran, latihan soal dan komik literasi. Seluruh pelajar di Kabupaten Gresik dapat memanfaatkan KIPIN ATM untuk sarana belajar dan berlatih soal. Bahkan, pelajar tidak perlu berebut materi yang diperlukan, karena mereka bisa mendapatkan semua datanya langsung ke smartphone masing-masing.

Siti Jaiyaroh, Kepala Perpusda Gresik mengatakan bahwa para pengunjung usia pelajar sangat senang dengan hadirnya KIPIN di Perpusda Gresik. Menurutnya, rata-rata pengunjung suka membaca komik dan berlatih soal di spot KIPIN ATM. Sebagian pengunjung lainnya mengambil data video dan komik, lalu dikirim ke smartphone. “KIPIN ATM berfungsi cukup baik dan para pengunjung menyukainya. Hanya saja para pelajar usia SD agak kesulitan mengakses, karena tinggi badannya kurang sesuai,” ungkap wanita yang kerap dipanggil Bu Jay ini.

Menurut Siti, KIPIN ATM juga dapat menjadi salah satu sarana penggerak literasi. Koleksi komiknya mampu menarik minat siswa untuk giat membaca. “Perpusda Gresik tengah menggalakkan program Pengembangan Literasi untuk Kesejahteraan, salah satunya kami wujudkan melalui workshop story telling untuk siswa. Komik-komik yang ada di dalam KIPIN ATM ini juga bisa menjadi salah satu bahan belajar siswa untuk mengasah kemampuan membaca dan story telling mereka,” jelasnya. Siti pun berharap semoga para pelajar Kabupaten Gresik dapat memanfaatkan KIPIN ATM secara maksimal dalam proses pembelajaran mereka. (wr: lia)

Info lebih lanjut tentang KIPIN ATM kunjungi: kipin.id

Most Popular

To Top